Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wajib Baca! Ini Tips Memastikan Buah Suntikan atau Bukan

List Artikel
2 November 2023 | 0 Komentar

Buah menjadi salah satu sumber serat dan vitamin yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Buah bisa disantap setiap hari supaya tubuh bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Di Indonesia, buah sangat mudah dijumpai karena negara kita beriklim tropis sehingga buah-buahan bisa tumbuh dengan subur. Hampir setiap bulan, selalu ada buah sesuai musimnya sehingga masyarakat Indonesia bisa selalu menyantap buah setiap saat. Sayangnya, masih ada saja oknum nakal yang menyuntikkan obat-obatan ke dalam buah-buahan agar bisa memiliki tampilan dan rasa yang diinginkan. Karena menggunakan bahan kimia, maka sudah pasti buah-buahan tersebut tidak bagus untuk dikonsumsi. Tapi bagaimana cara kita memastikan buah tersebut suntikan atau bukan? Tenang saja, di bawah ini ada beberapa tips untuk memastikan buah suntikan atau bukan dengan mudah. Yuk, simak!

 


Sumber: pexels.com/Natalia Vaitkevich


Tampilan Fisik Luarnya

Cara memastikan buah suntikan atau bukan yang pertama adalah dengan mengecek tampilan fisik luarnya. Tampilan buah suntikan sekilas mirip dengan buah alami, tapi jika kamu perhatikan dengan lebih jeli maka akan terlihat perbedaannya. Buah alami memiliki tampilan luar yang lebih natural, baik itu dari segi warna buah hingga bentuknya. Lain halnya dengan buah suntikan. Bentuk dan ukuran dari buah suntikan sering kali terlihat tidak wajar alias tidak sesuai dengan ukuran pada umumnya. Selain itu warnanya juga kelihatan tidak alami. Misalkan saja, buah apel Malang yang alami memiliki warna hijau muda agak pucat. Namun, buah apel Malang suntikan biasanya memiliki warna yang jauh lebih berkilau atau lebih pucat dari warna asli.

 

Tanda-tanda Bekas Suntikan

Tips memastikan buah suntikan atau bukan yang kedua adalah dengan melihat tanda-tanda bekas suntikannya. Tanda bekas suntikan akan terlihat pada bagian bawah dan atas buah dekat tangkai atau batangnya. Sangat jarang ada buah suntikan yang bekas suntikannya terlihat di bagian sekeliling badan buah atau tengah buah. Bekas suntikan ini berupa tanda titik kecil yang di sekitarnya memiliki warna agak berbeda dari warna buah aslinya. Jika kamu melihat ada satu titik bekas suntikan pada buah, sebaiknya jangan membeli buah tersebut.

 

Tekstur Buah

Tips lain memastikan buah suntikan atau bukan adalah dengan mengecek teksturnya. Buah alami memiliki tekstur yang merata, baik empuk maupun keras. Sebaliknya, buah hasil suntikan biasanya memiliki perbedaan tekstur. Biasanya buah suntikan akan bertekstur empuk pada satu sisi, sedangkan pada sisi lainnya masih keras. Tingkat keempukan yang tidak merata ini disebabkan oleh suntikan yang diberikan pada buah. Area di sekitar suntikan akan memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan dengan area yang tidak terkena suntikan.

 

Perhatikan Aroma dan Rasanya

Tips memastikan buah suntikan atau bukan yang terakhir adalah dari segi aroma dan rasanya. Buah suntikan memiliki aroma yang tidak terlalu wangi karena kematangan buah tersebut disebabkan oleh suntikan. Lain halnya dengan buah alami yang memiliki aroma wangi, karena buah telah matang sempurna secara alami. Selain itu dari segi rasanya, buah alami memiliki rasa yang lebih natural. Jadi, manisnya tidak terlalu nyelekit. Berbeda dengan buah suntikan yang rasa manisnya berlebihan seperti menggunakan pemanis buatan. Bahkan, beberapa buah suntikan meninggalkan rasa manis yang membuat sakit tenggorokan.

 

Nah, itulah beberapa tips atau cara untuk memastikan buah suntikan atau bukan. Semoga informasi tersebut bisa membantumu saat akan membeli buah-buahan. Buat yang suka olahan buah-buahan, di bawah ini ada beberapa tempat yang menyajikan olahan buah-buahan enak untuk dicoba. Yuk, datang!

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

Juice For You

Foto Juice For You
Foto Juice For You
Foto Juice For You

Rainbow Juice

Foto Rainbow Juice
Foto Rainbow Juice
Foto Rainbow Juice

Juice Point

Foto Juice Point
Foto Juice Point
Foto Juice Point

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?