Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wajib Tahu! Ini Bahan-bahan Pengental yang Digunakan Dalam Saus

List Artikel
30 Januari 2019 | 0 Komentar
Dalam dunia kuliner, kamu akan menemukan banyak sekali makanan yang diberi tambahan saus. Tujuan utama dari penambahan saus ini bukan karena cita rasa makanan awalnya yang tidak terlalu sedap, tapi karena jika ditambahkan saus, maka santapan akan jadi lebih sedap. Saus memiliki tekstur yang agak kental sehingga ketika dicocol akan menempel pada makanan alias tidak langsung menetes begitu saja. Ada beberapa makanan yang terasa lebih sedap jika disantap dengan saus seperti steak, ayam goreng, kentang goreng, pasta, katsu dan masih banyak lagi. Saus biasanya terbuat dari bahan dasar kaldu atau susu yang kemudian dikentalkan dengan bahan pengental sehingga teksturnya menjadi semi liquid alias setengah cair. Untuk menambah pengetahuan kuliner kamu, ada beberapa bahan pengental yang paling sering digunakan dalam saus, yaitu:

1. Roux



Sumber : Pioneerwomen.com


Bahan yang paling sering digunakan sebagai pengental saus adalah roux yang merupakan campuran antara lemak yang berasal dari mentega atau margarin dan tepung yang diproses dengan cara direbus bersama air kaldu hingga mengental. Ada tiga jenis roux yaitu white roux yang berwarna putih dan biasa digunakan dalam saus bechamel, blond roux yang berwarna kuning pucat dan sering digunakan dalam saus veloute dan brown roux yang berwarna cokelat dan biasa digunakan untuk saus steak atau katsu.  Untuk bisa mendapatkan hasil saus yang kental dari roux ini, kaldu yang digunakan haruslah dalam keadaan dingin.

 

2. Tepung Jagung



Sumber : Thespruteeats.com


Tepung jagung atau cornstrach merupakan bahan pengental saus yang paling banyak digunakan pada olahan makanan Asia, termasuk China dan Indonesia. Dalam pembuatan saus, kamu tak boleh langsung memasukkan tepung jagung yang masih bubuk ke dalam adonan saus, tapi kamu harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air atau kaldu dingin. Tekstur dari saus yang menggunakan pengental dari tepung jagung akan terasa lebih lembut. Jenis saus yang menggunakan tepung jagung ini sangat banyak, mulai dari saus asam manis hingga saus telur asin.

 

3. Liaison


Sumber : Crumbsandtales.com


Kemudian yang terakhir ada liaison yang merupakan campuran dari krim kental dengan kuning telur dengan perbandingan 1:3. Kuning telur dan krim kental harus dicampurkan dengan cara dikocok hingga warnanya terlihat putih pucat dan teksturnya menjadi kental. Ketika memasak saus dengan menggunakan liaison, kamu tidak boleh menyalakan api terlalu panas karena bisa membuat campuran telur dan krim akan menggumpal dan hasilnya tidak akan bagus. Campuran ini paling sering digunakan untuk saus pasta.

Setelah melihat ketiga bahan pengental saus di atas, apakah kamu ingin membuat sendiri saus yang akan kamu siramkan pada masakanmu? Atau jika kamu terlalu malas untuk membuatnya sendiri, kamu bisa langsung datang saja ke beberapa referensi tempat makan di bawah ini ya!

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak
Foto Street Steak

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Cork&Screw

Foto Cork&Screw
Foto Cork&Screw
Foto Cork&Screw

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?