Foto Profil yudistira ishak abrar

yudistira ishak abrar

2414 Review | 3873 Makasih
Alfa 2021 Level 23
Steak Ramen Chinese Food Dimsum Seafood BBQ Pancake Kopi Bakmi Pizza Pasta Sushi Burger Dessert Bubble Tea
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 3.6  
    Omah Jangan Diam Terus [ Cipayung, Kafe ]

    rumah studio kerajinan, hobi dan seni…

    Omah Jangan Diam Terus. Namanya cukup panjang untuk sebuah coffeeshop. Tapi justru dengan begitu membuat saya penasaran untuk datang berkunjung. Sampai di lokasi mengikuti arahan Gmaps sebenarnya sudah menjadi keputusan yang tepat, hanya memang mereka tidak memasang papan nama sehingga membuat saya sempat ragu untuk masuk dititik akhir yang telah ditunjukan. Kalau mau menyematkan definisi “hidden gem”, saya rasa mereka layak mendapatkannya. Secara akses menuju kesini itu melewati rumah-rumah penduduk, jalan yang tidak lebar dan tanpa adanya signage sebagai penanda lokasi.

    Aksesnya hanya bisa ditempuh dengan motor. Parkiran depan menjadi pintu gerbang masuk kedalam. Selanjutnya tinggal mengikuti jalan setapak serta sedikit turunan, barulah saya tiba di halaman depan yang dijadikan sebagai area duduk terbuka dengan ornamen sepeda motor antik, sepeda, aneka tanaman, sebuah pohon besar yang dipasang ayunan dan bendera-bendera. Kalau takut kehujanan, mereka juga ada ruangan indoor yang mengubah sebuah rumah menjadi area duduk lesehan sederhana. Tempat meracik minuman ada dua, diluar maupun didalam, tapi yang paling artistik ada didalam dengan latar berbagai macam kerajinan tangan, buku-buku, galeri berupa kaos dan tas jinjing serta beberapa ornamen yang cukup asrtistik.

    Beda sama coffeeshop kebanyakan, Omah Jangan Diam Terus pun sebenarnya merupakan sebuah studio yang bisa dijadikan sebagai wadah pameran seni, kerajinan, keterampilan, hobi hingga bercocok tanam. Mereka telah hadir sejak 2016 lalu, namun baru merambah dunia kopi baru sekitar 1 tahun belakangan. Disini saya memesan secangkir Cappuccino yang harganya sangat terjangkau. Meracik biji kopi houseblend Arabica Robusta sebagai base espresso, mereka menyajikan cappuccino yang mengeluarkan sisi bitterness tapi diselimuti oleh sensasi rasa susu. Selain ditemani ngobrol oleh beberapa pemilik tempat, saya dan teman-teman pun dihadiahi sepiring singkong goreng yang empuk sambil asyik berbincang…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Anomali Coffee [ Pondok Indah, Kafe ]

    ceoffle dan es kopsus…

    Anomali

    Es Kopi Susu Gula Aren 1 Liter Rp.42.500,- dari harga normal Rp.85.000,-. Teksturnya creamy, rasanya perpaduan manis, acid dari espresso serta milky sehingga menghasilkan sensasi karamel mirip permen. Sebotol ini bisa dinikmati 4 - 5 orang dengan diberi tambahan es batu. Kalaupun misalnya kopsus literan ini engga diskon, saya kira harganya masih sepadan dengan rasa yang mereka sajikan.

