Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Intip 7 Hidangan Natal Khas Manado yang Dijamin Lezat dan Menggiurkan!

List Artikel
18 Desember 2018 | 0 Komentar
Bulan Desember memang identik dengan hari Natal, para umat Nasrani berbondong-bondong menyambut hari raya tersebut. Nah, cara merayakan Natalnya pun sangat beragam lho. Kali ini kita akan membahas perayaan Natal orang Manado. Biasanya, mereka merayakan Natal dengan membuat pesta besar dan menyajikan beragam makanan enak yang kaya akan bumbu. Apa saja sih makanan khas Natal ala orang Manado? Makanan-makanan ini bisa jadi referensi untuk acara Natal kalian nanti. Yuk disimak!

1. Ayam Rica

Sumber : Pergikuliner.com

Dalam bahasa Manado, rica-rica berarti pedas atau cabai. Pertama-tama ayam dibakar dengan dilumuri bumbu rica-rica terlebih dahulu. Jangan ditanya tentang rasanya karena sudah pasti enak deh! Makanan ini dianggap pantas ada saat Natal tiba, karena rasanya yang pedas sangat menggugah nafsu makan mereka. Terlebih lagi lidah orang Manado yang senang sekali pedas.

2. Paniki


Sumber : Indonesiakaya.com

Dari namanya saja sudah terdengar asing bukan? Sesuai dengan namanya, paniki terbuat dari daging kelelawar. Hah? Seriusan? Iya serius! Tak perlu takut karena sebelum dimasak, daging kelelawar dibakar terlebih dahulu untuk menghilangkan bulu halusnya. Daging kelelewar juga dipercaya sebagai obat lho! Selain lezat, paniki juga dapat menyembuhkan penyakit asma, gatal-gatal, sakit tenggorokan, menambah stamina, dan lain-lain. Paniki paling nikmat disajikan bersama nasi.

3. Tinutuan

Sumber : Pergikuliner.com

Tinutuan atau biasa dikenal dengan bubur  Manado adalah salah satu makanan khas Manado yang tak boleh ketinggalan! Jika dilihat lebih lanjut, Tinutuan sebenarnya tidak bisa dikatakan sebagai bubur karena terdiri dari berbagai macam sayuran seperti labu kuning (sambiki), beras, singkong, bayam, kangkung, daun gedi, jagung, dan kemangi. Bubur Manado ini akan lebih nikmat jika disantap selahi hangat, dengan sambal roa ataupun sambal terasi.

4. Cakalang Fufu

Sumber : Pergikuliner.com

Kalau makanan yang sayu ini berbahan dasar ikan tongkol yang dibumbui, diasap, dan dijepit dengan kerangka bambu. Biasanya disajikan bersama dengan mie cakalang. Namun, cakalang fufu juga dapat disantap bersama nasi hangat dan tentunya sambal roa.

5. Sambal Roa


Sumber : Pergikuliner.com

Orang Manado memang identik dengan makanan pedas. Oleh karena itu tak lengkap jika tidak ada sambal khas Manado yaitu sambal roa. Bahan dasar sambal ini tentulah ikan roa. Sambal roa bisa menjadi pendamping segala makanan agar terasa lebih nikmat dan tentunya pedas.

6. Babi Putar


Sumber : Pergikuliner.com

Seperti namanya, makanan yang satu ini berbahan dasar daging babi. Penyajiannya pun cukup unik karena satu ekor babi utuh dibakar dengan cara diputar di atas bara api lalu diramu dengan bumbu khas Manado. Selain dibakr secara utuh, daging babi tersebut juga dapat disajikan dalam bentuk sate.

7. Klapertart


Sumber : Pergikuliner.com

Siapa bilang makanan Manado semuanya pedas? Ini buktinya! Ada klapertart yang bisa disajikan sebagai makanan penutup di hari Natal. Tak jauh berbeda dengan klapertart pada umumnya, klapertart khas Manado dibuat dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur.

Wah menggiurkan sekali bukan makanan khas Natal dari Manado? Buat kamu yang berasal dari Manado pasti merindukan suasana Natal di kampung halaman. Namun, tak perlu khawatir karena PergiKuliner sudah menyiapkan beberapa rekomendasi restoran Manado untuk mengobati kerinduan kalian lho!

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Rumah Makan Manado by TunaGrill

Foto Rumah Makan Manado by TunaGrill
Foto Rumah Makan Manado by TunaGrill

RICARAJA

Foto RICARAJA
Foto RICARAJA
Foto RICARAJA

Redbox Manadonese Food By BOX Inc.

Foto Redbox Manadonese Food By BOX Inc.
Foto Redbox Manadonese Food By BOX Inc.
Foto Redbox Manadonese Food By BOX Inc.

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?