Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow, Ini 5 Keju Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Kamu Tercengang

List Artikel
22 Februari 2017 | 0 Komentar

Keju menjadi salah satu bahan makan yang paling sering digunakan di dunia kuliner selain cokelat. Keju tak hanya diolah dalam aneka ragam masakan, tapi juga diolah menjadi bahan baku cake hingga pastry. Keju pada dasarnya terbuat dari susu yang kemudian difermentasikan dalam jangka waktu tertentu. Susu yang bisa digunakan kebanyakan adalah susu sapi, tapi kamu juga bisa menggunakan susu kuda, susu unta, susu kambing, susu kerbau, hingga susu domba. Berhubung bahan dasarnya susu, keju memiliki kandungan nilai gizi yang sangat tinggi seperti vitamin, protein, mineral, dan pastinya kalsium. Tercatat ada puluhan lebih jenis keju yang tersebar di seluruh dunia. Dari sekian banyak keju yang ada di dunia, ada lima yang ternyata dijual dengan harga yang sangat mahal.

 

1. Pule



Sumber: dailymail.co.uk


Di urutan pertama ada pule yang menjadi keju paling mahal di dunia karena memiliki harga jual sekitar Rp 15.000.000 perkgnya. Pule merupakan keju yang dibuat dari susu keledai Balkan yang hanya bisa kamu temukan di Serbia, tepatnya di cagar alam Zasavica. Keledai ini jumlahnya sangat sedikit sehingga membuat susu keledai Balkan jadi langka. Proses pemerahan susu ini masih manual dan dilakukan tiga kali sehari. Untuk membuat satu kilogram keju Pule, kamu membutuhkan sekitar 7-8 galon susu keledai atau sekitar 28 liter.  

 

2. White Stilton Gold



Sumber: dailymail.co.uk


Mendengar namanya saja, kamu sudah tahu kalau keju ini menggunakan campuran dari emas. White Stilton Gold merupakan keju asal Inggris yang dibandrol dengan harga mencapai Rp 12.000.000 perkgnya. Hanya ada enam produsen susu yang diperbolehkan memasok susu untuk keju White Stilton Gold. Susu khusus tersebut dicampur dengan liqueur emas sehingga harganya bisa meroket.

 

3. Moose



Sumber: top5ives.com


Moose merupakan keju yang hanya bisa kamu temui di Elk House Bjursholm, Swedia. Meski dijual di Swedia, tapi susu yang digunakan untuk membuat keju ini berasal dari susu rusa Amerika Utara. Rusa-rusa ini pun dipelihara langsung oleh sang pemilik Elk House sehingga perawatannya sangat terjamin. Setiap tahunnya, rusa-rusa ini hanya menghasilkan susu sekitar 300 kg setiap tahunnya dan hanya bisa untuk digunakan membuat keju sekitar 12 kg saja. Moose dibandrol dengan harga jual sekitar Rp 10.000.000 perkgnya.

 

4. Bitto Storico



Sumber: lorenzovinci.ilgiornale.it


Bitto Storico merupakan keju yang terbuat dari campuran susu kambing Orbic dan susu sapi cokelat asal Swedia. Untuk membuat keju ini dibutuhkan proses yang cukup lama karena harus difermentasikan atau disimpan dalam jangka waktu lebih dari 10 tahun agar citarasanya jadi lebih legit dan khas. Keju Bitto Storico berasal dari Italia dan termasuk keju yang sangat langka karena proses pembuatannya yang lama. Harga keju ini dibandrol sekitar Rp 5.000.000 perkgnya.

 

5. Keju Cheddar Wyke Farms



Sumber: bkvineyardmarket.wordpress.com


Keju termahal di urutan kelima adalah keju cheddar Wyke Farms yang dibandrol dengan harga sekita Rp 4.000.000 perkgnya. Keju ini terbuat dari campuran daun emas dan kamur white truffle asal Perancis. Keju cheddar Wyke Farms tak dijual secara umum, yakni hanya dijual di Frome Cheese and Agricultural Show, Somerset. Citarasa keju ini terasa lebih gurih karena perpaduan bahannya yang unik. 

Jeans Chili Chicken

Foto Jeans Chili Chicken
Foto Jeans Chili Chicken
Foto Jeans Chili Chicken

Hong Kong Cafe

Foto Hong Kong Cafe
Foto Hong Kong Cafe

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?