    Croffle (Rp.25.000,-) ukurannya cukup besar, rasanya buttery, lapisan demi lapisan croissant nya terpampang nyata sehingga menciptakan tekstur chewy yang lembut saat ditarik dan digigit. Ada rongga-rongga didalam croffle yang menandakan ia dibuat dengan baik dan benar. Taburan gula yang terpanggang saat dimasak dalam pemanggang waffle tidak berlebihan, tapi tetap terasa manis. Cocolan saus cokelat berkarakter dark, begitu kontras sehingga rasanya jadi seimbang…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Evlogia Cafe & Co [ Senopati, Kafe ]

    rumah nyaman untuk ngopi…

    Berpindah dari lokasi lamanya di daerah Jakarta Barat, Evlogia Cafe & Co memilih untuk tampil beda dari sebelumnya dengan menyulap sebuah kediaman di pinggiran Pasar Santa, menjadi sebuah kafe bergaya industrial. Meski sudah berdiri dari tahun 2017, tapi di tempat barunya ini mereka baru menghuni sejak bulan Maret 2021 lalu.

    Halaman depan dijadikan sebagai smoking area dengan atap kanopi transparan sehingga cahaya matahari dapat bebas masuk. Ruang utama diisi dengan berbagai macam tempat duduk untuk beragam kebutuhan, ada model bar, komunal dan satu set kursi sofa. Fasilitas ruang vip pun tersedia. Selain penataan ruang yang apik sehingga bikin betah, pelayanan disini pun sangat ramah, bersahabat dan informatif.

    Evlogia sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti berkat. Logonya bergambar titik tiga yang dalam dunia tulis berarti berhenti sejenak. Jadi makna Evlogia Cafe ingin menjadi sebuah tempat bagi siapa saja yang ingin beristirahat sejenak dari kesibukan dan mendapatkan berkat atau kebahagiaan kembali disini. Ternyata cukup dalam ya arti namanya.

    Aglio Olio with Tuna (Rp.41.000,-) seporsi pasta spaghetti dengan racikan bumbu pedas gurih, disana ada lada, bawang putih dan seasoning yang cukup. Meski irisan cabai tak nampak, tapi rasanya lumayan pedes cenderung hangat khas pepper. Spaghetti-nya hampir mirip angel hair, jadi lebih ramping dan termasak aldente. Suiran ikan tuna diberi bumbu cenderung manis, sebagai penyeimbang rasa agar balance dan gurih.

    Kanaya (Rp.25.000,-) dari namanya yang unik, ini merupakan salah satu minuman jagoan berbahan dasar kopi di Evlogia. Selain namanya, keunikan juga terdapat pada komposisi yang bukan hanya terdiri dari kopi, susu dan pemanis saja, tapi juga ada tambahan rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Karena rempah-rempah itulah rasa kopi ini jadi unik, menghangatkan dan beraroma beda dari kopi yang lain.

    Chocochip Cookies (Rp.20.000,-) sekeping kebahagiaan. Kenapa saya sebut demikian? Karena saya langsung merasa bahagia sejak pertama kali menggigitnya. Kukis nya tipis dan lebar dengan tekstur empuk. Gula merahnya sangat terasa, jadi memberi rasa manis yang khas. Chocochip yang bertaburan dimana-mana, memberikan rasa manis coklat susu yang meleleh dimulut. Sebagai penyuka manis, jelas saya langsung merasa bahagia…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Tahu Kriuk Yes [ Beji, Indonesia ]

    kriuk diluar, lembut didalam…

    Tahu Kriuk Yes ternyata cukup murah meriah. Sekotak isi sepuluh hanya lima belas ribu saja. Ukurannya lumayan gede dengan balutan kulit crispy diluar yang tampak mengkilat kecoklatan. Bagian luarnya begitu renyah dengan sensasi asin gurih yang nikmat. Tapi sayang bagian dalamnya yang seperti tahu Sumedang tidak memiliki rasa, jadi agak kontras dengan kulit luarnya. Meski demikian, tahu ini cocok banget dijadikan sebagai temen ngemil sih, apalagi ngunyahnya pake cabe rawit, jadi makin meriah dimulut…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Soto Betawi Bang Ram [ Sukmajaya, Indonesia ]

    sotonya orang Betawi…

    Betawi selain terkenal dengan kerak telor dan roti buaya, ia juga dikenal dengan sotonya. Sajian berkuah santan atau susu ini memang memiliki cita rasa khas yang mantap saat diseruput. Salah tempat makan yang menjadikan menu ini sebagai hidangan utama adalah Soto Betawi Bang Ram. Kedai makan ini berada di ujung jalan Jelutung, persis di belakang shelter bis di Jalan Juanda. Bentuknya berupa tempat makan sederhana dengan dapur di bagian depan dan meja kursi panjang yang terbuat dari kayu.

