Foto Profil imanuel arnold

imanuel arnold

60 Review | 43 Makasih
Level 8
Kopi
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 4.0  
    Mujigae [ Cihampelas, Korea ]

    Your safe bet for korean dishes

    Makan malam di hari minggu nan santai gue cobain makan di Mujigae Ciwalk. Mujigae ini lokasinya luas dan didukung dengan konsep Ciwalk yang menempatkan tenantnya di lokasi yang semi outdoor, jadi menghadirkan pengalaman yang meriah dan menyenangkan buat menyusuri mujigae ini. Tempatnya sendiri dua tingkat, tingkat pertama gak terlalu luas, tapi tetap cozy, sedangkan tingkat kedua luas dan mejanya juga banyak, pas nih buat makan group sambil main board games dan sebagainya. Malam itu pilihan makanan jatuh pada Kimchi Cheese Bokumbap aka nasi goreng kimchi dengan melted cheese, selain itu gue juga coba menu baru yaitu Rose Creamy Pasta yang pada dasarnya adalah pasta dengan saus creamy seperti carbonara dengan warna merah jambu dan tambahan topokki. Bokumbapnya bikin gue teringat akan pertama kali nyobain nasi goreng korea sejenis ini, awalnya berasa aneh ketemu nasi goreng dengan tekstur yang agak lembek. Penyajian Bokumbap ini menggunakan semacam panci kecil yang dibawahnya menyala api kecil, cukup untuk menghantarkan panas dan melelehkan kejunya. Cara makannya pun seru, jadi kita ratakan nasi goreng kimchinya, tunggu panasnya cukup, dan kemudian aduk bersama kejunya sehingga nasi gorengnya bertekstur lebih padat dan sedikit lengket karena keju. Rasa dari Bokumbapnya juga menyenangkan, rasa nasi goreng kimchi yang light dan segar dipadu sedikit potongan daging dan telur yang gurih jadi middleground tersendiri. It wasn't spectacular, but still a nice meal for the night. Kemudian, ada Rose Creamy Pasta yang rasanya mirip dengan spaghetti dengan saus carbonara dengan rasa yang lebih light dan warnanya merah jambu. Untuk rasa, notes yang menonjol adalah di rasa yang creamy dan tekstur yang cukup kental dengan sedikit hint parsley. Tekstir pastanya juga oke, aman kalau disebut al dente, masih firm dan tidak loyo alias overcooked. Kesan pertama dari pastanya adalah familiar, dengan rasa creamy yang aman dan topping smoked beef menjadikannya pilihan aman buat semua orang. Di sisi lain , ada beberapa notes yang perlu diperhatikan selain creaminess, misal penggunaan herbs dan bumbu lain yang bisa complement creaminessnya dengan baik. Selain itu penggunaan topokki dalam menu ini juga bisa membuat bias akan 'tepung' mana yang perlu kita fokuskan, dan bahkan bisa digantikan dengan topping lain yang sedikit lebih serasi. Again, makananya sangat comfort food, but it wasn't something that raised the bar. Dan untuk minumannya, Jeju Orange Tea jadi minuman yang kita pilih. Rasa dari tehnya sendiri di tegukan pertama masih mirip dengan lemon tea, tapi kemudian jadi sedikit lebih manis dan harum dari orange marmaladenya.

    Overall, Mujigae adalah tempat untuk bersantap hidangan korea yang harganya bisa dibilang affordable dan entertaining dengan dekorasi interiornya yang fresh. Dengan citarasa yang disesuaikan dengan lidah orang indonesia, Mujigae adalah pilihan aman dalam bersantap ala korea.

    Menu yang dipesan: Kimchi cheese bokumbap, Rose Creamy Pasta, jeju orange tea

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Sagoo Kitchen [ Sukajadi, Indonesia ]

    Strong hint of nostalgia

    Tempat ini menurut gue adalah tempat yang sering terlewatkan, tapi tetap asik buat disambangi, apalagi kalo gak ada ide buat makan apa. Hal yang khas dari Sagoo Kitchen adalah interior dan brandingnya yang kental dengan uncur cina peranakan, plus desain dan dekorasinya yang sangat vintage dan tempo doeloe. Menunya sendiri juga tipikal menu sederhana yang rumahan seperti tahu pong, nasi goreng, dan layaknya menu-menu peranakan semacam itu. Tipe menu rumahan oldschool yang biasa kita temui sewaktu acara-acara keluarga besar. Gue makan Kwetiau Goreng Apollo saat makan siang, yang membedakan dengan kwetiau goreng lainnya adalah karena secara bawaan, kwetiau goreng ini dimasak dengan bumbu yang spicy, jadinya memang citarasa pedas menyeruak dari seporsi kwetiau goreng yang toppingnya terdiri dari orek telur, tauge, beberapa potong udang. Untuk porsi dari Kwetiau Apollo, porsinya lumayan besar, tapi buat gue sendiri pas lah untuk seorang. Rasanya juga enak dan tetap familiar, mirip kwetiau goreng di penjual nasi goreng gerobakan yang biasa keliling di komplek, hanya saja ini lebih pedas. Selain itu tauge dan udang jadi twist tersendiri yang menempatkan masakan ini di batas antara kwetiau goreng yang merakyat, dengan kwetiau goreng resto dengan sentuhan oriental yang sedikit greget.
    So far gue enjoy setiap kunjungan ke sagoo kitchen dimanapun itu, bukan karena semua makanan ini enak luar biasa, tapi lebih karena tatanan interiornya yang vintage dan juga menarik untuk dinikmati terutama unsur nostalgia yang kuat sedikit banyak membawa kita ke good old simple times.

