Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Kenali Rasa Khas dari Masakan Yunani!

List Artikel
17 Oktober 2016 | 0 Komentar

Yuk, mengenal negara Yunani melalui makanan-makanannya! Yunani selama ini lebih dikenal turis dengan sebagai tempat wisata, terutama di Athena dimana kamu bisa menemui sebuah pemukiman warga dengan dominasi gedung dan rumah berwarna putih yang sangat cantik. Namun, siapa sangka jika negara yang menjadi pusat peradaban dan sejarah ini, ternyata memiliki banyak sekali masakan khas Mediterania yang lezat dan menggugah selera. Rasanya pun unik dan khas, sekali mencoba pasti kamu merasakan perbedaannya dibandingkan dengan masakan dari negara lainnya. Ingin tahu makanan khas Yunani apa saja yang populer dan bisa kamu temui di Indonesia? Simak penjelasan berikut ini:



1. Moussaka


Sumber: pergikuliner.com


Moussaka merupakan masakan khas yunani yang terbuat dari pasta panggang yang berisi terong, daging sapi cincang, dan potongan kentang di bagian bawah. Rasanya? Hmm jangan ditanya, tentunya sangat lezat dan mengenyangkan. Moussaka juga dilengkapi dengan saus tomat dan taburan keju di atasnya sehingga rasanya sangat gurih, unik, dan akan membuatmu ketagihan.



2. Soulvaki


Sumber: pergikuliner.com


Kalau yang ini namanya Souvlaki, yakni masakan khas Yunani yang bentuknya menyerupai sate dan ada pula yang disajikan dalam bentuk sandwich biasanya dibungkus dengan roti pita dan ditambahkan sedikit kentang goreng, sehingga sepintas menyerupai kebab. Souvlaki terbuat dari daging ayam, kambing, sapi, atau udang, sumi, jamur, dan keju. Umumnya Souvlaki disajikan dalam piring besar bersama dengan kentang goreng, jamur, keju, dan berbagai makanan lainnya.



3. Roti Pita


Sumber: piramidafood.com


Selanjutnya, ada roti pita yang merupakan makanan pokok penduduk Yunani. Roti pita terbuat dari tepung yang tidak diberi pengembang. Roti pita ini berbentuk bulat agak pipih dan memiliki rasa tawar. Oleh karena itu, roti pita biasanya dimakan dengan berbagai masakan khas Yunani lainnya, seperti Souvlaki atau Tzaziki.



4. Greek Salad


Sumber: pergikuliner.com


Jika Amerika punya salad, Yunani pun juga punya salad yang terdiri dari potongan tomat, wortel, timun, dan potongan bahan lainnya sebagai pelengkap. Satu hal yang menjadikan salad khas Yunani ini lezat dan berbeda dengan salad pada umumnya adalah penggunaan banyak olive oil, serta ditaburi dengan peterseli dan parutan keju feta, yaitu keju yang berbahan dasar susu domba dan berasal dari Yunani. 



5. Tzaziki


Sumber: twopeasandtheirpods.com


Terakhir, yaitu Tzaziki yang merupakan salad khas Yunani lezat dan menyehatkan. Yup lagi dan lagi salad tetapi salad yang ini beda karena warnanya putih dan berbentuk seperti saus krim yang kental. Tzaziki terbuat dari yoghurt Yunani yang dicampur dengan potongan bawang bombay, oregano, timun, dan olive oil. Tzakiki biasanya dimakan dengan roti pita dengan cara dioleskan di atas potongan roti pita. 


Jadi masakan khas Yunani mana yang menggugah selera makanmu?


Gyros Alley

Foto Gyros Alley
Foto Gyros Alley
Foto Gyros Alley
Foto Gyros Alley
Foto Gyros Alley
Foto Gyros Alley

El Greco

Foto El Greco
Foto El Greco
Foto El Greco

HaloNiko!

Foto HaloNiko!
Foto HaloNiko!
Foto HaloNiko!

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Turkuaz

Foto Turkuaz
Foto Turkuaz
Foto Turkuaz

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?