Foto Profil Fadhlur Rohman

Fadhlur Rohman

730 Review | 1054 Makasih
Level 15
Steak BBQ Kopi Bakmi Pizza Pasta Burger Dessert Bubble Tea
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 2.8  
    Bahagia Kopi [ Banda, Kafe ]

    A Café with Unique Classic Ambience but with Not Impressive Food Quality

    Kafe di jalan Banda ini ternyata jauh lebih besar dari yang saya bayangkan. Tempatnya seperti rumah atau kos-kosan tua yang dipugar sedemikian rupa menjadi sebuah cafe. Area indoor dari kaf ini sebenarnya tergolong biasa saja, bahkan boleh dibilang sedikt boring, Point of interest dari kafe ini adalah area duduk outdoornya yang nyaman banget, terutama saat cuaca sedang mendukung. Saya juga suka banget bagaimana arsitektur dan interior klasiknya dipertahankan sehingga memberikan ambience yang khas.

    Service:
    Pelayanan di kafe ini menurut sangat perlu untuk ditingkatkan. Menurut saya dan teman-teman, waiters—terutama yang di front lines yang melakukan seat arranging-nya agak sedikit interogating dan kurang ramah sih. Selain itu, food serving-nya juga agak sedikit lama, bahkan untuk minuman seperti es kopi susu saja.

    Food and Beverage:
    - Es Kopi Susu Bahagia (20K)

    Es Kopi Susu-nya sejujurnya biasa banget, standar es kopi susu kebanyakan. Untuk saya es kopinya agak sedikit kemanisan dan terlalu milky dengan kopi yang sudah tidak terlalu terasa.  
    - Pancake (30K)
    Saat pancake-nya datang saya sudah merasa ada sesuatu yang aneh yaitu aroma pancake-nya yang berbeda dari pancake kebanyakan. Dari segi look, pancake-nya juga agak aneh, kayak ngak balance gitu. Ketika saya mulai memotong pancakenya, saya pun mendapat jawabannya, sebagian pancake-nya ternyata belum matang, benar-benar masih lembek. Hal ini agak saya sayangkan sih karena kalau saja pancake-nya matang sempurna pasti ini merupakan sebuah great deal—30K sudah dapat pancake yang fluffy lengkap dengan es krim dan saus tiramisu.

    Menu yang dipesan: es kopi susu bahagia, Pancake

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Wheeler's Coffee [ Veteran, Kafe ]

    A Cafe Shop Next To a Wheel Store

    Sesuai dengan namanya, kafe ini berlokasi tepat di sebelahnya toko ban mobil. Sebagai patokan, kafe ini tepat berada di seberangnya Hotel Vio Veteran. Kafenya mengusung desain vintage-industrial. Tempatnya menurut saya lumayan nyaman meskipun memang tidak terlalu besar. Tapi karena tempatnya yang tepat di pinggir jalan yang ramai, membuat bagian outdoor kafenya agak kurang terlalu berisik. Selain itu, kafenya juga cuma buka sampai jam 6 sore.

    Food and Beverage:
    - Espresso On The Rock (22K)

    Minuman yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca sedang panas karena citarasanya yang benar-benar nyegerin, saya sengaja meminta baristanya untuk menambahkan lemon untuk menambah kesegaran espresso-nya. Selain itu, tipikal olahan kopi seperti ini juga lebih bersahabat dengan lambung saya ketimbang kopi-kopi dengan campuran susu. Selain itu, citarasa kopi lumayan balance, after taste dari espresso-nya juga tergolong ringan, meskipun memang ada sedikit citarasa gosong meskipun memang tidak terlalu ganggu-ganggu amat.

    Menu yang dipesan: Espresso on the rock

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.2  
    Babamie [ Riau, Indonesia ]

    Nothing Special, Except the Smoked Beef Topping

    Kedai mie ini menempati bekas tempatnya Gang Nikmat yang dulu berada di belakangnya Toko Kopi Djawa yang Jalan Riau. Desain tempatnya pun hanya mengalami perubahan minor tempatnya masi sedikit pengap, panas, dan sangat sempit. Tempatnya memang agak kurang cocok untuk berlama-lama, selain karena faktor kenyamanannya tapi juga karena demand restorannya yang cukup tinggi sehingga waiting list-nya lumayan banyak. Service di restorannya juga menurut saya biasa aja sih, ngak lama tapi ngak impressive juga. 

