Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow, 7 Kuliner Ini Punya Perayaan Hari Jadi Sedunia Lho

List Artikel
3 September 2018 | 0 Komentar

Hari perayaan tak hanya dirayakan untuk orang saja, tapi juga untuk kuliner. Beberapa kuliner yang sangat populer di dunia pasti memiliki perayaan hari jadi sedunia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi karena kuliner tersebut sudah sangat terkenal oleh masyarakat. Beberapa kuliner yang dirayakan justru diperingati untuk menghormati jasa-jasa para pembuatnya. Lalu, ada kuliner apa saja yang punya hari jadi sedunia? Coba lihat sama-sama yuk!


1. Pancake


Sumber : Pergikuliner.com


Perayaan kuliner yang pertama adalah hari pancake sedunia yang dirayakan pada tanggal 47 hari sebelum Paskah. Perayaan hari pancake yang dikenal dengan nama Shrove Tuesday awalnya dirayakan sebagai hari pengakuan dosa karena pada hari tersebut harus ada makanan berlemak yang dihidangkan dan dikonsumsi sehingga pancake yang terbuat dari bahan utama tepung, telur, dan mentega.


2. Cokelat


Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner kedua yang punya perayaan hari jadi adalah cokelat. Seperti yang kamu ketahui, cokelat memiliki banyak penggemar, terutama di kalangan kaum perempuan. Kebanyakan orang selalu mengaitkan cokelat dengan hari Valentin yang peringatannya jatuh pada tanggal 14 Februari. Padahal cokelat punya perayaan hari jadi sendiri pada tanggal 7 Juli yang diyakini seagai hari pertama cokelat bar yang diperkenalkan di benua Eropa pada tanggal 1847. Di benua Amerika, cokelat dirayakan pada hari lain yakni 13 September.


3. Donat


Sumber : Pergikuliner.com


Si bulat yang memiliki lubang di tengahnya ini ternyata juga punya perayaan hari jadi. Donat dirayakan setiap hari jumat pertama di bulan Juni. Hari donat sedunia atau yang dikenal dengan nama Global Donut Day ini ditetapkan untuk menghormati anggota relawan Salvation Army yang telah membantu para prajurit Perang Dunia 1 dengan menyediakan kuliner donat. Negara yang paling semarak merayakan hari donat sedunia ini adalah Amerika.

 

4. Pasta



Sumber : Pergikuliner.com


Beralih kepada kuliner asal Italia yang kepopulerannya di dunia sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hari pasta sedunia jatuh pada tanggal 25 Oktober dan sudah diperingati sejak tahun 1995. Penetapan tanggal ini dilakukan karena pada tanggal dan tahun tersebut, para ahli pangan dari seluruh dunia berkumpul dalam sebuah konferensi makanan dan membahas soal panorama pasta.

 

5. Sushi


Sumber : Pergikuliner.com


Meski berasal dari negara Asia, yakni Jepang, tapi keberadaan sushi sudah sangat terkenal di mata dunia. Oleh karena itu, ada perayaan hari jadi sushi yang jatuh pada tanggal 18 Juni. Perayaan ini diperingati untuk merayakan kelezatan dari sushi dan mengeksplorasi segala macam bahan untuk dijadikan kuliner sushi. Biasanya pada perayaan hari jadi sushi, para chef sushi akan melakukan beragam inovasi sushi yang menarik.


6. Burger


Sumber : Pergikuliner.com


Rasanya kuliner cepat saji yang satu ini tak boleh ketinggalan dalam daftar perayaan kuliner. Berhubung kepopuleran burger sudah mendunia, maka tak heran kalau kuliner asal Paman Sam ini diperingati pada tanggal 27 Agustus. Konon katanya, perayaan ini sudah ada sejak akhir tahun 1800-an, tapi masih diperingati oleh masyarakat Amerika. Beberapa negara lain, bahkan memiliki hari burger sendiri seperti Australia yang menetapkan tanggal 28 Mei sebagai hari burger nasional.


7. Kopi


Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada minuman kopi yang punya perayaan hari jadi sedunia pada tanggal 1 Oktober. Tanggal ini ditetapkan oleh 77 negara yang tergabung dalam International Coffee Organisation (ICO). Perayaan hari kopi sedunia dirayakan sebagai bentuk rasa hormat kepada para petani kopi yang ada di seluruh dunia. Jadi pastikan ketika tanggal 1 Oktober, kamu mengecek diskon yang diberikan oleh kedai kopi langgananmu.

TYFEL COFFEE

Foto TYFEL COFFEE
Foto TYFEL COFFEE
Foto TYFEL COFFEE

Avec Moi

Foto Avec Moi
Foto Avec Moi
Foto Avec Moi

Le Burger

Foto Le Burger
Foto Le Burger
Foto Le Burger

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Sajiva Coffee Company

Foto Sajiva Coffee Company
Foto Sajiva Coffee Company

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?