13 tempat makan yang direkomendasikan.

Braga

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Sawo Coffee

Come across this place while walking in braga, awalnya karena tertarik dengan designnya yang minimalis. Sore-sore gini aku pesen es kopi sawo (24k), ini versi es kopi susu yang lebih creamy. Ini enak banget sih, creamynya dapet banget, kopinya masih berasa dan manisnya pas. Cocok buat yang ga suka kopi terlalu strong. Terus gelasnya pake yang vaccum gitu jadi es yang cairnya ga akan meleber kemana mana. Wifi kenceng enak buat nugas ataupun kerja. Disini gaada makanan berat, tapi ada cakes dan quiche untuk snack.

4.6

Dago Bawah

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Makmur Jaya Coffee Roaster

Sebenernya udah lama sih penasaran sama makmur jaya ini, karena namanya emang kaya toko jualan besi🥲
Awalnya di jalan lengkong, sekarang udah ada cabangnya di sawunggaling dan lemah neundeut. Yang di sawunggaling ini tempatnya oke banget, dari depan ga keliatan plangnya sih tapi seberangnya banget hotel sawunggaling. Interiornya didominasi warna coklat. Adem banget deh liatnya. Aku pesen hot cappucinno (25k), ini smooth dan enak banget. Setiap kita pesen mereka nyantumin beans yang dipakenya apa serta notes dari beansnya dideskripsiin. Wifi agak kurang kenceng sih, kalau banyak yang pake jadi kurang stabil.

4.0

Ciumbuleuit

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

foto makanan di Sejiwa Coffee

Hari ini nyoba ke sejiwa yang di kiputih. Tempatnya supeeeeer cozy, lega dan adem banget. Di bagian depan ada yang jual vinyl dan barang2 vintage. Ada photobooth juga. Seperti biasa kalau di sejiwa pasti pesen chocolate parfait (33k). Es krim vanillanya creamy banget, ga terlalu manis, saus coklatnya tuh homemade, kerasa bedanya, favvv!!!

4.4

Braga

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Little Contrast

Back again to my favorite coffee spot! Kalau lagi pengen kopi susu yang aku udah tau pasti enak, this place is definitely my go to. Kalo kesini pasti pesen es kopi susu cinnamon (28k), yang aku suka rasa cinnamonnya tuh lebih ke cinnamon cookies? Berasa banget tapi tetep ga overpowering sampe nutup rasa kopinya. Pokoknya. Enak. Banget. Baristanya super friendly.
Karena bentuknya kedai, jadi biasanya aku take away aja, minumnya sambil jalan2 di braga. Tapi kalo mau duduk juga bisa, ada tempat duduk buat 2/3 orang.

4.4

Setiabudhi

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Markopi

Malem ini ngerjain kerjaan di markopi setiabudhi. Namanya sih markopi tapi konsepnya justru japanese-y. Interiornya didominasi warna putih, abu dan aksen kayu, simpel dan nyaman. Aku nyoba salah satu signature coffeenya, maco (matcha coffee), harganya 32k. Ini tuh matcha latte ditambah one shot espresso. Surprisingly enak banget, kopinya muncul di awal terus ada transisi ke matcha. Enak banget deh. Wifi works quite well, disini juga ada menu makanan berat, mostly emang japanese foods. Mungkin lain kali bakal balik lagi untuk nyoba makanannya.

4.2

Critical 11

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Kopi Toko Djawa

Jujur dari sekian banyak tempat kopi di bandung, baru sekarang nyoba kopsus di kopi toko djawa, padahal ini salah satu yg paling terkenal. Nyobain yang di critical 11, tempatnya sih ga begitu luas, tapi cukup nyaman dan adem. Interiornya juga bagus sih, one of a kind. Aku nyoba es kopi djawa (20k), mau beli yang kopsus awan tapi belum ready. Disini juga ada snack kaya roti2an gitu tapi lagi ga kepengen. Untuk kopinya cukup strong, aku lebih suka yang creamy, but ok.

4.0

Sukajadi

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

foto makanan di Nomadic

Sore ini nyoba ke nomadic coffee yang ada di jalan jurang. Setelah beberapa kali mau kesini ngga jadi karena selalu rame, apalagi pas weekend. Kebetulan pas dateng hari biasa, ngga terlalu rame. Tempatnya sih cukup luas, adem dan toiletnya bersih.
Heres my verdicts:
1. The journey (28k): ini signature iced coffeenya nomadic, kopinya lumayan creamy, cukup enak
2. Biscoff cheesecake (25k): keliatannya sih ukurannya kecil, tapi ternyata cukup banget buat dimakan sambil nangkring, dan ini enak banget! Ngga bikin eneg, terus cinnamonnya berasa. Pokoknya enak deh.
3. Mac and cheese brulee bomb (24k): untuk harga segini porsinya lumayan banyak, mac and cheesenya super rich, keju banget. Kalau dimakan sendirian tapi bakal eneg sih, jadi harus dishare bareng2.
4. Lucky 4 (35k): ini salah satu signature mocktailnya nomadic, baunya sih agak kaya jamu gitu. Tapi rasanya seger banget!

F&bnya menurutku decent, harganya juga standar coffeeshop di bandung. Oke banget buat dicoba! I might comeback for the biscoff cheesecake karena seenak itu!

