Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow, 5 Jenis Kopi Ini Termahal di Dunia Loh!

List Artikel
15 Juli 2017 | 0 Komentar

Kopi sudah menjadi bagian yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan kita, bahkan sejak ratusan tahun yang lalu. Manfaat kopi yang begitu banyak memang menjadi salah satu alasan mengapa kopi sangat digemari hampir seluruh masyarakat di dunia. Namun apa jadinya jika kopi yang kamu minum ternyata memiliki harga yang selangit? Kelima jenis kopi ini seolah membuktikan kepada kita bahwa kopi benar-benar tidak boleh dipandang sebelah mata. Meskipun hanya sekedar untuk diminum, nyatanya para penggemar kopi harus merogoh kocek lebih dalam untuk 5 jenis kopi berikut ini. Penasaran? Inilah 5 jenis kopi termahal di dunia yang harganya selangit!



sumber : pergikuliner.com


1. Black Ivory

Jika kamu pernah mendengar mengenai kopi gajah maka itulah nama lain dari kopi black ivory. Alasan yang membuat kopi ini begitu mahal adalah karena hasil produksinya yang sangat sedikit. Black ivory diproduksi dari biji kopi arabika Thailand yang dipetik dari ketinggian sekitar 1,524 mdpl. Nantinya biji kopi tersebut akan diberikan kepada gajah untuk dimakan sebelum dikeluarkan kembali. Prosesnya hampir sama dengan kopi luwak. Namun dari sekitar 32 kg biji kopi arabika thailand, diketahui hanya ada sekitar 2 ons black ivory saja yang bisa dihasilkan. Untuk menikmati seteguk kopi black ivory, maka kamu akan dibandrol harga 50 USD per cangkirnya. Hmm berminat mencicipi?


2. Saint Helena

Saint Helena merupakan sebuah pulau kecil yang terkenal akan kekhasan kopinya. Kepulauan Saint Helena berada di daerah Samudera Pasifik. Konon untuk menghasilkan kopi saint helena yang nikmat dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk mengeringkan dan menjemur biji kopi ini. Selain itu, kopi saint helena juga memiliki rasa yang begitu menakjubkan dengan aroma floral-fruity hints ala citrus dan caramel. Oleh karena itulah wajar saja jika secangkir kopi saint helena dihargai sampai 79 USD per pound.


3. Kopi Luwak

Kita sebagai warga negara Indonesia patutlah berbangga hati, pasalnya kopi termahal yang ketiga ternyata ditempati oleh kopi luwak. Meski begitu, kamu tetap harus merogoh kocek sebesar 300 USD per pound untuk menikmatnya.  Proses pembuatan kopi luwak sebenarnya hampir mirip dengan kopi gajah. Dimana biji kopi cherry yang berkualitas akan diberikan kepada luwak untuk dikonsumsi dan dikeluarkan kembali. Selain karena rasanya yang sangat nikmat, alasan yang membuat kopi ini mahal adalah karena kopi cherry yang dipilih untuk dikonsumsi oleh luwak dianggap sebagai kopi cherry terbaik.


4. Geisha

Kopi geisha merupakan kopi yang diproduksi oleh perkebunan Hacienda La Esmeralda yang ditanam di lereng Gunung Baru, Panama. Selama sekitar 40-60 hari penyimpanan, kopi geisha ini akan menjadi matang namun belum akan dikirimkan. Alasan yang membuat kopi geisha semakin istimewa dan harganya melonjak mahal adalah karena kopi ini telah memenangkan banyak penghargaaan dalam bidang kualitas kopi, dimana salah satunya adalah Roster’s Choice di SCAA tahun 2007. Bahkan harganya mencapai 350 USD per pound lho, teman PergiKuliner.


5. La Cima

Kopi la cima adalah salah satu kopi dari Finca El Injerto yang ditanam di Huehuetenango, Guatemala. Setengah dari wilayah pertanian kopi ini merupakan hutan yang telah berumur ribuan tahun. Sehingga bukan hanya berfungsi sebagai pelindung pohon kopi saja, tetapi juga berpengaruh dalam menciptakan iklim mikro yang dibutuhkan untuk menghasilkan kopi dengan karakter luar biasa. Kopi la cima begitu istimewa karena berasal dari varietal bourbon dengan karakter unik yang bervariasi. Jika kamu tertarik untuk mencicipinya maka kamu harus membayar 500 USD per pound. Benar-benar selangit bukan?


Itu dia beberapa kopi di dunia yang memiliki harga selangit. Kamu tertarik untuk mencobanya tapi budget tidak mendukung? Jangan khawatir, kamu masih bisa minum kopi enak di beberapa coffee shop yang PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini. Meskipun biji kopinya bukan berasal seperti di atas, namun di jamin deh rasa kopi di bawah ini nggak kalah enaknya!

Seulawah Coffee

Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee

Tuku Kopi

Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi

Caswells Coffee

Foto Caswells Coffee
Foto Caswells Coffee
Foto Caswells Coffee

Doma Dona Coffee

Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee

Kopikalyan

Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?