Foto Profil Fadhlur Rohman

Fadhlur Rohman

887 Review | 1234 Makasih
Level 16
Steak Ramen BBQ Kopi Bakmi Pizza Pasta Sushi Burger Dessert Bubble Tea
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 3.4  
    Bakso Sultan [ Riau, Indonesia ]

    Overhyped.

    Sejujurnya saya mengunjungi tempat ini karena impulsif setelah melihat video review dari seorang influencer--impulsivity really brings me here. Restoran bakso ini menempati eks-bangunannya Fish Wow Cheese. Tempatnya cukup mudah untuk ditemukan berkat eksterior dengan warna yang sangat nyentrik serta crowds yang tumpah-tumpah ke jalan. Tempatnya sebenarnya standar restoran bakso kebanyakan, namun dalam versi yang lebih luas dan lebih bersih. Mengunjungi tempat ini di akhir pekan di saat jam makan siang ataupun setelahnya tidak begitu disarankan bagi mereka yang kesabarannya terbatas mengingat antreannya sangat mengular. Saya cukup mengapresisasi stafnya yang cukup sabar ketika situasinya lumayan chaotic.

    Food and Beverage:
    - Various Bakso

    Sistem yang diberlakukan di tempat ini adalah sistem prasmanan dimana pengunjung mengantre untuk memilih sendiri item yang diinginkan. Sejujurnya konsep seperti ini cenderung untuk membuat kalap. Pengunjung juga bisa memilih baksonya ingin dihidangkan dengan menggunakan mangkuk, ataupun dengan menggunakan panci (transaksi minimum 50K) yang bisa dipanaskan lagi menggunakan kompor yang disediakan di meja-meja. Point of interest dari restoran ini adalah jenis baksonya yang sangat variatif dari bakso kerikil hingga tulang sum-sum dengan ukuran yang sangat jumbo.

    Kali ini saya memesan bakso udang windu, bakso telur, bakso kerikil, bakso tahu, pangsit, tetelan paru, lengkap bersama mie kuning, soun, dan sawi. Total saya menghabiskan 55rb. Di antara pilihan bakso yang saya tersebut, saya malahan lebih suka baksonya yang basic seperti bakso telur dan bakso tahu, sedangkan bakso udangnya menurut  saya bukan yang perfectly fresh gitu, sebagian tetelan parunya juga memiliki after-taste yang unpleasant.  Pangsitnya menurut saya juga agak sedikit failed. Kuah baksonya bukan yang lekoh banget--gurih namun citarasa kaldunya bukan yang intens banget. Kuah seperti ini tipikal kuah yang harus ditambahkan seasoning yang tebal untuk menikmatinya.  

    Menu yang dipesan: Bakso

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!




  • 3.6  
    Kana Cafe [ Sarijadi, Kafe ]

    Great Cake Options

    Sejujurnya saya sangat antusias untuk mengunjungi kafe yang berada di ruko-ruko di Setrasari ini karena seringkali video tentang kafe ini berseliweran di linimasa media sosial saya. Eksterior kafenya juga sangat eye-catching jika dibandingkan dengan ruko-ruko sekitar yang cenderung boring. Kafenya mengusung desain yang menurut saya berkiblat ke mid century modern. Detail-detail di kafe ini menurut saya cukup sophisticating. Tempatnya sebenarnya sangat nyaman, namun saya tidak begitu suka kafenya yang sangat panas. Menurut saya mematikan pendingin udara lalu kemudian mengandalkan sirkulasi udara alami di Setrasari menurut saya bukanlah pilihan yang bijak. Selain itu, pelayanan di kafe ini menurut saya perlu ditingkatkan lagi, terutama dalam bagaimana stafnya berkomunikasi serta melayani pengunjung. Menurut saya kafe sekelas ini seharusnya memiliki standar hospitality yang jauh lebih tinggi.

