Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ups! Ini Kesalahan yang Seringkali Kamu Lakukan Saat Menyantap Kuliner Jepang

List Artikel
15 Juli 2018 | 0 Komentar

Kuliner Jepang di Indonesia memang sangat terkenal. Tak heran jika kamu bisa dengan mudah menemukan restoran Jepang di berbagai tempat, mulai dari restoran ramen, restoran yakiniku, restoran sushi, hingga restoran teppanyaki. Menjamurnya restoran Jepang ini tak lepas dari kecintaan masyarakat Indonesia akan kuliner Jepang yang cita rasanya berbeda dengan kuliner tradisional Indonesia. Meski ada banyak masyarakat Indonesia yang familiar dengan kuliner Jepang, tapi bukan berarti mereka semua tahu tentang etika dan aturan saat menyantap kuliner Jepang sehingga sering terjadi kesalahan seperti yang ada di bawah ini:



Sumber : Pergikuliner.com


1. Meletakkan Jahe Di Atas Sushi

Kesalahan pertama adalah meletakkan jahe di atas sushi. Buat yang sering makan sushi pastinya sudah tak asing lagi dengan acar jahe yang biasanya disajikan sebagai bahan pendamping sushi. Kebanyakan orang Indonesia meletakkan acar jahe di atas sushi mereka dengan tujuan agar saat menyantapnya, bakteri yang ada pada ikan mentah akan mati. Padahal aslinya di Jepang, acar jahe disantap di antara sela-sela makan dua sushi yang berbeda agar bisa merasakan perbedaan rasa masing-masing sushi.

 

2. Menenggelamkan Sushi dalam Soy Sauce

Masih seputar sushi, setiap kamu menyantap sushi kamu tak hanya diberikan acar jahe, tapi juga soy sauce atau kecap asin. Masyarakat Indonesia biasanya mencelupkan semua bagian sushi jenis nigiri ke dalam kecap asin. Tujuannya adalah agar membuat rasa nigiri sushi menjadi lebih gurih. Cara ini sebenarnya tidak benar lho teman PergiKuliner. Yang perlu kamu celupkan itu hanya bagian ikannya sedikit saja, jangan sampai nasi terkena dengan kecap asin karena bisa merubah cita rasanya. 

 

3. Mencampur Wasabi dengan Soy Sauce

Setiap sajian sushi, selalu ada pelengkap acar jahe, soy sauce, dan wasabi. Selain kesalahpahaman tentang acar jahe dan soy sauce, ada lagi kesalahpahaman tentang penggunaan wasabi yang seringkali dicampurkan dengan soy sauce ketika akan menyantap sushi. Jika kamu mencampurkan wasabi dengan soy sauce, maka rasa keduanya akan bercampur menjadi satu dan bisa menghilangkan rasa sushi yang asli.

 

4. Makan Ramen dengan Pelan

Etika makan masing-masing negara pasti berbeda-beda. Ada etika yang dianggap sopan bagi negara tertentu, tapi dianggap tidak sopan bagi negara lain. Hal ini terjadi pada etika makan Indonesia dan Jepang. Bagi masyarakat Indonesia, ketika makan kamu tidak boleh bersuara atau mengeluarkan suara mencecap karena akan dianggap tidak sopan. Tapi bagi masyarakat Jepang, kalau kamu makan ramen dengan pelan dan tanpa suara, maka itu akan dianggap tidak sopan. Jadi kalau kamu makan ramen, makanlah dengan cepat dan jangan lupa untuk mengeluarkan suara.

 

5. Makan Sup Miso dengan Sendok

Kesalahan yang terakhir adalah makan sup miso dengan menggunakan sendok. Miso sup mempunyai tekstur bening dan ringan yang disajikan dalam mangkuk sehingga kamu harus menyantapnya langsung dari mangkuk tersebut. Tapi kebanyakan masyarakat Indonesia justru menyantap sup miso dengan menggunakan sendok.

 

Nah, setelah tahu kesalahan-kesalahan di atas, kamu jangan mengulanginya lagi ya ketika makan di restoran Jepang! Dan sekarang, lanjut yuk makan di restoran Jepang paling recomended di bawah ini!

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Tamoya Udon

Foto Tamoya Udon
Foto Tamoya Udon
Foto Tamoya Udon

Abura Soba Yamatoten

Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten

Marutama Ra-men

Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men

Kokoro Tokyo Mazesoba

Foto Kokoro Tokyo Mazesoba
Foto Kokoro Tokyo Mazesoba
Foto Kokoro Tokyo Mazesoba

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?