Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Simak, 3 Tren Kopi di Indonesia dari Masa ke Masa

List Artikel
16 Agustus 2016 | 0 Komentar
Tak hanya fashion yang memiliki tren, dalam bidang kuliner juga mempunyai tren tersendiri khususnya kopi. Tren kopi di Indonesia dari tahun ke tahun selalu berubah. Jika dahulu kopi hanya berupa kopi hitam dengan satu rasa saja, sekarang kamu bisa menemukan lebih dari 20 varian jenis kopi yang dijual di Indonesia. Hingga kini, tren kopi di Indonesia bisa kita kelompokkan menjadi tiga menurut tahunnya, yakni:


Sumber: pergikuliner.com

Sebelum Tahun 2000
Percaya atau tidak, sebelum tahun 2000 kopi bubuk yang diseduh ternyata dicampur dengan jagung yang dinamakan jitu. Jitu berasal dari bahasa Jawa ‘siji pitu’. Siji berarti satu dan pitu berarti tujuh yang melambangkan perbandingan kopi dengan jagung yakni 1:7. Percampuran kopi dengan jagung dilakukan untuk menekan biaya produksi karena harga kopi pada saat itu masih cukup mahal, terutama kopi Arabika. Sebelum tahun 2000 juga tak banyak kedai kopi seperti sekarang sehingga kopi banyak dijual dalam bentuk kemasan. 

Setelah Tahun 2000
Pada tahun 2000, kopi mulai mengalami perubahan yang signifikan karena produksi kopi tidak lagi dicampur dengan jagung. Hal ini karena harga jual kopi menurun sehingga harganya sama dengan harga jagung. Akibatnya banyak pabrik kopi yang mengubah komposisi kopi racikannya dengan tidak menggunakan jagung. Meski begitu, tren minum kopi belumlah ramai sehingga kopi yang dijual dalam kemasan masih menjadi favorit. 

Setelah Tahun 2010
Lewat dari tahun 2010, kopi mulai menjadi tren dalam gaya hidup masyarakat perkotaan. Minat anak muda untuk mempelajari kopi juga semakin tinggi sehingga banyak yang membuka kedai kopi dengan speciality coffee yakni kopi dengan aroma dan rasa yang istimewa. Beragam inovasi kopi pun dihadirkan, mulai dari inovasi rasa serta penyajian yang beraneka ragam. Aneka kedai kopi pun selalu ramai oleh pengunjung terutama ketika akhir pekan.

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Koultoura Coffee

Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?