Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Intip Makanan yang Sesuai Dengan Golongan Darahmu!

List Artikel
3 September 2015 | 0 Komentar

Taukah kamu bahwa ternyata setiap golongan darah memiliki kecenderungan yang mempengaruhi setiap pribadinya? Bukan hanya karakter saja, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan tiap tipe darah lho. 


Nah, seperti kata pepatah bijak yang mengatakan “kamu adalah apa yang kamu makan”, demikian juga ada makanan yang wajib dikonsumsi oleh setiap golongan darah agar tubuh menjadi lebih fit serta tidak mudah terserang penyakit. 


Berikut ada beberapa uraian tips yang dapat kamu terapkan dalam rangka membentuk pola makan yang sesuai dengan porsi tubuh. Disamping itu, tips ini dapat juga diterapkan untuk membangun pola diet yang baik bagi setiap tipe darah. Yuk kita kepoin!

 


Sumber: whatsmybloodtype.org

 

Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A memiliki tingkat asam lambung yang rendah. Hal ini yang menyebabkan tubuhnya sangat sulit untuk mencerna dan memetabolisme daging dan lemak. Oleh karenanya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan protein hewani dan kandungan lemak tinggi karena akan menumpuk banyak lemak dalam tubuh. 


Nah, makanan yang wajib dihindari adalah daging merah, daging bebek, hidangan laut (cumi-cumi, udang, lobster), keju, susu, dan es krim. 

Sebaliknya, golongan darah A lebih baik menjadi vegetarian yang mengonsumsi protein nabati seperti kedelai, biji-bijian, kacang, serta berbagai jenis sayuran.


Di samping itu buah yang baik untuk dikonsumsi golongan darah ini adalah buah-buahan yang mengandung Alkali seperti apel, berry, dan peach. Sementara buah yang harus dihindari yaitu jeruk dan mangga, karena tidak berpengaruh baik pada pencernaan.

 



Sumber: whatsmybloodtype.org

 

Golongan Darah B

Dibandingkan dengan tipe darah A, golongan darah ini lebih fleksibel terhadap berbagai jenis makanan. Golongan darah B dapat menerima asupan nutrisi dengan protein hewani dan juga nabati, asalkan tetap disesuaikan dengan kadarnya. Secara tidak langsung, dapat dikatakan bahwa golongan darah B memiliki fisik dan antibodi yang paling kuat diantara semua golongan. Oleh karena itu, tipe B umumnya jarang terserang penyakit.


Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari bagi tipe darah ini adalah sayuran hijau, daging kambing, dan daging kelinci. Golongan darah B juga dapat mengonsumsi susu rendah lemak. 


Sementara makanan yang wajib dihindari adalah daging ayam, karena kandungan Lektin yang terdapat pada ayam memiliki dampak buruk bagi tubuh. Selain itu, hindari juga konsumsi berlebihan terhadap jagung, gandum, kacang, tomat, dan wijen, karena dapat berpengaruh pada metabolisme dan hipoglikemia.


 


Sumber: whatsmybloodtype.org

 

Golongan Darah AB

Diantara tipe darah lainnya, golongan AB merupakan tipe yang paling mudah menyesuaikan dengan berbagai jenis makanan. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi makanan seimbang yakni sayur dan daging akan membuat golongan darah ini menjadi lebih sehat. 


Tipe darah yang menjadi perantara golongan A dan B ini diwajibkan mengonsumsi makanan laut, daging kelinci, teh hijau, dan keju Ricotta. Sementara untuk buah-buahan yang dianjurkan yaitu jambu biji, pir, dan melon.





Sumber: whatsmybloodtype.org

 

Golongan Darah O

Golongan darah yang paling umum ditemukan ini termasuk dalam tipe darah yang memiliki asam lambung tinggi. Sehingga, tubuhnya mampu untuk menghancurkan protein dan lemak dengan mudah. 


Oleh karenanya, untuk tipe darah ini dianjurkan mengonsumsi makanan dengan protein tinggi seperti makanan laut, daging sapi, daging ayam, daging domba, telur, biji-bijian, serta olahan dari kedelai yakni tempe, tahu, dan susu kedelai. 


Sementara itu, hindari mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak lektin seperti jamur, terong, tauge, kubis, dan kembang kol.

Sebagai pengecualian dari golongan darah lainnya, tipe O ini memiliki alergi pada bahan makanan tertentu, yakni susu dan produk gandum yang mengandung gluten. Hindari pula mengonsumsi kafein karena memiliki pengaruh yang kurang baik bagi sistem pencernaan.


Dharma Kitchen

Foto Dharma Kitchen
Foto Dharma Kitchen
Foto Dharma Kitchen

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Frankfurter Hotdog and Steak

Foto Frankfurter Hotdog and Steak
Foto Frankfurter Hotdog and Steak
Foto Frankfurter Hotdog and Steak

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai makanan yang sesuai dengan golongan darah. Mau coba menerapkan?


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?