    Disini tersedia aneka pilihan soto betawi, ada Soto Betawi Daging (Rp.25.000,-) Soto Betawi Ayam (Rp.24.000,-) ataupun Soto Betawi Campur (Rp.25.000,-). Semua kuah sotonya berwarna putih pekat sedikit keruh. Rasanya sangat gurih dengan karakter santan yang menonjol. Saya cobain yang daging dan ayam. Potongan dagingnya banyak, meski tidak begitu empuk tapi tetep nikmat saat disantap. Sedangkan yang ayam, alih-alih menggunakan daging suir mereka justru memotong potongan ayam dalam ukuran besar. Selain protein, pada soto juga terdapat potongan tomat, kentang dan taburan bawang goreng, emping serta daun bawang.

    Selain aneka soto, disini juga ada menu lain, salah satunya Sate Ayam (Rp.26.000,-) seporsinya berisi 10 tusuk sate ayam tanpa lemak dengan ukuran yang lumayan besar. Tekstur ayamnya empuk dengan cita rasa kecap yang manis. Bumbu kacangnya kental, gurih, manis dan cukup halus. Tak lupa juga ada tambahan acar yang asem seger serta sambal cabai yang lumayan pedes. Kalau mau memilih menu lain pun masih banyak pilihan, ada ikan bakar, ikan goreng, nasi goreng dan masih banyak pilihan lainnya. Menu receh, harga receh, tapi rasanya engga recehan (lha? kaya tag line acara TV?! hahahaha)…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Katakan [ Kemang, Minuman ]

    aneka minuman dingin menyegarkan…

    Katakan ini merupakan tempat yang khusus menyajikan aneka minuman dingin menyegarkan. Mulai dari beragam teh, buah, bunga dan susu. Berlokasi di area Como Park, Kemang Timur, Katakan berada dalam satu ruangan yang sama dengan Say Something, maklum mereka ini ternyata satu grup. Area semi outdoor mengisi koridor Como Park bergaya meja berpasangan serta mini bar. Sedang didalam, diisi ruang meracik minuman yang merangkap kasir dan tempat duduk bermaterial kayu serta besi yang senada dengan lantai, dinding dan ornamen ruang.

    Mango Jasmine (Rp.20.000,-) terbuat dari sirup mangga, teh melati dan popping boba. Cita rasanya cenderung asam yang diselingi sentuhan pekat jasmine tea dan sedikit rasa manis. Ledakan popping bobanya makin memeriahkan suasana saat menyedot minuman ini. Blue Ocean Seasalt (Rp.15.000,-) minuman biru yang merupakan hasil racikan dari bunga telang, susu segar, krim dan sirup. Rasanya dominan milky yang tidak begitu tebal, sambil diikuti oleh rasa asin dan manis yang tipis…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Bakerzin [ Pondok Indah, Barat ]

    demam croffle…

    Demam croffle emang lagi hype banget ya foodies. Bukan hanya gerai-gerai dengan nama baru yang bermunculan, tapi juga sampai dilirik oleh usaha F&B yang sudah besar. Salah satunya Bakerzin dari Boga Group. Sampai saat ini sih merk baru yang khusus ngejual croffle masih memimpin baik dari segi harga dan rasanya. Nah karena penasaran, engga pake lama langsung deh ngorder Croffle keluaran Bakerzin buat cari tahu.

    Croffle Original (Rp.22.000,-) ukurannya medium dengan kilatan warna kecokelatan yang menyelimuti seluruh bagian adonan. Aroma dan rasa kayu manis langsung menyeruak sejak gigitan pertama. Lapisan gula dibagian luar memberi rasa manis serta sensasi karamel. Tekstur adonannya begitu lembut, lapisan demi lapisannya berongga (airy) dan membuatnya terasa lengket (chewy) saat ditarik.

