Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Perbaiki Suasana Hati Dengan 6 Makanan Penambah Mood

List Artikel
3 Mei 2017 | 0 Komentar

Perubahan mood atau suasana hati wajar terjadi pada setiap manusia, namun menjadi tidak wajar jika hal tersebut sudah keseringan alias moody. Ada banyak hal untuk mengatasi masalah moody, diantaranya adalah mendengarkan musik favorit dan menghindari hal-hal yang bisa membuat kita mudah stress. Disamping itu, pemilihan makanan yang tepat untuk menambah mood ternyata bisa juga dilakukan sebagai alternatif lain. Dengan begitu, tubuh akan merespon lebih cepat karena biasanya sehabis mengkonsumsi makanan penambah mood, suasana hati kita akan merasa lebih baik. Berikut ini adalah 6 makanan penambah mood yang bagus untuk kita konsumsi:


1. Coklat


Sumber: Pergikuliner.com


Jika kamu beranggapan bahwa coklat hanya sekedar makanan manis, maka kamu salah besar. Sebab coklat terutama dark chocolate memiliki fungsi yang dapat melepaskan endorphin dan meningkatkan serotonin pada otak. Sehingga manfaat yang dihasilkan adalah perasaan bahagia akan muncul ketika kamu memakannya. Manfaat lainnya dari coklat ialah mampu mencegah hormon stres, meningkatkan fungsi kognitif otak, mencegah penyakit alzheimer dan demensia, serta berhasil meningkatkan mood kamu dalam hitungan menit saja. Intinya, semakin gelap warna coklat yang kamu konsumsi, maka akan semakin bagus manfaatnya.


2. Teh Hijau



Sumber : Pergikuliner.com


Daun teh telah dimanfaatkan selama ratusan tahun oleh orang Jepang karena dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya ialah green tea atau teh hijau sangat kaya akan antioksidan, asam amino, dan L-theanine yang bermanfaat untuk menambah mood dan mengurangi tingkat stress. Apabila teh hijau dikonsumsi secara teratur yakni minimal satu cangkir setiap hari maka akan memberikan perasaan bahagia secara keseluruhan. Disamping itu, kandungan L-theanine pada green tea diyakini mampu meningkatkan daya ingat dan fokus.


3. Blueberry



Sumber : Pergikuliner.com


Siapa yang tak kenal dengan buah blueberry? Warnanya yang cantik ternyata tak hanya kaya akan antioksidan tetapi juga mengandung zat anti depresi. Diketahui kandungan antioksidan pada buah ini dapat membantu fungsi kognitif dan merangsang produksi hormon bahagia. Alhasil, mood kamu akan meningkat dalam sesaat. Dengan kata lain, memperbanyak konsumsi blueberry setiap harinya maka akan semakin bagus untuk memperbaiki mood kamu. Jadikanlah buah blueberry sebagai camilan sehat kamu saat menonton tv atau sedang merasa sedih.


4. Kacang Kenari



Sumber : Fakta.co.id


Fakta gizi menyebutkan bahwa kacang kenari memiliki kandungan lemak esensial paling banyak diantara jenis kacang lainnya. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi kamu yang ingin meningkatkan mood atau suasana hati. Mengkonsumsi sepuluh biji kacang kenari setiap hari dapat mempromosikan kesehatan dinding sel sekaligus menurunkan kadar kolestrol. Ini secara otomatis juga akan membantu kamu dalam meningkatkan sirkulasi darah, mencegah depresi dan memberikan rasa bahagia sepanjang hari.


5. Pisang

 


Sumber : Manfaat.co.id


Dibalik manisnya buah pisang ternyata tersimpan senyawa triptofan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Kadar serotonin inilah yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan mood. Tak hanya sampai disitu, senyawa triptofan juga bisa digunakan sebagai obat insomnia, depresi, dan mengurangi tingkat kecemasan. Sehingga tak hanya akan membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik, pisang pun akan membantu kamu memperoleh tidur malam yang lebih nyenyak.


6. Daging Unggas



Sumber : Pergikuliner.com


Banyak dari kita yang sering menyantap daging unggas tanpa mengetahui manfaatnya. Padahal daging unggas yang termasuk daging ayam, bebek, dan burung ini justru memiliki jumlah senyawa triptofan yang sangat tinggi. Sama halnya dengan pisang, senyawa triptofan ini juga berfungsi untuk meningkatkan kadar serotonin. Selain itu, dalam daging unggas terdapat pula tirosin yaitu senyawa yang dapat memperbaiki suasana hati kamu. Itulah sebabnya menyantap daging unggas secara rutin akan mengoptimalkan manfaat dari tirosin yakni untuk meningkatkan mood dan mencegah depresi.


Nah, itu dia tadi beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan suasana hati kamu. Tertarik untuk mencoba beberapa makanan di atas untuk mengatasi suasana hati kamu yang lagi nggak baik? Kunjungi aja tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Koultoura Coffee

Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee

Pak Qomar - Bebek & Ayam Goreng

Foto Pak Qomar - Bebek & Ayam Goreng
Foto Pak Qomar - Bebek & Ayam Goreng
Foto Pak Qomar - Bebek & Ayam Goreng

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Nokcha Cafe

Foto Nokcha Cafe
Foto Nokcha Cafe
Foto Nokcha Cafe

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah Jakarta, Surabaya dan sekitarnya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?