4.2

Riau

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

foto makanan di Two Cents

Baru kesini lagi semenjak pindah ke lokasi baru. Sekarang rumah barunya two cents ada di jalan lombok, dan menurutku tempatnya jauh lebih cozy. Ada area outdoor dan indoornya. Untuk menunya sih disini cukup variatif juga but ya price wise agak mahal sih.
Sore ini aku pesen:
1. Vanilla burnt cheese cake (40k): ini burnt cheesecake dengan hint rasa vanilla dan diatasnya ditambah whipped cream dan strawberry compote. Ini enak sih, cheesecakenya tuh light dan ada strawberry compotenya tuh bikin seger. Recommended!
2. Cafe cinnamon mapletini (35k): ini espresso based drink ditambah creamer dan diatasnya ada cinnamon sugar. Ini juga super enak, aku sebenarnya kurang suka coffee tanpa susu tapi surprisingly ini cocok buat aku. Kopinya ga terlalu acidic dan nyaman di perut.
Aku sekarang ngerti sih kenapa tempat ini ga pernah sepi, karena f&b oke, vibesnya juga oke. Recommended!

4.2

Creative Restart Hotel, Lantai 1

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Filosofi Kopi - Creative Restart Hotel

Filosofi kopi ini emang udah lumayan terkenal karena sebelum ada di Bandung lebih dulu ada di Jogja dan Jakarta. Untuk yang di Bandung ini konsepnya lebih ke coffee shop dengan coworking space yang nyaman banget. Lokasinya ada di lobby Creative Hotel, ada di pinggir jalan sebelum belokan ke resort dago pakar jadi aksesnya juga gampang, parkir mobil juga tersedia cukup banyak. Pas pertama masuk aku suka banget sama interiornya yang bernuansa coklat, hitam, dan biru. Areanya cukup luas dan ada area indoor & outdoor. Wifi juga cukup kenceng dan stabil.

Hari ini aku pesen :
1. Salted caramel latte (41k): price wise emang lumayan mahal tapi ternyata sebanding dengan kopinya yang enak. Creamynya dapet, coffeenya cukup strong, dan salted caramelnya emang berasa agak asin, yang memang harusnya seperti ini. I legit enjoyed every sip. Biasanya beli salted caramel latte di tempat lain gaada rasa saltednya sama sekali, tapi disini beda. Ada harga ada kualitas, so kudos for that!

Disini juga tersedia aneka pastry dan makanan berat. Baristanya juga ramah2 banget!
Overall, filosofi kopi ini mungkin bakal sering aku datengin kalau mau wfh karena emang senyaman itu. Recommended!

4.4

Siliwangi Indoor Tennis Courts

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Yumaju Coffee

Malam ini ngopi di yumaju yang di jalan manado. Awalnya aku kurang cocok sama kopi disini karena strong banget kopinya. Ternyata kata temenku ada versi yang lebih di tone down dan lebih creamy.

Jadinya aku pesen:
1. Saferunner latte (25k): ini es kopi susu botolan, tapi kalau kita minum di tempat bisa minta gelas dan es batu. Ternyata ini enak banget, auto masuk salah satu es kopi susu favoritku di bandung. Creamy dan rich. Enak!
2. Matchagato (30k): es krim vanillanya enak dan creamy, untuk saus matchanya menurutku agak terlalu encer, kalau dibikin lebih pekat pasti oke banget.

Kayanya bakal sering ngopi di yumaju lagi, setelah tau ada es kopi susu creamy seenak ini. Vibenya juga enak walaupun kadang kalau lagi rame ya lumayan berisik juga sih.

4.0

Ciumbuleuit

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Kuro Koffee

Awal sih nyoba kuro yang deket rumah dulu alias yang di kbp. Kebetulan lagi di ciumbuleuit jadinya penasaran lah sama coffee shop yang rame dirave sama orang2. Pas kesini lumayan lagi rame banget, area ke dalamnya cukup luas dan ada 2 lantai. Indoor dan outdoor ada tinggal pilih. Wifi juga works well, reliable jadi cocok banget buat kerja.
Untuk kuro yang disini menunya variatif, sampai makanan berat juga ada. Yang aku pesan hari ini :
1. Cold brew white (35k): penyajiannya kopi udah jadi yang botolan, biasanya aku pesen extra ice. Cold brewnya rasanya oke banget, creamynya juga dapet. Recommended!
2. Egg tart (13k): taste wise oke lah, tapi kurang lembur bagian dalamnya.

Aku suka sih sama kuro ini, pantes aja selalu rame tiap2 hari.

4.2

Setiabudhi 45, Lantai 1

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Railway Coffee

Kebetulan udah keluar dari pagi dan mau kerja jadi nyoba untuk kesini. Kebetulan lagi sepi dan enak banget buat kerja. Interiornya simple sih, didominasi aksen kayu dan warna putih. Hari ini aku pesen :
1. Snack platter (42k): isinya ada potato wedges, crispy mushroom, sama chicken wings. I’ve got to say gaada yang fail. Chicken wingsnya crispy, dan matangnya pas. Mushroomnya juga enak, juicy gitu. Potato wedgesnya juga pake bumbu cajunnya enak. Worth it pokonya!
2. Railway signature (20k): es kopi susu yg jadi cult favorite. Creamy, manisnya pas!

Overall recommended! Wifinya works quite well, kualitas f&bnya juga oke.

4.4

Riau

Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

foto makanan di The Kamasan

Selalu suka buat ngopi pagi disini soalnya dengan harga 20k doang bisa dapet es kopi susu sama dimsum. Kali ini coba siomay mozarellanya, menurutku sih dimsumnya enak dan empuk. Chili oilnya pedes banget tapi.
Tambahannya aku beli lumpia kulit tahu (13k), rasanya enak juga dan wangi banget. Es kopi susunya tipe yang creamy gitu favorit aku banget.
Ambiencenya juga cozy banget buat gawe dan wifinya lumayan kenceng. Recommended buat PANG disini!

4.4