    - Tsurai Baba (32K)
    Menu ini berupa mie yang disajikan bersama daging sapi asap dengan bumbu rica-rica, pakcoy, dan sambal pedas khas Babamie serta dilengkapi dengan kuah kaldu. Mienya tipikal mie kecil yang bening, mienya kenyal dan porsinya lumayan banyak. Kuah kaldunya lumayan gurih, namun agak terlalu lite menurut saya. Selain itu, untuk menu yang mendapatkan label super-pedas menurut saya sambalnya kurang menantang bahkan cenderung mild. Yang special dari menu ini adalah topping daging asapnya benar-benar enak--smokey dan juicy serta dengan porsi yang generous. 

    Menu yang dipesan: Tsurai Baba

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 2.8  
    Morning Glory [ Sarijadi, Kafe ]

    Cozy Backyard Cafe with Poor Services

    Kafe ini menempati salah satu ruko di dalam kompleks Setrasari Plaza. Dari luar kafe ini terlihat seperti kafe rukoan biasa yang terlihat kecil dan sempit banget. Tapi siapa sangka kalau di area belakang ini tersembunyi seating area yang luas dan unik banget, konsepnya sih kayak chilling in the backyard gitu, tempatnya memang tertutup tembok namun didesain sedemikian rupa sehingga terkesan asri. Tempatnya menurut saya lumayan nyaman sih tapi lebih cockuntuk kegiatan yang santai ketimbang kegiatan serius. 

    Service:
    Menurut saya pelayanan di kafe ini butuh banget untuk ditingkatkan. Waiters-nya menurut saya kurang inisiatif dan terlalu cuek, kalau ada tamu yang masuk seharusnya langsung diberikan menu, mejanya juga sebaiknya langsung dibersihkan, serta sebaiknya ada yang stand by di area belakang juga. Jujur, kalau mau manggil kayak susah dan lama banget. Selain itu, waiters-nya sebaiknya lebih rama lagi dan product knowledge-nya ditingkatkan. 

    Food and Beverage:
    - Almond Croissant 
    Sejujurnya saya sedikit bingung karena pastry yang disajikan tidak sesuai croissant yang saya bayangkan, jujur ini lebih mirip danish pastry ketimbang croissant. Saya sempat menanyakan langsung kepada waitersnya dan waiters-nya secara yakin bilang, "Iya mas, ini almond croissant!"—jujur saya cuma bisa merespon dengan senyum karena kasian sama waiters-nya. Pastry-nya menurut saya agak way too dry sih dan bagian filling di dalamnya agak kurang merata. 
    - Mochaccino
    Mocaccinonya menurut saya lumayan OK kombinasi antara kopi, coklat, dan susunya lumayan balance. Mochaccino-nya juga tidak terlalu manis dengan citarasa kpi yang masih cukup intens.

    Notes:
    Menunya sebaiknya diperbarui karena kayak sudah kotor dan lusuh banget. 

    Menu yang dipesan: Almond croissant, Mochaccino

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.4  
    Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya [ Veteran, Indonesia ]

    It Will Be Great If You Order Double For Yourself

    Dari segi tempat sebenarnya bakso ini biasa banget, standar restoran atau kedai bakso keluarga kebanyakan. Saya lebih menyarankan untuk duduk di area outdoor-nya karena area indoor-nya agak sedikit sumpek dan pengap. Tempatnya lumayan nyaman untuk sekadar makan siang atau makan malam, apalagi di area dalam restorannya tidak ada pengamen sama-sekali.

    Service:
    Yang menurut saya perlu ditingkatkan dari restoran ini adalah pelayanannya. Entah karena waitersnya yang memang kurang atau memang pelayannya yang memang cuek, kalau mau manggil dan minta ini itu suka lama, pake banget. Untungnya food serving-nya tergolong sangat cepat, lumayan mengobati kekecewaan sih ini.  

    Food and Beverage:
    Setiap kali mengunjungi tempat ini wajib hukumnya untuk memesan Bakso Soun Urat dan Daging (21K). Jangan lupa juga untuk memesan Kriuk-Kriuk (8K) yang sudah menjadi ciri khas dari kedai bakso ini. Yang membuat bakso disini spesial adalah kombinasi antara bakso sapi halus, bakso urat, sou'n, tetelan, tahu, dan kuah kaldu yang benar-benar surgawi. Hanya tersedia satu ukuran bakso yaitu bakso kecil, baksonya pun bukan tipikal bakso yang  kenyal banget tapi memiliki citarasa daging sapi yang intens. Tetelannya juga lumayan generous dan kuah kaldunya benar-benar gurih dan aromatik, tidak ditambahkan bumbu apa-apa pun sebenarnya sudah sangat nikmat. Sensasi menyantap baksonya semakin lengkap berkat crunchiness dari kriuk-kriuk-nya. Yang saya sayangkan hanya satu, porsinya terlalu sedikit. Saya yang makannya tidak terlalu banyak saja membutuhkan dua porsi agar kenyang. 