    Food and Beverage:
    - Entremet Avocado Cake (35K)

    Sejujurnya cake dan pastry di cafe ini benar-benar menggugah selera. Pilihan cake dan Ehpastry-nya juga sangat variatif. Cake yang saya pesan ini konon merupakan cake best seller di kafe ini. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat citarasanya yang sangat memorable. Kombinasi antara alpukat dengan coklat menurut saya memang tidak pernah salah, terlebih apabila alpukat yang digunakan adalah alpukat bukan perisa belaka. Tekstur cakenya juga sangat playful berkat bagian alpukatnya yang dibuat soft dan creamy banget, sedangkan bagian coklatnya dibuat lebih crunchy dan dense. Love it? Yes, Ofc!

    Menu yang dipesan: Entremet Avocado Cake

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.4  
    Makmur Jaya Coffee Roaster [ Dago Bawah, Kafe ]

    Homey

    Akhirnya Makmur Jaya membuka cabang yang berada di sekitaran Dago. Tempatnya menempati sebuah rumah di sebelahnya Warung Steak and Shake Sawunggaling. Menurut saya, Makmur Jaya cabang ini adalah cabang yang paling homey sekaligus cozy. Tempatnya mengusung desain yang menggabungkan antara rustic dengan tradisional dimana interiornya didominasi oleh unsur kayu. Tempatnya pun lumayan nyaman, sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat chill bersama teman, namun masih cukup proper untuk dijadikan sebagai tempat study atau work for cafe.  Pelayanannya di kafe ini juga cukup impressive, baristanya lumayan bersahabat sekaligus helpful.

    Food and Beverage:
    - Cappuccino (25K)

    Perkara kopi, Makmur Jaya memang tidak perlu diragukan lagi. Citarasa kopi yang dihadirkan memang tidak pernah mengecewakan, termasuk menu yang saya pesan kali ini. Cappuccino-nya datang dengan komposisi espresso, steamed milk serta milk foam yang balance, menghasilkan kopi dengan citarasa yang cukup strong dan kompleks, bahkan saya masih bisa me-notice hint citrusy dari biji kopi Afrobeats-nya. Salah lagi yang saya salut adalah bagaimana Makmur Jaya memberikan informasi terkait kopi apa yang digunakan dengan ringkas serta muda dimengerti.
    - Tiramisu Croissant (22K)
    Croissant-nya surprsingly memiliki citarasa yang tidak kalah OK, apalagi ketika mengetahui kalau harganya yang masih relatif affordable. Croissant-nya memiliki tekstur yang sedikit kripsi serta sedikit flaky. Croissant-nya juga sangat buttery, baik dari segi rasa maupun aroma. Citarasa croissant-nya semakin enjoyful berkat pasta tiramisu dalam takaran yang pas sehingga tidak terlalu manis.

    Menu yang dipesan: Cappuccino, Cappuccino and Tiramisu Croissant

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 3.4  
    Box Coffice [ Dago Atas, Kafe ]

    Brilliant Idea of Café’s Name

    Sejujurnya saya mengunjungi kafe ini karena tergoda promo opening dari kafenya yang dipasang di pinggir jalan. Sayangnya ternyata promo tersebut sudah tidak available. Selain itu, pemilihan nama kafenya menurut saya sangat brilian. Kafe ini menempati bekas gedungnya Kaikara Coffee Dago, posisinya berada di dekat Kabobs Dago. Konsep tempatnya masih hampir sama dengan kafe sebelumnya, cukup nyaman, namun sepertinya lebih cocok untuk kegiatan yang lebih serius. Pelayanan disini sebenarnya masih cukup Ok, hanya saja akan jauh lebih OK ketika stafnya lebih ramah dan bersahabat.Beverage:- Apple Berry (2xK)Menu ini berupa mocktail dengan bahan dasar campuran antara sirup strawberry dan apple ditambah sepertinya dengan sedikit soda yang di-shake hingga sedikit foamy kemudian ditambahkan potongan lemon segar. Citarasa minumannya lumayan fruity, manis-asam yang sangat menyegarkan. Cocok dinikmati saat udara tengah terik.

