Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ups, Ternyata Kita Sering Salah Memahami Asal Usul 5 Kuliner Ini!

List Artikel
15 Juni 2019 | 0 Komentar
Bila kita membicarakan tentang kuliner populer seluruh penjuru dunia pasti tidak akan ada habisnya karena menarik untuk dibahas bersama teman-teman pecinta kuliner. Namun apakah di antara kamu tahu dan pernahkah kamu pikir kuliner terkenal yang mendunia berasal dari negaranya sendiri? Misalnya saja ada burger, kentang goreng, crab rangoon, saus tomat, dan bahkan croissant yang pastinya kamu kira berasal dari negara Perancis. Perlu kamu ketahui Sahabat PergiKuliner, kalau kuliner populer mendunia yang kita makan ternyata bukan berasal dari negaranya sendiri. Bila kamu berpikir demikian, bisa jadi selama ini kamu salah memahami asal usul kuliner tersebut loh. Mau tahu asal usul kuliner yang mendunia ini? Yuk kita lihat darimana saja mereka berasal!

Burger


Sumber : Pergikuliner.com

Kuliner cepat saji yang satu ini memang sangat populer di semua kalangan masyarakat. Memiliki cita rasa yang gurih dan pedas manis, serta dapat membuat perut cepat kenyang inilah yang menyebabkan para restoran cepat saji menjual kuliner ini dan banyak tersebar di seluruh penjuru dunia. Burger memang populer sekali sebagai salah satu kuliner cepat saji asal Amerika, namun kuliner ini ternyata berasal dari kota Hamburg yang ada di negara Jerman. Awalnya masyarakat Eropa menolak untuk makan makanan yang masih mentah, dan salah seorang penduduk asal Hamburg akhirnya terinspirasi untuk mengonsumsi daging dari cara bangsa modern nomaden Tartar dengan cara dicincang serta memberinya perasan jeruk, lalu daging cincang tersebut di panggang hingga matang.

Croissant


Sumber : Pergikuliner.com

Pastinya banyak di antara kamu yang mengetahui bahwa croissant merupakan salah satu kuliner yang berasal dari negara Perancis, ini dikarenakan karena pengucapan namanya yang sangat kental dengan aksen Perancis. Akan tetapi, perlu kamu ketahui kalau sebenarnya croissant berasal dari Austria, karena roti ini terinspirasi dari kipferl Austira yaitu roti yang menggunakan banyak mentega dan memiliki bentuk bulan sabit, serta terlihat lebih crunchy tapi justru memiliki tekstur yang lembut di bagian dalamnya.

Kentang Goreng


Sumber : Pergikuliner.com

Kentang goreng atau yang lebih dikenal dengan french fries. Pasti selama ini dalam pikiran kamu kuliner yang satu ini masih dalam satu negara dengan croissant, kan? Nama memang french fries, tetapi bukan berarti berasal dari Perancis lho. Para pakar sejarah mengklaim bahwa kuliner ini berasal dari Belgia, negara yang lebih kecil di utara Perancis. Hal ini dikarenakan penduduk desa setempat mengalami kesulitan dalam mengolah kentang saat musim dingin tiba, karena itulah mereka akhirnya menggunakan metode lain dengan cara digoreng. Pastinya juga kentang tersebut cita rasanya menjadi semakin lebih lezat.

Saus Tomat

Sumber : Resephariini.com

Biasanya saus tomat yang biasa di gunakan sebagai bumbu untuk menyantap cemilan atau makanan ringan ternyata bukan berasal dari Amerika loh. Saus tomat dari bahasa Inggris yaitu ketchup berasal dari bahasa China Hokkien yaitu kê-tsiap. Pada awalnya sebelum menjadi bumbu favorit di Amerika, resep aslinya justru tidak dibuat dari bahan dasar tomat. Resep ketchup berisikan ikan yang difermentasi dengan bahan lain seperti jamur, tiram dan kenari. Teksturnya justru sangat cair dan tidak kental seperti sekarang ini, dan juga biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan untuk sup.

Crab Rangoon


Sumber : Andrewzimmern.com

Kuliner terakhir adalah crab ragoon yang merupakan makanan olahan kepiting campuran, karena tidak menggunakan 100% daging kepiting. Bentuknya yang dibungkus dengan kulit pangsit serta digoreng dan disajikan dengan saus memang terlihat seperti kuliner asal China. Namun sebenarnya kuliner ini merupakan campuran Amerika-China, karena banyak beberapa restoran Amerika-China yang menjual jenis kuliner yang satu ini, karena pertama kali diperkenalkan sebagai menu di sebuah restoran yang ada di San Fransisco.

Nah, sudah tahu kan asal usulnya? Jadi kamu nggak salah lagi deh memahaminya. Setelah membaca artikel ini mari kita berburu aneka kuliner tersebut yuk! Referensinya ada di bawah ini ya!

Hi Fries

Foto Hi Fries

Montato

Foto Montato
Foto Montato

Flip Burger

Foto Flip Burger
Foto Flip Burger
Foto Flip Burger

Belly Bandit

Foto Belly Bandit
Foto Belly Bandit
Foto Belly Bandit

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?