Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow! Ternyata Bakpao Awalnya Dibuat Sebagai Wujud Persembahan

List Artikel
1 Januari 2018 | 0 Komentar

Baozi atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama bakpao merupakan kuliner khas Tionghoa yang bisa dengan mudah ditemukan di pedagang kaki lima hingga restoran. Nama bakpao diambil dari bahasa Hokkian yang merupakan singkatan dari bak yang berarti daging dan pao yang berarti bungkusan. Jadi bisa dikatakan kalau bakpao memiliki arti daging yang berbungkus. Awalnya daging yang digunakan untuk isian bakpao adalah daging babi cincang. Tapi lama kelamaan isian bakpao jadi lebih bervariasi seperti menggunakan daging ayam, sapi, kacang hijau, cokelat, hingga sayur-sayuran.


Sumber: pergikuliner.com 


Bakpao menjadi terkenal karena memiliki bentuk yang cukup unik yakni berbentuk bulat dengan kuncupan di atasnya. Tapi tahukah kamu kalau bentuk bakpao ini ternyata punya silsilah alias asal usulnya. Menurut sejarah, bakpao aslinya sudah ada sejak tahun 181-234, yakni pada era kaisar Liu Chan. Pada masa itu, sedang terjadi pemberontakan besar-besaran yang dipimpin oleh Meng Huo. Perdana menteri Tiongkok yang bernama Zhuge Liang selalu memenangkan pertarungan melawan Meng Huo. Tapi setiap kali Meng Huo tertangkap, Zhuge Liang selalu membebaskannya. Zhuge Liang memang sengaja tidak menangkap dan membunuh Meng Hou agar tidak ada pengganti Meng Hou.

 

Sumber: pergikuliner.com


Hal ini terjadi selama tujuh kali peperangan dan ketika peperangan terakhir, akhirnya Meng Huo menyerah. Ketika Zhuge Liang akan pulang kembali ke Ibu Kota, ia harus melewati sungai besar dengan gelombang dan badai yang cukup ganas. Zhuge Liang akhirnya meminta pendapat pada Meng Hou, bagaimana caranya agar dia bisa dengan selamat menyebrangi sungai tersebut. Meng Hou pun berkata kalau sejak zaman nenek moyangnya, jika ingin melewati sungai ini, maka diharuskan untuk untuk melemparkan 50 kepala manusia untuk persembahan pada roh sungai.



Sumber : pergikuliner.com


Berhubung Zhuge Liang tidak ingin ada pertumpahan darah lagi, maka ia pun memutuskan untuk menyuruh pasukannya membuat kue yang menyerupai kepala manusia dan akhirnya dibuatlah kue yang dinamakan baozi alias bakpao dengan bentuk bulat seperti kepala manusia, tapi pada bagian bawahnya rata dan bagian atas yang memiliki kuncup seperti rambut manusia. Sejak saat itulah bakpao sering sekali dijadikan sebagai kuliner yang digunakan untuk persembahan pada roh leluhur.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana asal muasal dari bakpao yang selama ini kamu konsumsi. Kalau kamu ingin makan bakpao dengan tekstur yang lembut dan isian yang melimpah, kamu bisa mencicipnya di salah satu tempat makan di bawah ini!

Bakpau A Satu

Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu

Tim Ho Wan

Foto Tim Ho Wan
Foto Tim Ho Wan

Yen Pao

Foto Yen Pao

Coffee Kulture

Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture

Teck Kee Tang Lin Pau

Foto Teck Kee Tang Lin Pau
Foto Teck Kee Tang Lin Pau
Foto Teck Kee Tang Lin Pau

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?