Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Durian yang Terpopuler di Indonesia!

List Artikel
18 Maret 2020 | 0 Komentar

Durian menjadi salah satu buah yang fenomenal di dunia karena memiliki aroma yang tak biasa. Ditambah lagi pada bagian luar kulitnya sangat keras dan berbentuk duri. Meski demikian, daging durian sangat berbeda dengan tampilan luarnya. Daging si raja buah ini terbilang sangat lembut dan lumer di mulut seperti tekstur es krim. Sementara citarasanya terbilang manis. Durian lebih banyak ditemukan di Asia Tenggara karena memang banyak tumbuh di negara-negara yang ada di Asia Tenggara, seperti Indonesia. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis durian yang bisa kamu jumpai. Beberapa di antaranya yang jadi favorit adalah:

 

1. Durian Montong



Sumber : Rumahtanaman.com


Pertama ada durian montong yang paling terkenal di Indonesia. Durian montong ini aslinya sebenarnya dari daerah Karanganyar, Jawa Tengah, tapi berhubung di daerah tersebut perkebunannya terbatas, maka bibitnya pun dibawa dan ditanam di Thailand. Inilah yang menjadi alasan mengapa durian montong dikatakan asalnya dari Thailand. Durian montong punya tampilan daging buah yang kekuningan dengan daging buah yang tebal dan montok.

 

2. Durian Musang King



Sumber : Rumahtanaman.com


Di urutan kedua ada durian musang king yang asalnya dari Malaysia. Durian ini memang sangat populer di Indonesia karena daging buahnya yang manis. Durian musang king punya tampilan yang jauh lebih kecil jika dibandingkan durian montong. Tapi daging buahnya tak kalah tebal kok. Untuk tampilan daging buahnya bisa dikatakan tidak jauh berbeda dari durian montong, hanya saja warnanya lebih  kuning oranye dengan ukuran yang lebih bantet.

 

3. Durian Pelangi



Sumber : Tanamanmart.com


Lanjut ke durian asal Indonesia yakni durian pelangi yang berasal dari Manokwari, Papua Barat. Durian pelangi punya tampilan luar yang agak membulat dengan ukuran yang bisa dikatakan cukup besar jika dibandingkan durian lain. Keunikan dari durian pelangi ini terletak pada bagian daging buahnya yang berwarna gradasi putih, kuning dan merah muda atau pink. Gradasi warna inilah yang membuat durian ini dinamakan durian pelangi.

 

4. Durian Songgon



Sumber : Kaskus.id


Kita beralih pada durian songgon yang asalnya dari Banyuwangi. Durian ini ketika sedang musim panen pasti dicari oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya karena harganya yang terjangkau, durian songgon ini terbagi menjadi dua jenis, yakni yang warnanya kuning agak orange dan merah. Untuk jenis durian merah harganya agak lebih mahal dibanding durian kuning karena tampilannya yang cantik dan rasanya yang lebih enak.

 

5. Durian Mimang



Sumber : Idntimes.com


Terakhir ada durian mimang yang asalnya dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian mimang memiliki tampilan luar yang mirip dengan durian musang king. Hanya saja lebih kecil. Keunikan dari durian mimang adalah dagingnya cukup tebal, memiliki tekstur daging yang berserat, rasanya manis dengan kadar alkohol yang sangat tinggi. Jadi kamu tak bisa banyak-banyak menyantapnya ya!

 

Itulah beberapa jenis durian yang populer di Indonesia. Apakah kamu sendiri pernah mencoba semua jenis durian di atas? Jika ingin menikmati aneka sajian dengan bahan durian yang enak tersebut kamu bisa mampir aja ya ke salah satu tempat di bawah ini!

Kebab Durian Becek

Foto Kebab Durian Becek
Foto Kebab Durian Becek

Raja Durian Cafe

Foto Raja Durian Cafe
Foto Raja Durian Cafe
Foto Raja Durian Cafe

Cendol King

Foto Cendol King

Cendol Queen Elizabeth

Foto Cendol Queen Elizabeth
Foto Cendol Queen Elizabeth
Foto Cendol Queen Elizabeth

Ucok Durian

Foto Ucok Durian
Foto Ucok Durian

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?