    Menu yang dipesan: Kwetiau Goreng Apollo

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.6  
    SEC Bowl [ Pasir Kaliki, Kafe ]

    Better than others

    Selama ini gue adalah salah satu pengabdi salted egg chicken ricebowl, tentu saja kalian sudah tau merk salted egg chicken rice bowl kenamaan dari jakarta yang telah lebih dahulu hadir di Bandung sebelum adanya SEC. Dulu di jakarta temen-temen lebih suka SEC dibandingkan saudaranya, sedangkan gue memang baru coba SEC di jakarta di awal januari 2020 ini. Dan memang rasanya enak, bumbunya lebih berani dan tekstur ayamnya pun merata tepungnya dengan ukuran yang pas buat disuap. Untuk sausnya, rasanya tetep creamy layaknya signature Salted Egg sauce, tapi dengan sedikit herbs yang lebih menonjol seperti curry leaves dan savoury notes yang ringan tapi tetap menggugah. Dari segi konsistensi sausnya juga pas, tidak terlalu kental sampai menggumpal, tapi juga gak watery sampai bikin ayamnya becek. Semua hal tersebut gue dapat dengan sama di outlet baru mereka di kota Bandung ini, senang rasanya bisa mengakses salted egg chicken yang tenar ini beserta menu-menu lainnya. Untuk detil kecil di kecap dan rawitnya juga sedikit beda, SEC terasa lebih generous untuk potongan cabe rawitnya, begitupun dengan kecap asinnya. The important question is: Apakah SEC lebih enak dari saudaranya yang sudah lebih dulu dikenal sebagai brand salted egg chicken? In a way sih iya, tapi lebih karena kalian musti tau apa yang kalian cari, soalnya karakter keduanya serupa tapi tak sama. Terlebih gue beberapa kali menemukan irregularities di potongan ayam(ada tulang mudanya lah) dan saus yang rasanya gak sekonsisten dulu.

    Lebih dari itu, SEC menawarkan pengalaman makan yang berbeda dengan citarasa yang juga cukup segar di kota kembang ini.

    Menu yang dipesan: Salted Egg Chicken Rice

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 2.0  
    PSK (Penggemar Sate Kiloan) [ Puncak, Indonesia ]

    Mengecewakan

    Perlu diketahui kalau PSK disini adalah kependekan dari Penggemar Sate Kiloan, jadi mungkin agak menyesatkan kalau yang kamu cari adalah sate PSK yang lain. Satenya untuk seukuran 72rb per 1/4 Kg bisa dibilang rada mahal sih, apalagi dagingnya masih dicampur ati dan rasanya (maaf) kurang spesial. Bumbu kacangnya cuma terasa asin, apalagi minyaknya berlebihan. Tapi gulainya gurih, kental, dan legit, jadi boleh lah dicoba gulainya. Nasi goreng kambingnya punya porsi yang cukup besar dan daging yang cukup banyak walaupun secara rasa tidak ada yang spesial, malah agak terkesan kurang bumbu dalam racikan nasi gorengnya

    Menu yang dipesan: Gulai Kambing, Sate Kambing, Nasi Goreng Kambing

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Beken BBQ [ Pajajaran, Korea ]