    Menu yang dipesan: Bakso So'un dan Kriuk-Kriuk

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Fullmoon Coffee [ Sudirman, Kafe ]

    Futuristic Cafe in The Middle of Nowhere

    Yang terlintas di pikiran saya saat mendengar Jalan Sudirman adalah daerah di sekitar atau sebelum Pasar Andir, namun ternyata perkiraan saya terkait lokasi kafe ini ternyata salah, lokasinya jauh dari Sudirman yang saya kira. Jujur, saya yang berdomisili di Bandung Utara sedikit merasa sedang 'in the middle of nowhere!'. Jujur saya tau kafe ini dari Tiktok tapi ngak benar-benar check lokasinya dimana. 

    Yang di-highlight dari kafe ini adalah konsep futuristiknya, dimana kafe ini menggunakan salah satu sumber energi dari kafe ini berasal dari solar power--konsep yang masih cukup unik dan sangat perlu diapresiasi. Interiornya lumayan tematik dan tematik, hanya saja beberapa tempat duduknya kurang ergonomis. 

    Service:
    Di kafe ini hanya berlaku sistem order by app, yang sayangnya tidak membuat proses menjadi lebih efektif, malah sebaliknya. Jujur saya agak malas kalau harus menginstal aplikasi baru lagi ke handphone. Aplikasinya menurut saya masih belum matang, meskipun memesan dari table, pengunjung tetap harus membayar ke counter. Metode pembayaran yang tersedia juga masih terbatas dengan uang tunai dan kartu debit (tetap ke counter). Saya juga tidak yakin kalau app-nya bisa men-track pengunjung duduk dimana karena waiters-nya sedikit kewalahan untuk mengantarkan pesanan. Menurut saya developer app-nya harus belajar dari app-nya 'Warung Tidak Normal' yang benar-benar sudah efektif.

    Beverage:
    - Signature Latte

    Sejujurnya saya jatuh cinta dengan citarasa latte-nya yang enak banget. Latte-nya tipikal yang milky dan creamy. Latte-nya memang cenderung agak manis gitu, citarasa kopinya juga agak tipis tapi magically enak banget. Harganya juga masih accpetable sih menurut saya. It's defintely a Yes!

    Menu yang dipesan: Hot Signature Latte, Hot Cappuccino

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.0  
    OTW Sushi [ Wastukancana, Jepang ]

    Indonesian Fusion Budget Sushi.

    Sejujurnya saya sangat penasaran dengan restoran Sushi di Wastukencana ini karena setiap kali saya melintas parkirannya selalu penuh. Posisi restorannya tepat berada di seberangnya SPBU Wastu, wajib hukumnya untuk memilih lajur kanan. Tempatnya sih sebenarnya biasa saja, nuansa Jepang-Jepangnya sedikit dihadirkan, namun eksekusinya memang agak sedikit nanggung. Tempatnya nyaman, tidak panas, namun agak sedikit pengap. Yang menurut saya perlu di-improve adalah perkara food-service-time-nya yang agak sedikit lama. 

    Food and Beverage:
    Sejujurnya saya sedikit surprised dengan harga makanan yang ditawarkan oleh restoran ini, menurut saya harganya relatif sangat affordable. Selain itu, tersedia juga menu dengan porsi 1/2-an gitu, porsi ini lebih pas sih kalau untuk saya. Kali ini saya nyobain OTW Super Roll (18K)—sushi dengan daging salmon, Red Riot Roll (20K)—sushi dengan daging tuna dan salmon, dan King Dragon Roll (16K)—sushi dengan tempura udang. Sayangnya, untuk sushi terms "ada harga ada barang" memang masih belum bisa dipatahkan. Potongan dagingnya menurut saya benar-benar tiny, nasi juga agak kurang sticky, ingredients lainnya juga bukan yang incrediblingly fresh juga, wasabi-nya tasteless dan soyu-nya disajikan dingin seperti baru dikeluarkan dari chiller. Tapi mengingat harganya yang sangat murah, hal-hal tersebut masih sangat bisa ditolerir

    Menu yang dipesan: Red Riot Roll, OTW Super Roll, various sushi, Dragon Roll

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Chingu Korean Fan Cafe [ Dago Bawah, Korea ]

    Affordable Korean Foods

    Tidak banyak yang berubah dari restoran khas Korea yang satu ini, termasuk dengan desainnya. Interior ala-ala kereta yang dulu sempat viral itu pun masih dipertahankan. Begitupun dengan area lain yang mengusung konsep korea tradisional juga tidak banyak berubah. Demand terhadap restoran ini sepertinya juga masih cukup tinggi meskipun restorannya sudah cukup lama berdiri, saya bahkan harus menunggu waiting list terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat duduk. Yang menurut saya membuat restoran ini bertahan adalah variasi makanannya yang banyak serta harga yang ditawarkan yang relatif sangat terjangkau

