Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow, 5 Batang Pohon Ini Ternyata Bisa Diolah Jadi Kuliner Indonesia yang Enak

List Artikel
26 Agustus 2021 | 0 Komentar

Indonesia memiliki banyak kuliner unik. Tak hanya unik dari segi cara memasaknya, tapi juga dari bahan-bahan yang berbeda sehingga terasa unik. Salah satu bahan unik yang bisa digunakan dalam kuliner Indonesia adalah batang pohon. Memang terdengar agak aneh karena batang pohon yang keras mana bisa dibuat menjadi makanan? Tidak semua batang pohon bisa digunakan sebagai bahan masakan. Biasanya batang pohon yang digunakan untuk bahan masakan ini adalah batang muda yang memiliki tekstur tidak keras sehingga mudah diolah. Terdapat lima batang pohon muda yang ternyata bisa diolah menjadi kuliner Indonesia yang enak, apa saja? Kita cek sama-sama di bawah ini yuk, Teman Kuliner!

 

1. Batang Bambu Muda



Sumber: Akamaized.net


Batang pohon yang pertama adalah batang bambu muda yang sudah sangat sering diolah menjadi kuliner khas Indonesia. Batang bambu muda lebih dikenal dengan julukan rebung. Batang pohon ini banyak dijumpai pada saat musim hujan. Saat tinggi bambu muda sudah harus dipanen pada saat tingginya sudah mencapai 20 cm atau pada saat sudah berumur 2-3 bulan. Teksturnya sangat empuk dengan aroma yang sangat khas. Biasanya batang bambu muda digunakan sebagai tumisan, sayur santan, atau yang paling sering digunakan sebagai isian lumpia Semarang.


2. Batang Rotan



Sumber: Yummy.co.id


Batang rotan menjadi salah satu jenis batang pohon yang juga bisa dimasak menjadi kuliner Indonesia. Batang rotan ini agak mirip dengan batang bambu muda karena tampilannya yang sama-sama berwarna kekuningan dengan tekstur yang empuk. Batang rotan yang digunakan sebagai masakan biasanya diambil dari pucuk rotan yang baru tumbuh atau tunasnya. Teman Kuliner bisa mengolahnya menjadi tumisan, sayur bening, hingga sayur santan.Kuliner yang dibuat dengan batang rotan banyak dijumpai di daerah-daerah yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan.


3. Batang Pisang



Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada batang pisang yang juga bisa diolah menjadi kuliner Indonesia. Batang pisang banyak digunakan di Pulau Bali sebagai olahan masakan yang ditumis hingga dijadikan sayur santa dan paling sering dijadikan sebagai sajian pada saat upacara keagamaan. Rasanya tentu saja enak dengan tekstur empuk dan aroma yang sangat khas. Sama seperti kedua batang pohon di atas, untuk batang pisang yang digunakan ini harus batang yang masih muda sehingga tidak keras teksturnya. Selain di Pulau Bali, kuliner dari batang pisang juga sering dijumpai di Pulau Kalimantan dan dijadikan sebagai gulai yang wajib disajikan pada saat upacara pernikahan.


4. Batang Talas



Sumber: Remas.nu


Talas tak hanya enak disantap umbinya saja, tapi batangnya juga bisa diolah menjadi olahan kuliner khas Indonesia dengan rasa yang unik. Batang talas yang berwarna hijau keputihan ini haruslah yang masih muda untuk digunakan dalam masakan sehingga teksturnya sangat empuk meski hanya dimasak sebentar. Sebelum digunakan, batang talas harus dicuci bersih dan diambil bagian tengahnya. Batang talas bisa dimasak menjadi tumisan dan sayur santan yang nantinya akan disajikan bersama dengan lontong atau ketupat.


5. Batang Kelapa



Sumber: Facebook.com/resepenak


Batang pohon yang terakhir adalah batang pohon kelapa. Gunakan batang pohon kelapa yang masih muda sehingga rasanya tidak pahit. Kuliner ini banyak dijumpai di pulau kalimantan karena menjadi makanan yang umum di suku Dayak. Bagi masyarakat di sana, batang kelapa bahkan disantap dalam keadaan mentah karena sangat lezat jika disantap dengan dicocol sambal. Tapi batang kelapa juga bisa dimasak menjadi sayur santan yang sering dijumpai pada upacara pesta pernikahan hingga acara syukuran. Teman Kuliner bisa memadukan batang kelapa ini dengan daging pada saat dimasak menjadi sayur santan sehingga rasa kuahnya menjadi lebih gurih.

 

Itulah beberapa batang pohon yang bisa diolah menjadi aneka kuliner Indonesia. Dari kelimanya, manakah yang kira-kira ingin Teman Kuliner coba?

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Soto Betawi Nyonya Afung

Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?