    BBQ on budget

    Tempatnya yang mungil berlokasi di sekitaran Jl Abdurahman Saleh bandung arah ke bandara, disampingya ada alfamart sebagai patokan untuk cari tempat ini. Yang unik adalah konsep BBQ dengan pilihan daging beef atau chicken serta rasa yang pilihannya banyak semisal rica-rica, geprek, tomyum, sampai ke rasa seblak yang unik. Per tray harganya juga terjangkau banget sekitar 12-15 ribu rupiah, dan untuk pengalaman grillingnya sendiri tidak berbeda dari resto-resto lainnya, tetep seru apalagi masak sendiri bisa atur tingkat kematangan untuk beefnya sesuai dengan selera kita. Tidak hanya daging, jamur enokinya juga seru dimasal bersama dengan daging-dagingan bermacam rasa. Perlu diingat walau konsepnya mirip dengan korean bbq, tapi tempat ini lebih berfokus pada bbq dengan rasa nusantara walaupun ada beberapa elemen yang memang menyerupai korean bbq seperti lettuce wrap dan saus ala gochujang. Soal rasa, cukup menyenangkan karena daging-dagingnya sudah dibumbui alias marinated sehingga bisa langsung dimakan setelah matang atau diracik dengan saus dan bawang putih, walau beberapa rasa seperti tomyum contohnya kurang keluar citarasa tomyumnya, tapi tetap hal itu bukanlah masalah besar buat gue. Well so far ini adalah bbq affordable yang seru buat dicoba.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.8  
    Yokiyo [ Pasir Kaliki, Korea ]

    Affordable korean i was surprised of

    Yokiyo ini bisa dibilang salah satu affordable korean food yang lumayan oke di kota Bandung dari sisi harga dan rasa. Tempatnya nyaman dan belokasi di paskal hyper square, di seberang Hejo Lobby Mall Paskal 23. Interiormya yang bermain dengan material kayu dan warna-warna coklat dengan sebagian dinding menampilkan bata membuat suasananya berkelas dan kontemporer. Meskipun ruangannya tidak terlalu besar, tapi paling enggak punya sepuluh table yang masing-masing bisa menampung 4 orang. Menunya cukup lengkap dan beragam. Sampai review tempat ini, gue udah datang dua kali, yang pertama cobain cheese ramyeon sama bibimbap. Buat makan siang kali ini gue pilih paket Yokiyo Dosirak, dosirak sendiri adalah semacam bento versi korea. Menu yang gue pilih kali ini Maneul Ganjang Chicken Dosirak, basically adalah paket nasi dengan potongan ayam fillet goreng saus manis dengan beberapa side dishes, kimchi, telur dadar gulung, dan semacam acar lobak yang dipotong dadu. Buat seharga 30 ribuan sebelum pajak dan termasuk teh jagung Boricha, I got more than what I expected. Tau sendiri kan harga fastfood jaman sekarang berapa?
    Soal rasa, it's okay, bahkan untuk seharga itu gue bisa bilang enak. Tipe makanan comfort food lah, dan cocok buat makan siang atau makan malam. Mereka juga punya paket bbq dimana kita bisa panggang-panggang di meja kita dan kalau gak salah itu termasuk di salah satu menu all you can eat mereka. Yes, you read that right. Yokiyo punya menu All You Can Eat. Tentu saja bakal balik lagi kemari.

    Menu yang dipesan: Mansul Ganjang Chicken Dosirak

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.6  
    Etoile Pastry [ Lengkong, Toko Roti dan Kue ]

    Splendid cake with a hint of japanese style

    Tempat ini selalu menarik untuk dikunjungi setiap gue lewat, dengan jendela kaca yang besar dengan meja dan kursi tinggi yang menghadap keluar layaknya adegan cerita dengan mood mellow di coffee shop. Kue-kue dan kopinya harus banget dicoba, and I must admit that I never expected to come across cakes that tasted so good around this neighborhood.

    Highlight dari gue adalah Roll Cake, Cheese Cake, dan pilihan Choux mereka. Roll Cake bisa gue gambarkan sebagai bolu gulung, tapi ini tekstur kuenya lebih moist dan airy, lebih asik lagi, krimnya yang ada di tengah roll cake itu juga ringan, dan segar dengan aroma vanilla yang milky. In short, their roll cake blew me. Kemudian ada cheesecakenya dengan ukuran yang pas buat ngeteh atau ngopi sore, I'm a big fan of anything cheesy and their take on the cake was splendid. Secara rasa gue suka sama cheesecakenya yang legit tapi tetap ringan, yang unik adalah ada semacam dua layer dalam kuenya: bagian atas adalah permukaan kue dengan tekstur spongey, dan bagian bawahnya adalah kue cheesecake yang creamy. Saat baru banget keluar dari pendingin teksturnya mirip ice cream cake dan agak grainy, biasanya gue akan biarkan di temperatur ruangan dulu buat 10 menit sekalian nyantai.

    Selain itu, ada cemilan yang gurih-gurih. Ada tahu lada garam yang menurut gue bikinnya niat dan dare I say one of the best dari banyak tahu lada garam yang pernah gue cemilin di Bandung. Tahunya crispy karena lapisan tepungnya, bumbunya berasa mantap dan gak overpowering, serta tidak bersimbah minyak layaknya tahu lada garam yang biasa gue temui dengan kondisi berminyak dan asin. Ada juga jamur enoki crispy yang disajikan dengan taburan seaweed, lagi-lagi small details made a difference and that happens to be the plus points of this place.

