Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Mengenal Berbagai Jenis Coklat!

List Artikel
13 Juli 2015 | 0 Komentar
Coklat merupakan bahan makanan yang diolah dari biji kakao. Kata coklat berasal dari kata xocoatl, bahasa nasional suku Aztec, yang kemudian berkembang menjadi kata chocolate yang berarti minuman pahit. Yup, rasa asli coklat memang pahit, bukan manis seperti kebanyakan coklat yang kita makan dalam olahan dessert. Menurut para ahli coklat, rasa coklat tercipta dari campuran 1.200 macam zat, tanpa satu rasa yang jelas-jelas dominan. Sebagian dari zat itu rasanya pahit dan sangat tidak enak kalau berdiri sendiri. Oleh karena itu, coklat kerap kali dipadukan dengan campuran lain agar rasanya lebih lezat saat dinikmati.


Sumber: Pure Origin

Coklat terbagi menjadi dua jenis yakni couverture chocolate dan compound chocolate. Couverture Chocolate merupakan coklat asli yang mengandung lemak coklat, chocolate mass, dan rasanya cenderung pahit serta harganya cukup mahal. Sedangkan itu, compound chocolate memiliki komposisi yang hampir sama dengan couverture chocolate, tetapi lemak coklatnya digantikan oleh lemak nabati lainnya yang lebih ekonomis seperti minyak kelapa atau soya. Compound chocolate ini lebih banyak digunakan dalam dunia kuliner karena harganya lebih murah.


Sumber: Playbuzz

Chocolate compound sendiri terdiri atas 3 jenis. Yang pertama adalah dark chocolate yang berwarna coklat pekat. Rasa coklat pada dark chocolate lebih terasa pekat karena tidak mengandung susu. Coklat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lainnya. Jenis chocolate compound lainnya adalah milk chocolate yang berwarna coklat muda. Coklat yang satu ini merupakan campuran dari gula, kakao, coklat cair, susu, dan vanila. Yang terakhir adalah white chocolate yang berwarna putih. Jenis coklat yang satu ini mengandung coklat dan cacao butter. Rasa white chocolate paling manis jika dibandingkan dengan kedua jenis coklat tadi.

Nah, jenis coklat mana yang paling jadi favoritmu? Cobain yuk coklat-coklat yang ada di tempat-tempat makan ini!

Cinnamon - Mandarin Oriental Hotel

Foto Cinnamon - Mandarin Oriental Hotel
Foto Cinnamon - Mandarin Oriental Hotel
Foto Cinnamon - Mandarin Oriental Hotel

Cacaote

Foto Cacaote
Foto Cacaote
Foto Cacaote

Bakerzin

Foto Bakerzin
Foto Bakerzin
Foto Bakerzin

Amber Chocolate Bar

Foto Amber Chocolate Bar
Foto Amber Chocolate Bar
Foto Amber Chocolate Bar

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?