Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Mengenal 4 Jenis Pepes Khas Indonesia yang Aromanya Menggoda

List Artikel
19 September 2016 | 0 Komentar

Pepes merupakan kuliner khas Jawa Barat yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Pepes yang memiliki nama lain Pais ini menerapkan dua metode memasak sekaligus, yakni mengukus dan membakar. Cara membuatnya adalah bahan utama seperti ayam atau ikan dibumbui dengan bumbu rempah halus lalu ditambahkan daun kemangi, tomat, serta cabai kemudian dibungkus dengan daun pisang, baru kemudian dikukus dan dibakar di atas bara api hingga mengering. Wangi aroma dari daun pisang yang dibakar membuat pepes memiliki citarasa yang khas. Buat kamu yang suka dengan kuliner khas Sunda ini, kamu harus tahu nih empat jenis pepes khas Indonesia, yaitu:



1. Pepes Ikan



Sumber: pergikuliner.com


Pepes yang paling banyak ditemukan adalah pepes ikan. Hampir semua jenis ikan bisa dibuat menjadi pepes seperti ikan mas, ikan patin, ikan kembung, ikan nila, hingga ikan peda. Meski semua ikan bisa dijadikan pepes, ikan yang paling direkomendasikan adalah ikan yang memiliki tekstur daging agak kering setelah dimasak seperti ikan gurame. Pepes ikan sangat lezat disantap dengan nasi timbel panas.



2. Pepes Ayam


Sumber: food.detik.com


Pepes ayam memiliki kadar protein, mineral, dan nutrisi yang sangat tinggi. Ada dua cara memasak pepes ayam, yakni menggunakan ayam potongan yang masih lengkap dengan tulangnya atau menggunakan dada ayam fillet. Meski keduanya memiliki bumbu yang sama, namun pepes ayam potongan lebih gurih karena daging yang menempel pada tulang. Teksturnya juga lebih kenyal. Pepes ayam lebih sering dibuat dengan citarasa pedas.



3. Pepes Tahu



Sumber: pergikuliner.com


Tak hanya ikan dan ayam saja yang bisa dibuat menjadi pepes, tahu yang biasanya digoreng juga bisa dijadikan pepes. Memasak tahu dengan cara dipepes lebih menyehatkan. Tahu yang digunakan dalam pepes tahu adalah tahu putih. Pepes tahu sudah banyak disantap oleh para vegetarian. Tambahkan cabai hijau dan tomat hijau dalam pepes tahu kamu sehingga citarasanya jadi lebih segar.



4. Pepes Jamur


Sumber: islamichere.wordpress.com


Kandungan nutrisi pada jamur tak kalah tingginya dengan ikan dan ayam. Teksturnya yang kenyal dan mirip daging ini membuatnya sering dijadikan bahan baku masakan. Tak hanya masakan China saja, namun juga masakan Indonesia seperti pepes. Penggunaan jamur pada pepes membuat kuliner ini sangat rendah kalori tapi tinggi protein sehingga cocok disantap untuk orang yang sedang berdiet.


Gubug Makan Mang Engking

Foto Gubug Makan Mang Engking

Remboelan

Foto Remboelan

Nasi Uduk Ibu Jum

Foto Nasi Uduk Ibu Jum

Suwe Ora Jamu

Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?