Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Kenali Fakta STMJ yang Jadi Minuman Laris Kala Hujan

List Artikel
10 Desember 2019 | 0 Komentar

Musim hujan sudah mulai membasahi Indonesia. Biasanya saat musim hujan datang, tak hanya cuaca dingin saja yang bisa kamu rasakan, tapi juga tubuh bisa rentan sakit karena daya tahan tubuh yang menurun. Tak jarang kita terkena masuk angin serta flu. Tak heran kalau saat musim hujan, kita jadi ekstra memperhatikan asupan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Orang cenderung akan menyantap makanan serta minuman yang disajikan dalam keadaan hangat ketika hujan, salah satunya adalah STMJ. STMJ adalah minuman yang merupakan singkatan dari Susu Telur Madu Jahe. Minuman ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan sering diminum di malam hari, terutama saat cuaca sedang dingin setelah hujan. Buat yang belum kenal dengan STMJ, coba kenali dulu yuk beberapa faktanya di bawah ini!

 


Sumber: Kumparan.com


Asalnya dari Malang

Menurut kamu, STMJ itu aslinya minuman dari daerah mana? Pasti banyak yang menjawab kalau STMJ meruapakan minuman tradisional Indonesia yang dimiliki semua daerah. Tapi sebelum menjadi minuman tradisional yang bisa dijumpai di mana saja, STMJ ini sebenarnya aslinya berasal dari kota Malang, Jawa Timur. STMJ sengaja dibuat oleh masyarakat kota Malang karena memang cuaca di sana terbilang cukup dingin, apalagi jika malam hari. Tak peduli sedang musim hujan atau musim kemarau, cuacanya tetap dingin. Untuk menghangatkan badan, maka dibuatkan minuman STMJ ini. Berhubung sangat disukai, maka beberapa pedagang dari daerah lain pun menyertakan STMJ dalam menu minuman mereka karena mudah dibuat.


Aslinya Hanya Terdiri dari 2 Bahan Saja

Awalnya STMJ ini hanya dibuat dari dua bahan utama saja, yakni wedang jahe dan susu. Wedang dalam bahasa Jawa berarti air, jadi wedang jahe berarti air jahe. Air jahe dipilih supaya bisa menghangatkan badan, sedangkan susu bisa untuk menambah tenaga dan menjaga daya tahan tubuh. Tapi berhubung dua bahan ini hanya menciptakan rasa yang biasa saja, maka ditambahkanlah madu dan telur. Penambahan madu dan telur ayam kampung tidak hanya bisa membuat rasanya jadi lebih kaya, tapi juga membuat teksturnya lebih kental, dan pastinya menambah khasiat untuk kesehatan tubuh.


Minuman yang Banyak Khasiatnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, STMJ ini punya banyak khasiat untuk tubuh. Hal ini dikarenakan dalam campurannya terdapat protein, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, dan kandungan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat meminum STMJ di antaranya adalah bisa mencegah masuk angin, menambah kebugaran karena ada campuran madu dan telur di dalamnya, mengembalikan stamina, hingga bisa menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

 

Sudah Jadi Minuman Khas Warkop

STMJ dikenal sebagai minuman yang merakyat. Hal ini dikarenakan STMJ lebih banyak kita jumpai di warung kopi (warkop) kaki lima atau warung indomie yang ada di pinggir jalan. STMJ juga dikenal dengan harga yang sangat murah meriah karena per gelasnya hanya dibandrol dengan harga sekitar Rp10 ribuan saja. Coba saja kamu perhatikan, sangat sulit untuk menjumpai minuman STMJ di kafe atau restoran tertentu bukan?


TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Acaraki

Foto Acaraki
Foto Acaraki
Foto Acaraki

Susu Jahe Merah

Foto Susu Jahe Merah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?