Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow, Ternyata Resep Blackforest Sudah ada Sejak 100 Tahun yang Lalu!

List Artikel
13 September 2019 | 0 Komentar

Siapa yang tidak mengenal cake klasik yang satu ini? Nama blackforest memang sudah tidak asing lagi di dunia kuliner karena kue ini sangat populer serta banyak disukai masyarakat dunia. Blackforest seringkali dijadikan sebagai cake ulang tahun atau sebagai hadiah kepada orang tersayang. Blackforest adalah cake yang berasal dari negara Jerman. Cake ini memiliki tampilan yang khas yakni warnanya yang kehitaman tidak seperti warna cake kebanyakan yang warnanya cerah. Cake ini dikenal sebagai cake klasik bukan tanpa alasan. Jika dirunut dari segi sejarahnya, blackforest ini ternyata sudah ada sejak 100 tahun lebih. Cake ini dipercaya sudah ada sejak tahun 1915 karena resepnya ditemukan di tahun tersebut.



 Sumber : Idntimes.com


Seorang ahli kue bernama Josef Keller mengklaim kalau dirinya inilah yang menemukan resep blackforest. Tapi tidak ada kepastian apakah benar dialah orang yang pertama kali membuat cake blackforest. Meski tidak bisa dipastikan siapa yang pertama kali membuat cake blackforest, tapi cake ini memang benar-benar ada sejak 100 tahun silam karena sudah menjadi cake tradisional yang ada di provinsi Baden-Wuttember. Di daerah tersebut ada sebuah hutan yang bernama Schwarzwald atau yang dalam bahasa Inggris memiliki arti black forest atau hutan hitam. Dari sini kamu pasti sudah bisa menebak bagaimana asal usul dari cake black forest ini.



 Sumber : Orderyourchoice.com


Awalnya, cake blackforest ini bukanlah berbentuk seperti cake yang kita kenal saat ini. Cake blackforest awalnya hanyalah sebuah dessert biasa yang terbuat dari krim, buah cherry dan air sari buah cherry (kirschwasser). Kirschwasser merupakan air sari buah cherry yang di dalamnya mengandung alkohol. Kirschwasser diproduksi di daerah Schwarzwald karena di sini terdapat buah cherry yang berkualitas tinggi. Berhubung buah cherry bisa dengan mudah ditemukan alias jumlahnya cukup melimpah, maka dibuatlah dessert yang menggunakan campuran buah cherry. Inilah yang menyebabkan cake ini awalnya diberi nama cake Schwarzwald Kirschwasser atau yang memiliki arti kue cherry hutan hitam.



 Sumber : Pergikuliner.com


Kepopuleran cake blackforest ini mendunia sejak tahun 1930-an karena mulai dibawa oleh orang-orang lokal ke luar negara Jerman, khususnya ke negara Swiss dan Austria. Pada tahun 1949, blackforest dinobatkan sebagai kue paling terkenal di Jerman sehingga kepopulerannya semakin menanjak naik. Berhubung sudah menjadi cake tradisional Jerman, sejak tahun 2006 pemerintah Jerman selalu mengadakan festival blackforest setiap dua tahun sekali di daerah Todtnau. Dalam festival ini ada puluhan pembuat kue profesional hingga amatir yang membuat cake blackforest selezat dan semenarik mungkin.

 

Di Indonesia sendiri, cake blackforest ini juga sangat digemari dan menjadi kesukaan banyak orang karena cita rasanya yang khas dengan aroma yang wangi menggoda. Jadi pengen makan cake setelah membaca artikel ini? Langsung kunjungi salah satunya di bawah ini yuk!

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

Cakekinian

Foto Cakekinian
Foto Cakekinian
Foto Cakekinian

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Cakeart

Foto Cakeart
Foto Cakeart

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?