    Menu yang dipesan: Apple Berry

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Monsoon Cafe [ Pasteur, Kafe ]

    I Prefer Their Previous Location.

    Kafe yang dulunya berlokasi di dekat Junction 8 Sukajadi ini sekarang pindah ke BTC lantai dasar. Posisinya berada di area belakang di dekat akses parkiran. Untuk saya yang tidak begitu familiar dengan BTC sebenarnya dibutuhkan  untuk menemukan store-nya. Sejujurnya, saya lebih suka store-nya di lokasi yang lama, yang konsepnya lebih ke semi-coworking space. Untungnya walaupun berada di pusat perbelanjaan, tempatnya tidak terlalu terasa hustle and bustle-nya. Ambiece restorannya lumayan cocok untuk sekadar makan siang atau malam, atau untuk buka laptop sambil kerja ringan Tempatnya cukup nyaman, namun sayangnya kafe ini tidak memiliki dedicated toilet. Sekalinya harus ke toilet saya pribadi selalu think twice untuk meniggalkan barang-barang mengingat tempatnya yang sedikit terbuka.

    Food and Beverage:
    - Beef Rice Bowl (40K)

    Rice bowl-nya sepertinya lebih berkiblat ke Japanese style, dimana daging sapinya di-grill dengan bumbu minimalis yang menghasilkan daging sapi dengan citarasa manis-gurih alami. Daging yang digunakan adalah bagian berlemak yang dipotong tipis-tipis, porsinya cukup generous. Daging cukup empuk dan masih cukup juicy. Daging sapinya disajikan bersama salad yang dipotong tipis-tipis dengan seasoning mayonaise
    - Ice Lemon Tea (20K)
    Sebenarnya es teh lemon pada umumnya, namun dalam versi yang sedikit lebih asam. Tapi masih sangat cocok sebagai pendamping rice bowl-nya.

    Menu yang dipesan: Iced Lemon Tea, beef rice bowl

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.4  
    Smogger [ Riau, Barat ]

    Superb Beef Brisker, but So-So Burger

    Food container yang menjual burger ini berada di area parkirannya gedung Fogo, Konnichiwa, dan Le Savoye. Sayangnya, merchant ini tidak memiliki dedicated seating area, namun pengunjung bisa duduk di area lain, seperti di area Konnichiwa. Saya pribadi sebenarnya bukan penggemar sharing area seperti ini karena kalau mau apa-apa seperti mau minta tissue, minta saus, jadi membutuhkan usaha lebih.

    Food and Beverage:
    - Original Burger (55K)

    Point of interest dari menu sebenarnya adalah dagingnya yang tidak menggunakan patty dari ground beef melainkan menggunakan beef brisket, konon dagingnya diklaim diimport dari US. Dagingnya memiliki potongan yang tebal, namun surprisingly memiliki kematangan yang pas. Dagingnya empuk, smokey, serta juicy secara bersamaan. Sayangnya komponen lain dari burger-nya menurut saya tidak begitu spesial. Saya suka kombinasi antara saus honey BBQ dengan keju cheddar-nya, namun distribusinya kurang merasa dan kurang banyak. Di samping itu, saya berekspektasi kalau nanasnya akan di-grill namun yang saya temukan nanasnya masih mentah sehingga sensasi nanas yang terkaramelisasinya tidak begitu dapat, malahan menjadi asam yang agak menggangu. Selain itu, potongan nanasnya juga kurang rapi karena masih ada mata (lubang-lubang) nanasnya. Semoga ke depannya bisa dioptimalkan lagi.