    Gue tipe orang yang cukup dengan kopi hitam polos atau teh tawar bersama dengan kue pilihan gue. Tapi buat kopi, Kopi Baileys adalah salah satu unggulan di tempat ini bersama dengan Kopi Susu Arennya. Es cokelat baileysnya juga juga nice walaupun gue bukanlah penggemar cokelat, tapi sensasi

    Menu yang dipesan: Vanilla Roll Cake, souffle cheesecake, choux cream, Tahu cabai garam, Es kopi baileys, Es kopi gula aren, es chocolate baileys

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!




  • 4.2  
    Gelato Secrets [ Setiabudi, Es Krim ]

    Not so secret that it's good

    Well it's not really a secret that Gelato Secrets is pretty much one of the best Gelato chain in town. It's not that their gelato is so special and superior among others or anything, but it's rather because they simply deliver a nice-looking and tasting gelato backed up with their cozy outlets. There's another plus, algthought a bit gimmicky they seem to take sustainability to mind with their campaign and partnership giving you this eco-conscious image. My favorite would be their bamboo charcoal with its slightly grainy texture. Another favorites are vanilla, green tea, and salted caramel. Oh and they have sorbet too! I always opt for their fruity sorbet for the hot days.

    Menu yang dipesan: Vanilla, Cheesecake, charcoal

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.6  
    Die Stube Germany Resto & Bar [ Kemang, Jerman ]

    Relaxed vibe & underrated

    n an attempt to get out hands on their pork knuckle, we finally decided to dine here on a sunday night. Situated in a rather old office building in kemang area, this place is safe to say a hidden germany gem for me. The front facade looked quite bavarian with old lamps, warm lighting and wooden window, not to mention the antique wooden door in front. I really appreciate the laidback atmosphere inside, there was also a separation between the smoking area that tends to exudes the bar style, as well as the diner-like non smoking area which fit for tonights dinner with my friends.
    Okay, let's get to the main star here, the pork knuckle. We had it with rosti and creamy spinach as side. Boy oh boy, I was impressed with all of them. Spinach was soft that it took not much of an effort to chew, let alone the indulgent creamyness. Rosti was nice, normally I found this kind of dish as a pan fried potato pancake, but the one i had at Die Stube was crispier, more like semi deep- fried potato pancake that I like. Then, the pork knuckle itself, tasty with crispy skin and just the right mixture of juiciness of the meat and crispiness of the skin. So dare I say that the knuckle was balanced, it was more on the dry side with not much of oily fat which is my favorite. Service was okay, it wasn't super nice, but at the same time not bad. Just okay. Pricewise, considering their target market, was reasonable enough considering one portion of the knuckle could feed us four. Sure thing this will be the place for when i fancy someplace casual and a bit under the radar.

    Menu yang dipesan: Pork Knuckle, peppermint tea

    Harga per orang: > Rp. 200.000
    Makasih Infonya!




  • 4.0  
    HokBen (Hoka Hoka Bento) [ Pasir Kaliki ]

    Ternyata dalemnya seru

    Setelah bertahun-tahun melewati Hokben yang ada di jalan pasir kaliki ini, akhirnya di suatu siang gue memutuskan buat makan di outlet pasir kaliki ini. Parkirannya tidak terlalu besar, tapi paling enggak cukuplah buat menampung 6 mobil, kalo enggak masih bisa parkir pinggir jalan juga. Pas masuk, bagian dalamnya ternyata luas. Area ordernya bisa dibilang cukup besar, area makan yang luas serta didominasi warna putih menghadirkan kesan clean and bright dengan konsep open space, apalagi dekornya juga sudah mulai mengadopsi konsep modern. Kelebihan konsep open space gini adalah kita bisa merasakan angin semilir di siang hari, tapi kalau lagi panas maka kita juga akan harus siap kena udara yang gerah. Selain itu, masih ada juga area semacam saung di bagian outdoor dimana kita bisa makan lesehan ala sunda, yah mungkin karena hokben bandung jadi masih ada unsur budaya kesundaan kali ya, dan ini adalah salah satu hal yang membuat outlet ini unik. Menu gorengan di sini cukup lengkap, bahkan pas gue dateng, lagi ada menu baru berbahan dasar salmon. Untuk menu order gue saat itu tetaplah pada andalan gue, Paket C yang isinya ada shrimp roll, tori ball, dan beef teriyaki. Untuk service, standar hokben pastinya, dan staffnya cukup sabar dengan pilihan makan siang gue yang sempat belum pasti. Bisa dibilang outlet ini adalah one of my favorite hokben outlets in Bandung.

    Menu yang dipesan: Paket C

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.