Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Kenalan dengan 5 Kopi Asal Sumatera yang Paling Fenomenal

List Artikel
5 Oktober 2019 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu komoditi dagang terbesar yang ada di Sumatera. Tak hanya diperdagangkan di Indonesia saja, kopi asal Sumatera ini juga sudah mendunia. Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia ini dan Sumatera menjadi salah satu pulau penghasil kopi terbaik di Indonesia. Kopi asal Sumatera ini memiliki ciri khas dan karakteristik yang kuat sehingga mampu bersaing dengan kopi-kopi dari daerah lainnya. Di Sumatera secara umum, spesies kopinya terbagi menjadi dua bagian, yakni kopi robusta yang rasanya lebih netral dan kopi arabika yang rasa kopinya lebih bervariasi. Tapi kalau kita lihat dari daerah asalnya, kopi Sumatera terbagi menjadi banyak varian. Dari sekian banyak varian kopi Sumatera ini, ada lima yang paling fenomenal dan dicari banyak orang karena cita rasanya yang lezat, yaitu:



 Sumber : Pergikuliner.com


1. Kopi Gayo Aceh

Pertama ada kopi gayo Aceh yang sudah pasti berasal dari Aceh. Kopi ini menjadi kopi Sumatra yang paling banyak dicari oleh pecinta kopi. Kopi gayo Aceh memiliki jenis kopi arabika dan banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi seperti Tanah Gayo, Gayo Luew dan Aceh Tenggara. Kopi gayo Aceh memiliki karakteristik rasa kopi yang cenderung nutty dan buttery dengan aroma yang sangat kuat dan aksen spice. Untuk tingkat keasamannya cukup rendah sehingga aman diminum oleh orang yang menderita gangguan lambung. Bodynya sedang dan after tastenya bersih.

 

2. Kopi Sindikalang

Berikutnya ada kopi Sindikalang yang berasal dari kecamatan Sindikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Di daerah ini kopi jenis arabika paling banyak diproduksi. Kopi Sindikalang memiliki harga jual yang terbilang cukup tinggi karena memang cita rasanya sangat lezat. Kopi Sindikalang mengandung kafein yang kuat dengan cita rasa yang tebal, tingkat keasaman tinggi, serta aroma yang spicy tapi sweet. Untuk cita rasanya tak jauh berbeda dengan jenis kopi Sumatera lainnya yakni ada rasa fruity dengan tambahakan rasa cokelat, mild dan citrus.

 

3. Kopi Mandailing

Lanjut ke kopi Mandailing yang diproduksi di daerah Mandailing Natal, Kabupaten Pakantan, Sumatera Utara. Jenis kopi Mandailing adalah kopi arabika sehingga cita rasanya bervariasi. Untuk menghasilkan kopi Mandailing yang berkualitas, biji kopi ini harus ditanam di atas ketinggian permukaan laut sekitar 1.200 kaki. Untuk cita rasanya, kopi Mandailing punya cita rasa dan aroma yang sangat kuat. Tingkat keasamannya rendah dengan aroma floral dan after taste yang manis. Bodynya cukup kental dengan perpaduan rasa manis dan asam yang pas.

 

4. Kopi Lampung

Kopi lampung juga sangat terkenal di kalangan pecinta kopi. Jenis kopi yang berasal dari Lampung ini banyak ditanam di perkebunan yang ada di Lampung Tengah, Lampung Barat dan Tanggamus. Berhubung ada banyak perkebunan di Lampung, maka hampir sebagian besar mata pencaharian masyarakat setempat adalah berkebun kopi. Kopi Lampung ini punya kadar kafein yang sangat tinggi dengan cita rasa agak pahit dan tingkat keasaman yang juga tinggi.

 

5. Kopi Lahat

Terakhir ada kopi lahat yang berasal dari kota Lahat, yakni kota tertua di Sumatera. Kota ini dijuluki sebagai kota tertua karena usianya sudah mencapai 100 tahun. Proses pembuatan kopi lahat ini terbilang cukup lama karena untuk mengeringkan biji kopinya membutuhkan waktu antara 4-6 hari jika cuaca sedang terik. Aroma dari kopi lahat tak jauh berbeda dengan kopi khas Sumatera lainnya yakni kuat dan ada ciri khasnya. Sedangkan untuk tingkat keasamannya terbilang cukup tinggi.

 

Itulah kelima kopi asal Sumatera yang fenomenal. Dari kelimanya ini, menurutmu mana yang paling enak dan sudah pernah kamu coba? Nah, jika kamu tertarik buat menyantap aneka kopi lainnya, silahkan coba salah satunya di bawah ini ya!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

But First Coffee

Foto But First Coffee
Foto But First Coffee
Foto But First Coffee

Hours Coffee & More

Foto Hours Coffee & More
Foto Hours Coffee & More

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?