    Menu yang dipesan: original burger

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Merindu Canteen & Coffee [ Riau, Kafe ]

    Level Up-Canteen

    Restoran yang berlokasi di Cimanuk ini menyatu dengan sebuah boutique hotel serta dengan sebuah clothing store. Meskipun mengusung konsep kantin, tapi desain interior dan eksteriornya sangat jauh dari kantin pada umumnya. Setiap sudut dari tempatnya menurut saya benar-benar aesthetic. Area kafe ini dibagi menjadi beberapa bagian: di lantai dasar lebih coffee shop-nya sedangkan di lantai dua lebih ke area kantinnya. Di area ini, terdapat juga display makanan seperti pada kantin pada umumnya. Jadi selain memesan makanan yang ada di menu, pengunjung juga bisa memesan langsung dari display ini. Tempatnya pun menurut saya juga sangat nyaman, saya sangat betah berlama-lama di tempat ini. Pelayanannya juga lumayan impressive.

    Food and Beverage:
    - Nasi Campur Bali (53K)

    Menu ini berupa nasi yang disajikan bersama ayam suwir pedas, telur rebus, sate sapi, sate lilit, tumis kacang panjang, emping, lengkap bersama sambal matah dan sambal merah. Porsinya cukup mengengangkan. Namun sayangnya citarasa nasi campurnya bukan yang authentic Bali, melainkan sudah adaptif. Bumbunya menurut saya tidak sekompleks bumbu Bali yang pernah saya coba sebelumnya. Selain itu, tidak afdhal rasanya ketika nasi campur bali dihidangkan tanpa urap sayur kelapa. Meskipun begitu, nasi campurnya tetap sangat enjoyful. Saya paling suka sate daging sapinya yang sangat empuk serta ayam suwirnya yang cukup pedas.
    - Nasi Shirataki + Paru + Tumis Paria (51K)
    Sejujurnya saya bukan penggemar nasi shirataki meskipun nasi jenis ini sangat baik untuk kesehatan, untungnya citarasa nasi shirataki-nya lumayan enjoyable walaupun porsinya kurang banyak. Yang paling spesial dari menu ini bahkan restoran ini adalah tumis parunya. Parunya memiliki tekstur yang sangat kenyal, citarasanya pun sama sekali tidak pahit dan amis. Seasoning-nya sangat menyerap dengan citarasa pedas dan peppery yang sangat dominan. Sejujurnya saya sangat jatuh cinta dengan menu ini. Selain itu, saya juga suka citarasa parianya yang sudah tidak pahit
    - Baked Spaghetty (35K)
    Saya pribadi tidak menyukai baked pasta kecuali lasagna karena memiliki kecenderungan untuk overcooked, begitupun dengan menu baked pasta ini. Namun lepas dari pasta yang overcooked, seasoningnya pastanya sudah sangat pas--sangat cheesy dan creamy namun diimbangi dengan spiciness dari saus bolognese-nya. 

    Menu yang dipesan: Various Indonesian Food, Baked Spaghetty, Nasi Campur Bali, Nasi Shirataki + Paru + Tumis Paria

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    3 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Narrative Caffeine Supply [ Veteran, Kafe ]

    Homey Café with Kindergarten Facilities

    Kafe ini berupa taman kanak-kanak yang disulap menjadi kafe yang lumayan cozy, kalau main ayunan sama perosotan di kafe ini sebenarnya juga bisa. Tempatnya yang berupa rumah tua memberikan ambience yang sangat homey. Selain itu, nuansa kafenya yang sangat asri benar-benar bikin nyaman untuk berlama-lama--bahkan duduk di area outdoor-nya di siang bolong pun masih terasa sangat sejuk. Pelayanan di kafe ini juga lumayan impressif, baristanya cukup friendly dan helpful.

    Beverage 
    - Hazelnut Latte (23K) 

    Menu ini sebenarnya lebih cocok untuk mereka yang suka kopi dengan citarasa yang cenderung manis. Sirup hazelnut-nya dalam komposisi yang pas berhasil membuat citarasa kopinya menjadi lebih playful, sama sekali tidak kemanisan, apalagi sampai menghilangkan citarasa kopinya. Minumannya semakin nikmat ketika disantap bersamaan dengan ginger bread yang diberikan secara cuma-cuma. 

