Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Intip Asal Usul Es Krim Cone Kerucut yang Unik Ini!

List Artikel
14 Juli 2019 | 0 Komentar
Siapa di antara kamu yang tak suka menyantap es krim? Es krim dikenal sebagai kuliner dingin yang sangat cocok disantap saat cuaca sedang terik. Tak hanya itu saja, es krim juga sering dijadikan sebagai mood booster karena cita rasa es krim yang cukup manis sehingga bisa membuat kamu merasa bahagia dan senang saat menyantapnya. Es krim tak hanya memiliki rasa yang berbeda-beda, tapi juga memiliki beragam bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan cara penyajiannya. Ada yang menyajikan es krim dalam wadah mangkuk, es krim dengan roti, es krim batang, es krim cone dan masih banyak lagi. Berbicara tentang bentuk es krim cone, tahukah kamu asal muasal dari diciptakannya bentuk es krim yang unik ini?

Sumber : Pergikuliner.com

 

Es krim cone memang bentuknya bisa dikatakan cukup unik sehingga membuat orang suka menyantapnya. Es krim cone juga sangat identik dengan suasana romantis karena kebanyakan orang yang ngedate alias sedang kencan akan lebih memilih untuk membeli es krim dengan bentuk ini. Konon katanya es krim cone ini sudah ada sejak tahun 1800-an di negara Eropa, yakni Inggris, Jerman, dan Perancis.  Jadi ceritanya sebelum es krim cone ini muncul, es krim dijual dalam mangkuk atau gelas kecil yang berbahan plastik atau kertas. Tapi lambat laun para pemilik kedai es krim merasa kalau penggunaan mangkuk dan gelas kecil ini memiliki masalah dikarenakan pegawai harus mencuci mangkuk atau gelas yang berbahan plastik. Sedangkan untuk mangkuk dan gelas kecil yang berbahan kertas akan menumpuk banyak sampah.


Sumber : Pergikuliner.com

Oleh karena itu, seorang pengusaha es krim bernama Italio Marchiony memiliki ide untuk membuat penampung es krim yang bisa dimakan. Ide itu pun diwujudkan pada tahun 1800-an. Tapi es krim cone yang diciptakan bukanlah bentuk yang saat ini kamu kenal. Es krim cone yang diciptakan Italio Marchiony ini hanya wadah berbentuk kerucut saja dan bagian conenya bukanlah terbuat dari wafel. Usut punya usut, ternyata orang dibalik cone es krim yang terbuat dari wafel adalah Ernest A. Hamwi yang merupakan seorang penjual kue kering dan wafel. Melihat keresahan para pemilik kedai es krim, ia pun membuat wafel kering yang kemudian digulung berbentuk kerucut supaya dapat menampung es krim di atasnya.


Sumber : Pergikuliner.com

Para pengusaha es krim pun menyukai ide Ernest tersebut dan mulai menggunakannya sebagai alas atau wadah es krim yang mereka jual. Begitu es krim cone ini mulai dijual, para penggemar es krim pun langsung menyambutnya dengan gembira dan jenis es krim ini menjadi sangat populer. Resep es krim cone ini muncul pada buku petunjuk masak di Inggris pada tahun 1888. Namun ketenarannya semakin merajelal pada tahun 1940 di Amerika Serikat karena di negara tersebut es krim cone mulai dijual di sana. Cone yang pertama kali dibuat awalnya hanya menggunakan tangan alias menggulung wafel dengan menggunakan tangan. Tapi kemudian dibuatlah mesin penggulung es krim cone sehingga cone yang terbuat dari wafel ini bisa diproduksi secara masal.

Itulah sejarah mengenai es krim cone. Buat kamu yang ingin makan es krim siang nanti, mampir saja ke salah satu gerai es krim di bawah ini!

Gelato Secrets

Foto Gelato Secrets

Orbit Gelato

Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato

Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Vilo Gelato & Coffee

Foto Vilo Gelato & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?