Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Cicipi 7 Macam Soto Asli dari Indonesia Ini!

List Artikel
2 Juli 2015 | 0 Komentar
Kamu pasti tahu kan makanan berkuah yang satu ini? Soto memang bisa ditemui di berbagai daerah. Tetapi, beda daerah akan beda pula rasa sotonya. Beragamnya kebudayaan di Indonesia ternyata mampu membuat satu jenis kuliner tercipta dengan beragam rasa berdasarkan daerah-daerah yang mempengaruhinya. Rasa autentik soto yang dihasilkan masing-masing daerah tentunya berbeda-beda. Apa aja sih jenis soto asli nusantara yang paling eksis di Indonesia?


1. Soto Betawi



Soto Betawi terkenal dengan rasanya yang gurih. Soto Betawi terkenal akan isinya yang banyak menggunakan jerohan seperti mata, terpedo, dan juga hati. Uniknya, soto Betawi juga sering menggunakan campuran susu sapi dalam kuahnya sehingga terasa lebih gurih dan creamy.


2. Soto Makassar



Soto Makassar adalah masakan khas Makassar yang biasanya lebih sering disebut dengan nama coto Makassar. Coto Makassar biasanya juga menggunakan jerohan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Warna putih kental yang dihasilkan dari kuliner ini ternyata bukan terbuat dari santan kelapa lho. Air yang digunakan untuk merebus jerohan sapi tersebut adalah air bekas cucian beras. Biasanya, coto Makassar disajikan dengan ketupat dan kacang tanah yang telah digoreng.


3. Soto Kudus



Soto Kudus tentu saja berasal dari Kudus. Soto Kudus memiliki cita rasa yang ringan karena tidak menggunakan santan pada kuahnya. Kuahnya yang bening serta tambahan air jeruk limau pada kuahnya membuat soto ini terasa sangat segar. Selain menggunakan daging ayam, soto Kudus terkadang menggunakan daging kerbau. Namun, soto Kudus tidak pernah menggunakan daging sapi sebagai penghormatan umat muslim Kudus terhadap agama Hindu di sana.


4. Soto Banjar



Soto Banjar dulunya banyak dibuat oleh orang-orang dari suku Banjar, Kalimantan Selatan. Cita rasa yang dihadirkan oleh soto Banjar cukup berbeda dengan soto yang berasal dari pulau Jawa. Hal tersebut dikarenakan soto Banjar menggunakan tambahan bahan rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh sehingga aroma serta rasanya terasa lebih kuat.


5. Soto Ayam Ambengan



Soto ayam Ambengan merupakan soto khas dari Surabaya. Soto Ambengan ini kuahnya berwarna kuning pekat, tidak seperti kuah soto kebanyakan. Hal ini dikarenakan soto ayam Ambengan menggunakan kunir dalam pembuatannya. Soto Ayam Ambengan biasanya juga dilengkapi dengan poyah, yakni kerupuk udang yang dihaluskan bersama bawang bawang putih goreng. Poyah tersebut ditaburkan di atas soto sebelum disantap.


6. Soto Medan



Hampir sama dengan soto Betawi, soto Medan menggunakan kuah santan yang kental dan gurih. Soto Medan kebanyakan menggunakan udang sebagai bahan utamanya, bukan daging sapi atau daging ayam. Soto Medan biasanya disajikan bersama perkedel sebagai lauknya. Soto yang satu ini juga biasanya dilengkapi dengan sambal khas Soto Medan yang disajikan dalam piring kecil yang terdiri dari ulekan cabe, kecap, dan bawang goreng.


7. Soto Padang



Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi yang dicampur dengan irisan daging sapi, bihun, perkedel kentang, dan juga kerupuk. Daging sapi yang digunakan dalam soto ini tidak hanya direbus seperti soto kebanyakan. Pada soto Padang, daging sapi direbus kemudian digoreng kering lalu di suwir-suwir sehingga terasa lebih gurih dan legit.

Banyak banget kan ragam soto khas dari Indonesia yang enak-enak banget? Nah, buat kamu yang jadi ngidam soto gara-gara baca artikel ini, berikut rekomendasi soto enak yang ada di Jakarta dari PergiKuliner!

Soto Ayam Lamongan Cak Mun

Foto Soto Ayam Lamongan Cak Mun

Soto Sapi Betawi Lokasari

Foto Soto Sapi Betawi Lokasari
Foto Soto Sapi Betawi Lokasari

Soto Mie Puri H.Darjo

Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo

Soto Kudus Blok M

Foto Soto Kudus Blok M
Foto Soto Kudus Blok M

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?