Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Pelajari Karakteristik Cita Rasa Makanan dari 5 Negara Kuliner Ini!

List Artikel
16 Januari 2020 | 0 Komentar

Pernah tidak ketika kamu tidak mencicip suatu masakan dengan mata tertutup, kamu bisa dengan mudah menebak dari mana asal negara masakan tersebut. Di beberapa negara, makanan seolah menjadi jati diri suatu bangsa. Hal ini dikarenakan cita rasa masakan yang disajikan sangat menonjol dan berbeda dengan masakan-masakan dari negara lainnya. Cita rasa yang dihasilkan tentu saja dihasilkan dari bumbu, rempah, hingga bahan yang digunakan. Misalkan saja, Indonesia sangat identik dengan kuliner yang rempahnya sangat melimpah karena rata-rata dalam satu masakan saja, kita bisa menggunakan minimal lima macam bumbu serta rempah yang membuat cita rasanya punya karakteristik yang autentik dan mudah dikenali. Beberapa rempah yang banyak digunakan di Indonesia selain bawang dan cabai adalah ketumbar, jinten, pala, jinten, lengkuas, kencur dan masih banyak lagi. Selain Indonesia, ada setidaknya lima negara yang masakannya punya karakteristik tersendiri sehingga mudah dikenali, yaitu:

 

1. Italia



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada Italia yang kulinernya sudah dikenal seantero dunia. Kuliner Italia ini sebenarnya punya dua karakteristik. Pertama yang identik dengan warna merah dan yang satu lagi identik dengan warna putih. Untuk kuliner Italia yang berwarna merah ini terbuat dari campuran tomat. Sementara yang berwarna putih terbuat dari campuran susu atau krim. Meski beda warna, tapi sebenarnya karakteristik cita rasanya tak jauh berbeda karena rempah yang digunakan itu-itu saja seperti daun basil, oregano, dill dan parsley. Rempah-rempah tersebutlah yang membuat aromanya hampir serupa.

 

2. Korea



Sumber : Pergikuliner.com


Untuk karakteristik cita rasa makanan dari negeri ginseng ini pasti kamu sudah tahu. Korea punya karakteristik makanan yang cenderung agak pedas. Hal ini bisa kamu lihat dari warna makanannya yang kebanyakan berwarna merah. Meski demikian teksturnya tidak terlalu padat atau kental sehingga terasa menyegarkan. Tingkat kepedasannya juga tidak sepedas masakan Indonesia karena Korea menggunakan bubuk cabai, bukan cabai rawit seperti orang Indonesia. Selain cita rasa pedas, makanan Korea juga dikenal punya varian warna-warni yang cerah saat disajikan.

 

3. Jepang



Sumber : Pergikuliner.com


Beralih ke makanan Jepang. Meski sama-sama berasal dari Asia Timur, tapi makanan Korea dan Jepang punya karakteristik yang berbeda. Makanan Jepang punya karakteristik yang lebih ringan bumbunya. Makanan Jepang kebanyakan memiliki campuran bahan yang lengkap antara protein dan sayuran sehingga sangat cocok untuk kamu pecinta makanan sehat. Kebanyakan makanan Jepang juga menggunakan ikan dibanding ayam atau daging. Bumbu yang digunakan pada makanan Jepang juga tidak terlalu banyak dan ribet sehingga cita rasanya light.

 

4. Thailand



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada makanan Thailand yang seperti kamu ketahui punya karakteristik yang pedas, gurih, asam, dan asin. Makanan Thailand memang punya bumbu rempah yang sangat kaya dan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan Indonesia. Hanya saja, karakteristik makanan Thailand cenderung lebih asam dan segar, apalagi untuk kuliner berkuahnya. Ada satu bahan yang sering digunakan di makanan Thailand, tapi jarang digunakan pada makanan Indonesia yakni daun ketumbar. Inilah yang menjadikannya punya ciri khas khusus.

 

5. India



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada India yang punya karakteristik cita rasa makanan sangat kuat jika dibandingkan dari keempat negara di atas. Ketika mendengar nama negara India, kuliner yang terbayang pastilah kare. Selain kare sebenarnya masih ada makanan khas India lain yang teksturnya kental dan berbumbu. Kebanyakan makanan India memiliki warna kekuningan cenderung merah. Sementara untuk cita rasanya agak berat karena banyak rempah yang digunakan dan tidak terlalu pedas.


Itulah beberapa negara yang punya karakteristik cita rasa makanan yang khas sehingga kamu bisa dengan mudah mengenalinya. Daripada penasaran, mari cicipi dulu yuk salah satunya!

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Queen's Tandoor

Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Jittlada Restaurant

Foto Jittlada Restaurant
Foto Jittlada Restaurant
Foto Jittlada Restaurant

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?