Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wah, Makan dengan Tangan Itu Ternyata Banyak Manfaatnya Loh

List Artikel
9 Maret 2017 | 0 Komentar

Menyantap makanan menggunakan tangan sudah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Cara makan ini bahkan sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Ada banyak kuliner Indonesia yang lebih mantap disantap dengan menggunakan tangan seperti nasi Padang, kuliner khas Sunda, hingga aneka kuliner yang menggunakan sambal sebagai lauknya. Tak hanya di Indonesia, beberapa negara Asia seperti Thailand dan India ternyata juga gemar menyantap makanan menggunakan tangan. Ternyata, menyantap makanan menggunakan tangan ini memiliki banyak manfaat loh. Penasaran ingin tahu? Yuk simak!

 


Sumber: marinabaysands.com


1. Dapat Memberi Informasi ke Tubuh

Sadarkah kamu kalau saat makan menggunakan tangan membuat kamu bersentuhan langsung dengan makanan sehingga jutaan syaraf di ujung jarimu akan memberikan informasi pada otak mengenai makanan yang akan kamu makan mulai dari tekstur hingga suhu makanan, apakah makanan itu aman kamu konsumsi atau tidak. Selain itu, kamu juga telah memberitahu pada ususmu kalau akan ada makanan yang akan dicerna sebentar lagi.

 

2. Menyehatkan Pencernaan

Tak jarang orang menganggap kalau menyantap makanan menggunakan tangan itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena dianggap kurang bersih. Tapi siapa sangka kalau dengan menyantap makanan menggunakan tangan itu bisa menyehatkan pencernaan. Di jari-jari tangan kamu, ada sebuah bakteri yang bernama flora. Tennag saja, bakteri ini bukanlah bakteri jahat guys, bakteri flora tidak berbahaya dan justru dapat melindungi tubuh dari banyaknya kerusakan mikroba lingkungan. Bakteri flora ini memiliki dampak positif karena bisa menyehatkan usus, pencernaan, serta kerongkongan kamu.

 

3. Mewakili Lima Energi

Menyantap makanan menggunakan makanan ini dianggap lebih praktis dan tidak ribet bagi sebagian orang. Menurut masyarakat India, dengan menyantap makanan menggunakan tangan, kamu mewakili lima elemen energi yang dimiliki oleh tiap jari yakni angin, tanah, api, air, dan ruangan. Makan dengan tangan membuat kelima elemen energi ini bertransformasi sehingga makanan yang sudah mulai mengalami proses pemecahan sebelum sampai ke mulut dan pencernaan. Pemecahan yang dimaksud ini adalah terpecahnya nutrisi yang ada pada makanan sehingga bisa dengan mudah diserap oleh tubuh.

 

4. Mencegah Diabetes Tipe 2

Sudah banyak penelitian yang mengatakan kalau makan menggunakan tangan itu bisa mencegah kamu dari terkena resiko diabetes tipe 2. Makan dengan menggunakan tangan membuat proses makan kita jadi lebih lama dibanding menggunakan sendok dan garpu. Hal ini membuat kita kenyang lebih lama dan merasa lebih puas setelah menyantap makanan menggunakan tangan. Makan menggunakan tangan juga membuat kamu terhindar dari makan yang berlebihan sehingga bisa berat badan bisa lebih terjaga.


Meski banyak manfaatnya, tapi kamu jangan lupa ya untuk selalu mencuci tanganmu sebelum makan! Dan nikmati sensasi makan dengan tangan di restoran-restoran di bawah ini yuk!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Bale Bengong Seafood

Foto Bale Bengong Seafood
Foto Bale Bengong Seafood
Foto Bale Bengong Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?