    Food and Beverages:
    - Bingsoo of the Blue Sea (30K)

    Sejujurnya nama menu ini mengingatkan saya dengan sebuah K-drama yang dulu saya tonton. Menu ini pada dasarnya adalah es serut korea yang disajikan bersama jelly berwarna biru yang dibentuk seperti mie, aneka buah-buahan, popping boba, dan es krim vanilla yang dibentuk seperti sunny side up. Sebagai finishing, es serut-nya diguyur dengan sirup dengan citarasa buah. Overall, dessert-nya sangat menyegarkan, buahnya generous, dan yang paling penting dessert-nya tidak kemanisan. Yang menurut saya agak kurang hanyalah es serutnya yang terlalu kasar dan menggumpal. 

    Notes:
    Meskipun harga di menunya menggunakan Korean Won, tapi harganya tidak perlu dikonversi lagi menggunakan kurs terbaru karena sebenarnya harganya cukup ditambahkan satu nol saja. 

    Menu yang dipesan: Bingsoo of the Blue Sea

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Sate Padang Basuo [ Cihampelas, Indonesia ]

    A Level Up So-Called Sate Padang

    Restoran ini menempati bekas gedungnya Upnormal Cihampelas Bawah. Layout restorannya pun masih identik dengan layout Upnormal dulu, begitupun dengan sebagian besar furniturnya, namun sudah mendapat beberapa penyegaran. Dari segi konsep tempat dan interior, restoran ini berhasil me-level-up sate Padang yang biasanya dijual di tendaan atau di rumah makan keluarga yang biasanya mengenyampingkan urusan desain dan kenyamanan. Restoran ini mengusung konsep Minangkabau jaman dulu yang dieksekusi secara modern. Saya paling suka detail-detail kecil seperti penggunaan alat makan enamel jadul, tv tabung, lampu strongking, dan carano minang—tbh saat di restoran ini saya merasa memori lama di rumah nenek saya kembali ter-recall. Tempatnya juga lumayan nyaman, masih bisa dijadikan tempat tongkrongan. 

    Food and Beverage:
    - Sate Padang Campur (34K)

    Kalau dipikir-pikir, harga satenya memang lebih mirip sate Padang dari restoran ternama ketimbang sate Padang tendaan, masih sangat make sense sih menurut saya. Yang menurut saya cukup unik dari sate disini adalah pilihan dagingnya yang banyak, ngak cuma ayam dan sapi doang, tapi tersedia juga lidah, ceker, telur puyuh, dan lain-lain. Pilihan daging sate padang seharusnya memang seperti ini sih. Kali ini saya memilih Sate dengan daging sapi dan lidah sapi. Dagingnya menurut saya sudah pas banget sih, dagingnya empuk, gendut-gendut, segar, dan tidak amis. Seasoning untuk bakarannya pun juga sudah pas banget. Porsinya menurut saya juga cukup besar, lumayan mengenyangkan. Yang agak saya notice adalah kuah satenya yang agak kurang authentic, jujur saya agak susah menemukan kiblat kuah satenya kemana, ngak Padang, ngak Pariaman, atau Padang Panjang. Citarasa kacangnya agak terlalu intens, meskipun masih tergolong enak.

    Menu yang dipesan: Sate Padang Campur

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 3.2  
    Bumi Pangriungan [ Ciumbuleuit, Indonesia ]

    Hot Instant Noodle with View

    Kafe ini bisa dijadikan sebagai alternatif tempat untuk late-night snack di Kawasan Punclut. Tempatnya sih sebenarnya lebih cocok untuk pasangan karena sebagian besar tempat duduknya berupa bale-bale bersekat yang sepertinya sangat cocok untuk pacaran. Tempatnya juga lumayan nyaman. Selling point dari restoran di kawasan ini tentunya adala view dari ketinggiannya yang lumayan fascinating, city light, dan udara yang sejuk. Sejujurnya saya tidak berekspektasi tinggi dengan makanan dari restoran ini. Saya hanya mencoba Indomie Telur (12K). Saya sejujurnya sedikit surprised dengan harganya yang tidak dikatrol terlalu tinggi meskipun dari rasa sih standar banget sih. Mie-nya agak sedikit overcooked cuma termaafkan karena "Indomie kuah di tempat dingin tidak pernah salah!"

    Menu yang dipesan: Indomie Telur

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.