Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow, 5 Negara Ini Ternyata Jadi Negara yang Mengonsumsi Penyedap Rasa Terbanyak di Dunia!

List Artikel
3 Mei 2018 | 0 Komentar

MSG (mono sodium glutamat) atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama micin merupakan penyedap rasa yang sering ditambahkan pada makanan agar rasanya jadi lebih gurih sehingga kamu ketagihan. Penyedap rasa dianggap sebagai bumbu ajaib alias bumbu rahasia dari berbagai macam jenis masakan. Sebenarnya penggunaan penyedap rasa ini dibolehkan dan tidak berbahaya bagi tubuh jika penggunaannya masih dalam batas wajar, tapi kalau berlebihan, sudah pasti kamu akan terkena beragam penyakit, mulai dari hipertensi, obesitas, hingga kanker. Dari seluruh negara yang ada di dunia, ternyata lima negara ini menjadi negara yang mengonsumsi penyedap rasa terbanyak lho. Yuk, lihat!

 

1. Tiongkok



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada negara Tiongkok yang terkenal akan surga makanan enaknya. Sebut saja kuliner capcay yang dimasak dengan cara ditumis, kwetiau, fu yung hai, dan masih banyak lagi. Ternyata penggunaan penyedap rasa di negara ini paling banyak di dunia, yakni sekitar 50% lebih. Tiongkok juga merupakan produsen MSG terbesar di dunia karena total produksinya menyumbang hingga 65% pasokan MSG di seluruh negara.


 

2. Taiwan



Sumber : Pergikuliner.com


Tak berbeda jauh dengan Tiongkok, Taiwan yang masih termasuk kawasan Asia Timur ini juga ternyata kulinernya juga kebanyakan menggunakan penyedap rasa, terutama pada kuliner-kuliner yang kaki lima yang digoreng atau direbus seperti chicken cutlet, zha xian nai atau susu goreng, mee sua tiram, xiao long bao, dan masih banyak lagi. Tak heran jika kuliner kaki limanya selalu membuat kamu ketagihan saat berwisata ke Taiwan.

 

3. Thailand



Sumber : Pergikuliner.com


Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang banyak dikunjungi turis asing. Selain karena tepat wisatanya yang Indah, kuliner-kuliner yang ada di negara ini juga terkenal lezatnya. Pastinya kamu tahu tom yum kung, pad thai, ayam basil, salad pepaya, dan masih banyak lagi. Kelezatan makanan Thailan dini ternyata ada hubungannya dengan penambahan penyedap rasa dalam setiap masakannya.

 

4. Vietnam



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada negara Vietnam yang ternyata menggunakan cukup banyak penyedap rasa pada setiap sajian masakannya, terutama makanan yang berkuah seperti pho, lalu chao, cha kho to, bahn mie, dan masih banyak lagi. Seperti Thailand, kuliner Vietnam yang banyak diberi penyedap rasa adalah kuliner kaki lima. Tapi penggunaannya tidak sebanyak dan sesering masakan-masakan dari negara-negara di atas.

 

5. Indonesia



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada Indonesia yang juga tak kalah banyak penggunaan penyedap rasanya. Meski banyak menggunakan rempah, tapi masyarakat Indonesia sejak dulu memang sangat suka menggunakan penyedap rasa untuk menambah cita rasa masakannya. Jenis-jenis masakan Indonesia yang biasanya diberi penyedap rasa adalah bakso, olahan mie, aneka goreng-gorengan, dan masih banyak lagi. Meski begitu, sekarang penggunaan penyedap rasa pada masakan Indonesia sudah banyak dikurangi.


Nah! Itu dia beberapa negara yang mengkonsumsi penyedap rasa terbanyak di dunia. Tapi kamu nggak perlu khawatiir ya, teman PergiKuliner. Selama kamu masih mengkonsumsinya dengan tidak berlebihan penyedap rasa juga mengandung beberapa manfaat lho. Dan bagaimana kalau sekarang kamu datangi restoran-restoran di bawah ini!

Bale Soto

Foto Bale Soto
Foto Bale Soto
Foto Bale Soto

Bo & Bun Asian Eatery

Foto Bo & Bun Asian Eatery
Foto Bo & Bun Asian Eatery
Foto Bo & Bun Asian Eatery

House Of Yuen - Fairmont Jakarta

Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta
Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta
Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta

Fook Yew

Foto Fook Yew
Foto Fook Yew
Foto Fook Yew

Ying Thai

Foto Ying Thai
Foto Ying Thai
Foto Ying Thai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?