Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow! Ini Loh Kuliner Indonesia Termahal di Amerika Serikat

List Artikel
1 Agustus 2021 | 0 Komentar

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kulinernya yang nikmat. Selain wisata alam, wisata kuliner Indonesia ini sangat digemari oleh para turis asing. Kuliner khas Indonesia dinilai memiliki cita rasa eksotis yang khas sehingga membuat orang yang mencicipnya merasa ingin makan lagi. Saking populernya, di luar negeri ternyata ada juga restoran Indonesia yang sengaja dibuka untuk mengobati kerinduan akan kuliner Indonesia. Jadi tak perlu repot-repot lagi datang ke Indonesia untuk mencicip kulinernya. 


Meski demikian, tentunya harga kuliner khas Indonesia di luar negeri tidak sama dengan yang ada di dalam negeri karena sudah pasti lebih mahal. Hal ini dikarenakan bahan-bahan kuliner yang digunakan pada kuliner Indonesia sangat susah dijumpai sehingga ada yang harus diimpor dari Indonesia langsung. Salah satu negara di mana kita bisa menjumpai kuliner khas Indonesia adalah Amerika Serikat, tentunya dengan harga yang sangat mahal. 


Berikut beberapa kuliner khas Indonesia yang harganya selangit di Amerika. Apa saja? Kita bahas bareng-bareng yuk!

 

1. Nasi Padang



Sumber: PergiKuliner


Pertama ada nasi padang. Menu kuliner khas Indonesia ini paling banyak dicari karena penggemarnya juga ada banyak. Nasi Padang di Amerika Serikat dibandrol seharga 12-15 dollar atau sekitar Rp180.000 hingga Rp225.000 tergantung dari jenis lauk pauk yang dipilih. Salah satu lauk yang banyak disukai adalah rendang dan dendeng balado. Selain itu ada ayam bakar, gulai ayam, dan opor ayam yang juga banyak dipesan. Nasi Padang memiliki aroma yang khas dengan cita rasa eksotis yang bisa membuat kita ketagihan.

 

2. Nasi Goreng



Sumber: PergiKuliner.com


Kuliner selanjutnya ada nasi goreng. Nasi goreng di Amerika dibandrol seharga 10-12 dollar atau sekitar Rp150.000 hingga Rp180.000. Nasi goreng khas Indonesia sendiri sebenarnya ada banyak ragamnya. Mulai dari nasi goreng teri, nasi goreng terasi, nasi goreng tek-tek, nasi goreng pete, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyaknya jenis nasi goreng, nasi goreng tek-tek menjadi yang paling banyak dijual di Amerika karena citarasanya sangat klasik. Selain nasi goreng tek-tek, nasi goreng ayam juga banyak digemari oleh orang-orang asing.

 

3. Sate Ayam



Sumber: PergiKuliner.com


Sate ayam adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang harganya juga setinggi langit di Amerika Serikat. Harga untuk satu porsi sate ayam di Amerika adalah sekitar 8 dollar atau sekitar Rp120.000-an. Sate ayam disukai karena cita rasanya eksotis. Daging ayam yang dibakar memang sudah familiar bagi masyarakat Amerika, tapi tentu saja untuk saus kacangnya menjadi cocolan yang unik dan berbeda citarasanya. Per porsi sate ayam biasanya terdapat sekitar 10 tusuk sate. Sate ayam bisa disantap begitu saja, tapi juga bisa disantap dengan lontong atau ketupat.

 

4. Bakso



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Indonesia yang satu ini ternyata tak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja, tetapi juga masyarakat Amerika. Teman Kuliner bisa menjumpai bakso di Amerika dengan harga sekitar 12 dollar atau sekitar Rp180.000. Bakso adalah kuliner kaki lima yang di Indonesia sendiri bisa didapat dengan harga sekitar Rp15.000 - Rp20.000-an saja. Bakso sendiri merupakan kuliner hang dibuat dari bahan dasar daging sapi giling yang dicampur aneka bahan lalu dibentuk bulat dan direbus hingga matang. Bakso yang bisa kita jumpai di Amerika ini adalah bakso klasik yang di dalamnya ada isian bakso biasa, bakso telur atau bakso urat, mie, bihun, daun seledri, dan bawang goreng. Selain bakso klasik, ada bakso Malang yang juga banyak dicari.

 

5. Soto Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada soto ayam yang di Amerika bisa Teman Kuliner nikmati dengan harga sekitar 15 dollar atau Rp225.000. Soto ayam adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin karena kuliner ini disajikan dalam keadaan panas. Soto ayam merupakan kuliner yang dibuat dari bahan dasar daging ayam yang direbus dengan aneka bumbu rempah dan disajikan bersama dengan bihun, tauge, telur rebus, serta taburan daun bawang dan bawang goreng. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang suka menyantap soto ayam dengan nasi putih hangat, masyarakat Amerika lebih suka menyantapnya begitu saja tanpa nasi.

 

6. Ayam Penyet



Sumber: Pergikuliner.com


Penyuka pedas pasti suka menyantap kuliner ayam penyet. Ayam penyet adalah kuliner khas Indonesia yang  di Amerika bisa didapat dengan harga 16 dollar atau sekitar Rp240.000. Ayam penyet merupakan ayam yang digoreng terlebih dahulu barulah disajikan dengan cara dipenyet bersama dengan sambal pedas. Ayam penyet akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat dan lalapan. Selain karena rasanya yang nikmat, masyarakat Amerika menyukai tekstur dari ayam goreng khas Indonesia.

 

7. Pecel Lele



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Indonesia yang terakhir adalah pecel lele. Tak jauh berbeda dengan ayam penyet, pecel lele sangat disukai karena rasanya yang nikmat. Apalagi jika disantap bersama nasi putih hangat dan lalapan. Kenikmatan pecel lele di Indonesia bisa didapat dengan harga sekitar Rp15.000-Rp20.000-an. Tapi di Amerika, pecel lele dibandrol seharga 16 dollar 240.000. Coba saja Teman Kuliner bayangkan, ada berapa porsi pecel lele yang bisa didapat saat membelinya di Indonesia?

 

Itulah beberapa kuliner khas Indonesia dengan harga yang sangat mahal. Oleh karena itu, kita harus bersyukur ya Teman Kuliner kalau bisa mendapatkan kuliner khas Indonesia di atas dengan harga yang sangat terjangkau karena kebanyakan termasuk dalam golongam street food alias kuliner kaki lima yang murah meriah, seperti beberapa tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Bakso Aan

Foto Bakso Aan
Foto Bakso Aan
Foto Bakso Aan

Soto Betawi Nyonya Afung

Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Gado Gado Taman Sari

Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari

Kang Ajie Nasi Goreng Bistik

Foto Kang Ajie Nasi Goreng Bistik
Foto Kang Ajie Nasi Goreng Bistik
Foto Kang Ajie Nasi Goreng Bistik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?