Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Uniknya 5 Kebiasaan Makan Orang Indonesia, Kamu Pernah Lakukan Ini Tidak?

List Artikel
22 Maret 2019 | 0 Komentar

Setiap negara memiliki kebiasaan makannya masing-masing. Kebiasaan makan ini dipengaruhi banyak faktor, mulai dari tradisi, adat kebudayaan, iklim, hingga menu kulinernya. Tentunya ketika kita melihat kebiasaan makan orang dari negara lain pasti akan kaget, begitu pula sebaliknya. Jika ada orang asing yang melihat kebiasaan makan orang Indonesia, pasti juga akan ikut terkejut. Dari sekian banyak kebiasaan makan yang dilakukan orang Indonesia, ada lima yang paling menarik perhatian dan paling sering kita jumpai, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com

 

1. Makan dengan Menggunakan tangan

Kebiasaan makan pertama adalah menyantap makanan, terutama nasi menggunakan tangan. Kebiasaan ini sudah sejak kecil kita kenal karena disuapi dengan tangan oleh ibu pasti terasa lebih nikmat. Yup, kebiasaan makan dengan menggunakan tangan memang terasa lebih lezat karena ada sensasi tersendiri saat tangan meraba makanan yang akan disantap. Makanan Indonesia paling populer yang disantap dengan menggunakan tangan adalah nasi padang dan nasi liwet Sunda.

 

2. Makan Mie Bersama dengan Nasi

Selanjutnya adalah makan mie bersama dengan nasi putih. Bagi orang Indonesia, belum makan namanya jika perut belum kemasukan nasi. Padahal jika kita lihat, mie sendiri merupakan sumber karbohidrat yang bisa memberikan energi bagi tubuh seperti nasi. Tapi tetap saja, bagi kita mie bukanlah makanan utama melainkan lauk yang harus disantap bersama dengan nasi.

 

3. Makan Tak Lengkap Tanpa sambal

Sudah bukan rahasia lagi kalau orang Indonesia sangat suka dengan yang namanya kuliner pedas. Jadi jangan heran kalau di setiap tempat makan, baik itu kaki lima hingga kelas restoran pasti selalu ada sambal yang disajikan di atas meja. Baik itu menu makanan berkuah seperti soto atau bakso hingga kuliner berbumbu kacang seperti ketoprak hingga sate ayam, semuanya pasti selalu didampingi dengan sambal.

 

4. Gorengan Menjadi Makanan Sejuta Umat

Selain sambal, ada gorengan yang menjadi makanan sejuta umat alias makanan kesukaan semua orang Indonesia. Kamu bisa menyantap gorengan dalam segala jenis kondisi, baik itu disantap begitu saja untuk camilan atau dijadikan lauk pauk untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat dan sambal. Gorengan yang wajib tersaji biasanya tahu dan tempe goreng yang digoreng begitu saja atau dibalut dengan tepung sebelum digoreng.  

 

5. Makan Sambil Menekuk Satu Kaki ke Atas

Terakhir ada kebiasaan makan orang Indonesia yang sangat unik dan pasti bikin orang asing kaget. Kebiasaan makan sambil menekuk satu kaki ke atas bisa kamu jumpai saat kamu datang ke warteg atau warung nasi. Biasanya kebiasaan ini dibarengi dengan kebiasaan makan dengan tangan. Perpaduan keduanya sanggup bikin makan jadi terasa lebih nikmat.

 

Nah, dari kelima kebiasaan makan orang Indonesia, kamu sendiri sering melakukan yang mana nih?

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Ayam Bengkel Prekkkk

Foto Ayam Bengkel Prekkkk
Foto Ayam Bengkel Prekkkk
Foto Ayam Bengkel Prekkkk

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Warteg Gang Mangga

Foto Warteg Gang Mangga
Foto Warteg Gang Mangga
Foto Warteg Gang Mangga

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?