Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wisata Kota Tua, Ini Dia Tempat-Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi di Sini!

List Artikel
7 Juni 2018 | 0 Komentar

Sudah punya rencana kemana saat liburan nanti? Kalau kamu nggak berpergian ke luar kota, kamu bisa coba berwisata di Jakarta. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi lho. Salah satunya adalah wisata sejarah yang ada di Kota Tua Jakarta. Kawasan Kota Tua Jakarta letaknya sangat strategis karena muda dijangkau dengan angkutan umum seperti kereta api atau busway. Wisata Kota Tua selalu menjadi daya tarik wisata nostalgia yang bisa membawa kamu seolah sedang menyusuri kota Jakarta tempo dulu karena ada banyak sekali bangunan-bangunan kuno bersejarah yang hingga saat ini masih berdiri kokoh dan dilestarikan keberadaanya. Beberapa bangunan kuno di sini memang dijadikan museum. Ada tiga spot di Kota Tua yang wajib kamu kunjungi ketika kamu ingin berburu foto atau sekedar jalan-jalan, apa saja ? Ini dia jawabannya!


1. Taman Fatahillah


Sumber : Tempo.co


Tempat pertama di wisata Kota Tua yang harus kamu datangi adalah Taman Fatahillah. Tempat ini merupakan ikon dari Kota Tua Jakarta dan kamu tak boleh melewatkannya. Biasanya di Taman Fatahillah yang berada tepat di tengah-tengah kawasan wisata Kota Tua, kamu bisa menyewa sepeda ontel jaman dulu sambil berkeliling-keliling. Taman Fatahillah ini dikelilingi bangunan-bangunan tua, mulai dari Museum Fatahillah, Museum Wayang, Kantor Pos Kota, dan Museum Seni Rupa dan Keramik yang bisa membawa kamu ke zaman era kolonial Belanda.


2. Toko Merah



Sumber : Dagelan.co


Kamu pasti sudah sering melihat foto-foto Toko Merah yang sudah menjamur di sosial media, terutama instagram. Toko Merah merupakan bangunan di kawasan wisata Kota Tua yang keberadaannya sudah ada sejak ratusan tahun silam, yakni sekitar tahun 1730-an. Dari kejauhan bangunan ini sudah tampak mencolok di banding bangunan-bangunan lainnya yang ada di sekelilingnya. Sesuai dengan namanya, bangunan ini berwarna merah, mulai dari dinding, pintu, hingga jendela.


3. Rumah Akar



Sumber : dekoruma.com


Selain Toko Merah, ada Rumah Akar yang juga tak kalah instagramable-nya. Bagi kamu yang suka foto-foto harus mampir ke sini saat ke Kota Tua karena tempat ini adalah magnet bagi para wisatawan yang ingin berfoto dengan latar unik. Kenapa? Karena Rumah Akar merupakan sebuah rumah yang memang ditumbuhi oleh pohon dan akar yang menjalar dan merambat dari lantai hingga dinding sehingga menghasilkan pemandangan yang sangat memukau. Rumah Akar ini sangat mirip dengan Angkor Wat yang ada di Kamboja. Jadi kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesia juga ada yang serupa.


4. Jembatan Kota Intan



Sumber : kabarwisata.com


Terakhir ada Jembatan Kota Intan yang merupakan jembatan tertua di Indonesia yang dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1628. Jembatan ini awalnya bernama Engelesh Brug (Jembatan Inggris) karena di dekatnya pernah dibangun benteng pertahanan Inggris dan pada tahun 1900, baru diganti namanya menjadi Jembatan Kota Intan oleg pemerintah pusat Hindia Belanda. Arsitekturnya bergaya vintage dan membuatmu serasa tidak sedang berada di Jakarta. Jembatan Kota Intan ini sangat cocok untuk kamu datangi saat menjelang senja karena pemandangan sunset dari sini sangat indah.

 

Setelah kamu mengitari dan mengunjungi keempat tempat di atas, kamu bisa berburu kuliner lezat yang ada di kawasan wisata Kota Tua dan sekitarnya. Memangnya ada? Tentu saja ada banyak kuliner yang bisa kamu icip, mulai dari kuliner kaki lima seperti es goyang, kerak telor, hingga kafe dan restoran yang menyajikan perpaduan menu khas Indonesia dengan kuliner Belanda tempo dulu. Tak perlu bingung mencari rekomendasi tempat-tempatnya karena PergiKuliner menyiapkan lima rekomendasi tempat makan yang ada di sekitar kawasan wisata Kota Tua. Ini dia rekomendasinya!

Kedai Seni Djakarte

Foto Kedai Seni Djakarte
Foto Kedai Seni Djakarte
Foto Kedai Seni Djakarte

Semasa Di Kota Tua

Foto Semasa Di Kota Tua
Foto Semasa Di Kota Tua
Foto Semasa Di Kota Tua

Lomie Amen Pinangsia

Foto Lomie Amen Pinangsia
Foto Lomie Amen Pinangsia
Foto Lomie Amen Pinangsia

Pinang Sari

Foto Pinang Sari
Foto Pinang Sari
Foto Pinang Sari

Kopi Es Tak Kie

Foto Kopi Es Tak Kie
Foto Kopi Es Tak Kie
Foto Kopi Es Tak Kie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?