    Menu yang dipesan: Hazelnut Latte

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.4  
    Vilo Gelato [ Ciumbuleuit, Es Krim ]

    Great Gelato and Sorbet.

    Sejujurnya saya sempat mengira kalau dessert parlor di bilangan Ciumbuleuit ini adalah sebuah tempat wisata ketimbang sebuah kafe atau restoran, saking tematiknya. Desain bangunan utamanya yang sepertinya terinspirasi dari classic-green house-nya sangat cocok dengan lingkungan di Jalan Gunung Kareumbi yang memang cukup tenang dan asri.  Seating area kafenya sangat luas, namun sebagian besar berupa tempat duduk outdoor, sehingga ketika hujan turun harus berebutan untuk duduk di bagian indoor-nya. Pelayanannya menurut saya cukup baik, stafnya sangat informatif dan helpful.

    Dessert:
    Yang membuat saya jatuh cinta dengan dessert parlor yang satu ini adalah karena pilihan es krim-nya yang banyak banget, mulai dari yang tidak mengandung alkohol, mengandung alkohol (if you're into this, you'll love this place), bahkan ada juga yang for kids. Es krimnya bukan yang freshly scooped, melainkan in-stocks di chiller gitu. Es krimnya juga bukan yang customizeable. Tersedia beberapa pilihan ukuran es krim yang dibanderol dari 30rb saja.
    - Mojito Sorbet (75K, 250ml)
    Sorbet ini merupakan salah satu pilihan sorbetnya yang mengandung alkohol. Saya tidak tahu jenis alkohol yang digunakan apa, tapi citarasa alkoholnya tidak begitu strong namun masih noticeable. Tekstur sorbet-nya yang tidak gampang meleleh serta sedikit lebih sticky menurut saya cukup unik. Citarasa sorbet-nya benar-benar menyegarkan, asam-manis menyegarkan namun sedikit grassy dan minty berkat citarasa daun mint yang sangat intens. I really love it.
    - Wildberry Very Berry Fried Cookies (75K, 250ml)
    Sejujurnya saya kurang setuju jika tagline very berry disematkan kepada varian gelato yang ini mengingat citarasa serta look-nya yang tidak begitu berry. Sejujurnya dari segi rasa dan look lebih mirip gelato rasa vanilla + cookies dengan bonus sedikit hint rasa berry—bukan tidak enak, namun sepertinya salah tagline saja. 

    Menu yang dipesan: Mojito Sorbet & Wildberry Very Berry Fried Cookies

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 3.4  
    Burger Bangor [ Pasir Kaliki, Barat ]

    Affordable Burger Nearby City Train Station

    Restoran yang menjual burger ini berada di area depannya Hotel Grand Sovia Kebon Kawung, tepat di seberangnya Stasiun Bandung sehingga bisa banget dijadikan sebagai alternatif tempat makan sebelum atau sesudah travelling dari Stasiun Bandung. Tempatnya surprisingly lumayan luas, terdiri dari dari dua lantai. Tempatnya juga lumayan nyaman, terutama untuk area indoornya. Pelayanannya juga tergolong baik

    Food and Beverage:
    - Ninggrat Cheese Burger (34K)

    Meskipun memang tidak as good as how it looks on the menu, citarasa burgernya tergolong lumayan OK, apalagi kalau mengingat harganya yang relatif terjangkau. Burger ini memiliki isian double beef patty, selada dan tomat, serta keju cheddar. Ukuran burger-nya cukup besar dan mengenyangkan. Bun-nya sih biasa saja. Patty-nya lumayan tebal dan beefy, konon mereka mengklaim kalau daging sapi yang digunakan diimport dari Australia. Yang tidak begitu saya suka adalah seasoning yang terlalu creamy dan sudah cukup cheesy, namun tanpa twist citarasa lain, sehingga ketika bertemu dengan keju cheddar-nya agak sedikit overkilled rasa kejunya. Meskipun untuk harga segitu citarasanya masih relatif sangat OK.

    Menu yang dipesan: Ninggrat Cheese Burger

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.