Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Intip Kebiasaan Makan Unik Masyarakat India

List Artikel
19 Desember 2018 | 0 Komentar
India menjadi salah satu negara yang memiliki ragam kuliner yang sangat kaya. Kepopuleran kuliner India di dunia sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Rasanya hampir sebagian besar negara di dunia ini punya restoran India. Bukan tanpa alasan kalau ada banyak orang suka kuliner India, pasalnya cita rasa yang dimiliki sangat unik dan berbeda karena ada banyak bumbu rempah-rempah yang digunakan. Dibalik keanekaragaman kuliner India, ternyata ada beberapa kebiasaan makan unik masyarakat India yang perlu kamu ketahui. Simak satu persatu yuk!



Sumber : Storagegoogleapis.com

 

1. Makan Dalam Satu Wadah Besar

Tradisi makan unik pertama yang dimiliki masyarakat India adalah selalu makan dalam satu wadah yang sangat besar. Berbagai macam hidangan akan disajikan di dalam piring besar yang disebut dengan nama Thal. Sebelum menyantap hidangan yang tersaji, biasanya para anggota keluarga akan duduk mengelilingi piring dan mengoper garam untuk dicicipi. Setelah itu, barulah masing-masing anggota akan mengambil bagian mereka masing-masing. Uniknya lagi, porsi dalam sajian piring besar tersebut disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga sehingga tidak ada makanan yang tersisa.

 

2. Makan Dengan Menggunakan Tangan

Masyarakat India mendapat pengaruh tradisi yang sangat besar dari negara Timur Tengah. Jadi jangan heran kalau kuliner nasi dimasak dengan matang, cenderung agak perah. Berhubung nasinya perah, maka cara memakannya lebih enak dengan menggunakan tangan. Kebiasaan makan dengan tangan ini ada dalam salah satu naskah ilmu kesehatan kuno India sehingga sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun. Dengan makan menggunakan tangan, kita akan lebih peka terhadap terhadap tekstur, rasa dan aroma makanan.

 

3. Jamuan Makan 36 Hidangan

Selanjutnya ada jamuan makan dengan 36 hidangan yang dinamakan dengan nama wazwan. Wazwan ini selalu dilakukan ketika ada perayaan besar dan upacara tertentu seperti pernikahan. Wazwan merupakan tradisi dari daerah Kashmir, India Selatan yang menyajikan berbagai hidangan khas Kashmir sebagai bentuk seni dan kebanggaan terhadap budaya serta identitas mereka. Sebelum mulai menyantap hidangan, jamuan diawali dengan ritual mencuci tangan terlebih dahulu. Nantinya pelayan akan membawa bejana khusus dan berkeliling untuk memudahkan para tamu saat mencuci tangan. Hidangan yang disajikan biasanya nasi berbumbu, kebab dan kari yang diletakkan di atas piring dengan hiasan ukiran.

 

4. Nasi Disantap dengan Yoghurt

Terakhir ada nasi yang disantap dengan menggunakan yoghurt. Kamu pasti akan merasa heran mendengarnya karena biasanya yoghurt justru disantap dengan aneka buah-buahan segar. Tradisi makan unik ini bisa kamu temukan di wilayah Timur Laut India. Biasanya masyarakat di sana akan menyantap menu sarapan berupa campuran nasi dari berbagai daerah di India yang dicampur dengan dadih, yoghurt dan gula merah. Menu sarapan tersebut biasanya disajikan bersama dengan secangkir teh hangat.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan kebiasaan makan di India yang ternyata sangat unik? Jadi jangan heran lagi ya sekarang dengan kebiasaan tersebut. Buat kamu yang ingin coba mencicipi kuliner India tersebut bisa langsung saja datang ke tempat-tempat di bawah ini ya!

D' Bollywood

Foto D' Bollywood
Foto D' Bollywood
Foto D' Bollywood

Little India Restaurant

Foto Little India Restaurant
Foto Little India Restaurant
Foto Little India Restaurant

Babooji

Foto Babooji
Foto Babooji
Foto Babooji

Roti Prata Tamarind

Foto Roti Prata Tamarind

Roti Cane Ibu Gandhi

Foto Roti Cane Ibu Gandhi
Foto Roti Cane Ibu Gandhi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?