Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow, Tom Yum Ternyata Ada Banyak Jenisnya Lho!

List Artikel
31 Januari 2019 | 0 Komentar
Siapa yang tak kenal kuliner khas dari Thailand yang satu ini. Ya, Thailand memang sangat terkenal dengan kuliner tom yumnya. Di Indonesia sendiri, rasanya hampir semua restoran Thailand selalu menyediakan tom yum dalam daftar menu andalan mereka. Tom yum sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia karena cita rasanya yang asam dan pedas. Ditambah lagi adanya seafood seperti cumi, udang, dan ikan yang membuat sajian ini semakin digemari. Tapi tahukah kamu kalau ternyata di negara asalnya, tom yum itu tidak hanya memiliki satu jenis saja lho. Perbedaan jenis tom yum di Thailand bisa dilihat dari segi ragam usuan, tingkat keasaman dan juga kepedasan yang dihasilkan dari rempah yang berbeda. Daripada penasaran, lebih baik kita langsung lihat apa saja jenis tom yum asal Thailand ini!

 

1. Tom Yum Gong


Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada tom yum gong yang paling terkenal di antara jenis tom yum gong lainnya dan banyak dijumpai di Indonesia. Tom yum gong memiliki tampilan warna yang merah cenderung orange. Tom yum gong asli di Thailand hanya diberi isian udang dan lobster saja, tapi kadang ada juga yang menambahkan ikan dan cumi di dalamnya. Cita rasa pedas sangat dominan pada tom yung gong ini. Ditambah lagi ada tambahan daun ketumbar yang bisa menguatkan rasa.

 

2. Tom Yum Pla


Sumber : Knorr.com


Tom yum pla merupakan jenis tom yum yang berisi daging ikan yang dipotong tebal-tebal lalu dimasak dengan bumbu tom yum merah. Berbeda dengan tom yum gong, kuah tom yum pla lebih encer dan lebih bening sehingga cita rasanya jadi lebih segar. Dalam tom yum pla biasanya terdapat lebih banyak daun ketumbar, sereh, tomat dan juga irisan sereh. Inilah yang membuat aromanya lebih berempah.

 

3. Tom Yum Kai


Sumber : Knorr.com


Tom yum dikenal sebagai kuliner Thailand yang terbuat dari bahan utama seafood, tapi ternyata tidak semua tom yum berisi seafood. Ada tom yum yang terbuat dari daging ayang yang dicampur dengan irisan jamur. Daging ayam yang sudah dipotong-potong kemudian dimasak bersama dengan rebusan kuah dan bumbu tom yum. Pada tom yum kai ada tambahan daun jeruk dan tomat sehingga aromanya wangi dan cita rasanya jadi lebih segar.

 

4. Tom Yum Po Taek


Sumber : Food.mthai.com


Ingin jenis tom yum yang tidak terlalu pedas? Kamu bisa mencoba tom yum po taek yang di dalamnya terbuat dari campuran seafood yang sangat lengkap. Mulai dari cumi-cumi, udang, ikan, dan aneka jenis kerang. Semua jenis seafood yang komplit ini bisa membuat santapan makan kamu jadi lebih bergizi. Berhubung campuran seafood-nya lengkap, untuk menghilangkan bau amisnya, ada tambahan daun ketumbar, daun bawang, sereh dan daun jeruk yang cukup banyak.

 

5. Tom Yum Kha Moo



Sumber : Knorr.com


Terakhir ada tom yum kha moo yang merupakan jenis tom yum dengan kuah segar dan tidak terlalu pedas. Berbeda dengan jenis tom yum yang pada umumnya menggunakan isian seafood, tom yum kha moo menggunakan bahan utama kaki babi dan kikil yang dipotong besar-besar lalu dimasak hingga empuk bersama dengan bumbu tom yum. Inilah yang menjadikan kuah tom yum kha moo memiliki cita rasa yang berbeda dibanding tom yum pada umumnya.
 
Dari kelima jenis tom yum yang ada di atas, kamu pernah mencoba yang mana nih teman PergiKuliner? Kalau kamu jadi ingin menyantap menu tom yam setelah membaca artikel ini, kamu bisa datangi beberapa tempat makan di bawah ini ya!

Ying Thai

Foto Ying Thai

Thai Alley

Foto Thai Alley
Foto Thai Alley

Santhai

Foto Santhai

Trat Thai Eatery

Foto Trat Thai Eatery
Foto Trat Thai Eatery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?