Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow! Ini 5 Negara dengan Konsumsi Nasi Terbanyak di Dunia

List Artikel
28 Mei 2020 | 0 Komentar

Nasi menjadi makanan pokok yang wajib bagi masyarakat Indonesia. Bahkan ada pepatah yang seringkali dikatakan oleh masyarakat Indonesia, “belum makan namanya kalau perut belum makan nasi”. Jadi meskipun kita sudah makan roti, kentang, atau sereal yang juga sama-sama punya kandungan karbohidratnya, tapi kalau belum makan nasi rasanya seperti belum makan. Sebenarnya hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa untuk makan nasi sejak kecil sehingga menjadi suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Kebiasaan makan nasi membuat beberapa negara di dunia mengonsumsi nasi sehari-harinya. Jika dirunut, berikut lima negara teratas yang mengkonsumsi nasi terbanyak di dunia, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com


1. China

Pertama ada China yang tanpa diduga memasuki urutan pertama dalam daftar konsumsi nasi terbanyak di dunia. Per tahunnya, konsumsi nasi di China bisa mencapai hingga 142,7 juta metrik ton. Angka ini bahkan mencapai 30 persen dari nasi yang ada di seluruh dunia. Banyaknya konsumsi nasi oleh masyarakat China dikarenakan 65 persen dari penduduknya ini mengonsumsi nasi dalam keseharian mereka. Selain itu, China juga  menjadi salah satu pengimpor beras terbesar di dunia.


2. India

Selanjutnya ada India yang menjadi negara pengonsumsi nasi terbanyak kedua di dunia. Setiap tahunnya, penduduknya bisa mengonsumsi nasi dengan total 97,35 juta metrik ton. Tingginya konsumsi nasi di India ini dikarenakan jumlah penduduk India memang sangat besar, bahkan mencapai hingga 1,3 miliar jiwa. Meski sebagian besar masyarakat Indonesia ada yang mengonsumsi biji-bijian, tapi berhubung jumlah penduduknya sangat banyak, maka sebagian penduduk yang makan nasi tetap tinggi jumlahnya.


3. Indonesia

Indonesia juga ternyata masuk dalam jajaran negara dengan konsumsi nasi terbanyak di dunia. Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan China. Per tahunnya ada sekitar 37,4 juta penduduk yang menyantap nasi setiap harinya. Jika melihat dari segi pertaniannya, sekitar 77 persen pertanian di Indonesia adalah tanaman padi yang tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Seperti yang sudah dikatakan di atas, banyaknya konsumsi nasi di Indonesia dikarenakan sudah menjadi tradisi turun temurun. Tak hanya itu saja, kebanyakan jajanan tradisional Indonesia juga menggunakan tepung beras yang dibuat dari beras.


4. Bangladesh

Masuk ke negara keempat pada jajaran teratas konsumsi nasi terbanyak di dunia, ada Bangladesh yang berada di Asia Selatan. Per tahunnya, Bangladesh telah mengonsumsi nasi sebanyak 35,2 juta ton nasi. Nasi sangat mudah didapat dan murah harganya. Hal ini disebabkan oleh 75 persen pertanian yang ada di negara ini adalah pertanian padi saja. Selain itu, tingginya tingkat konsumsi nasi masyarakat Bangladesh adalah karena semua penduduknya mengonsumsi nasi sehari-harinya.


5. Vietnam

Terakhir ada Vietnam yang masuk ke jajaran nomer lima dalam daftar konsumsi nasi terbanyak di dunia. Jumlah konsumsi nasi di Vietnam pertahunnya adalah 22,1 juta metric ton per tahun. Sama seperti negara-negara di atas, konsumsi nasi di Vietnam sangat tinggi karena menjadi makanan sehari-hari. Penduduknya yang mencapai 95 juta jiwa ini punya konsumsi nasi per kapita yang mencapai217 kg per tahun.


Itulah beberapa negara yang mengonsumsi nasi terbanyak di dunia. Nasi memang sumber karbohidrat, tapi sebaiknya kamu tidak menyantapnya berlebihan agar tidak terkena resiko diabetes. Jika ingin menyantap nasi, lebih baik pilih nasi merah atau nasi cokelat yang jauh lebih sehat daripada nasi putih. 

Nasi Kapau Sodagar

Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar

Nasi Campur Aphang

Foto Nasi Campur Aphang
Foto Nasi Campur Aphang
Foto Nasi Campur Aphang

Nasi Campur Aliong 333

Foto Nasi Campur Aliong 333
Foto Nasi Campur Aliong 333
Foto Nasi Campur Aliong 333

Piring Nasi

Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi

Nasi Ulam Garuda Ibu Juju

Foto Nasi Ulam Garuda Ibu Juju
Foto Nasi Ulam Garuda Ibu Juju

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?