    Croffle Almond (Rp.38.500,-) dasar croffle masih sama persis dengan yang original, hanya diberi tambahan pugasan krim dan kacang almond cingcang. Tekstur krim begitu lembut dengan rasa sedikit manis yang soft dilidah, tanpa meninggalkan aftertaste di langit-langit. Kacang almond-nya kriuk-kriuk, jadi memberi tekstur saat digigit. Kombinasi yang pas antara aroma cinnamon, gula berkaramel, krim dan almond dalam sebuah croffle…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Pop Cookies [ Kuningan, Toko Kue ]

    mesen croffle bukan cookies…

    Entah apa yang merasuki ku? Hampir tiap hari jajannya croffle mulu. Jadi kaya yang pengen nyobain semua jenis croffle dari berbagai macam merk gitu. Aneh sih, tapi nyata. Hahaha. Mungkin ini yang dinamakan demam croffle. Nah sekarang giliran Pop Cookies yang jadi inceran. Sebenernya sih udah sering jajan aneka cookies disini, tapi mereka coba mengikuti tren dengan membuat croffle.

    Semua croffle disini dijual dalam satu harga yaitu Rp.18.000,- per buah baik yang polos ataupun pakai topping. Saya pesen yang Croffle Smores dan Croffle Keju. Basic croffle disini bertekstur renyah, chewy-nya tidak begitu terasa karena lebih ke empuk lembut. Meski agak kemanisan karena diberi taburan gula yang banyak, tapi adonannya masih terasa buttery. Ukurannya tidak besar, tapi cukup tebal.

    Croffle Smores sendiri diberi pugasan siraman cokelat cair dan marshmallow yang dibakar, jadi ada dua sensasi rasa yang terecap sekaligus yaitu manis cokelat yang menyenangkan serta lengket-lengket khas marshmallow. Croffle Keju mereka diberi lembaran keju yang nuansanya lebih ke savory, jadi rasanya menurut saya kurang senada. Mungkin kalau diberi siraman susu kental manis akan jadi lebih baik…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Tadi Pagi Coffee & Roastery [ Pancoran Mas, Kafe ]

    kopi literan yang murah meriah…

    Engga sengaja pas lagi buka aplikasi belanja daring eh munculah Tadi Pagi Roastery dalam barisan produk yang sedang ada promo potongan harga. Tertarik, akhirnya saya pun langsung membelinya. Saya memesan jam 2 siang, eh sekitar jam 6 sore udah sampai di rumah. Padahal estimasi tibanya itu keesokan harinya.

    Avocado Coffee Seliter (Rp.45.000,-) kopi literan dalam kemasan botol dengan harga terjangkau yang pas banget untuk dinikmati bareng keluarga ataupun temen-temen. Kombinasi kopi, susu dan alpukatnya tercampur dengan baik. Gramasinya pas sehingga mampu menampilkan rasa seimbang antara creamy, manis, pekat, legit dan khas akan alpukat. Worth to try…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Enny Bakery & Cake [ Pancoran Mas, Toko Roti dan Kue ]

    toko kue legendaris…

    Eny Bakery & Cake ini bisa dibilang toko kue legendaris yang ada di Depok. Dari zamam saya masih sekolah, sekitar tahun 90 an akhir, Eny ini udah eksis lho. Jadi toko kue dan roti ini spesialis penyaji cemilan untuk rapat atau acara-acara gitu lah. Aneka jajanan pasar, kue, roti, kue basah, cemilan asin sampai ke kue ulang tahun ada semua disini. Posisinya ada di Jalan Nusantara, Depok 1. Bentuk tokonya sih sederhana, tapi tetep rapi dan bersih.

    Lemper, meski ukurannya kecil tapi rasanya oke. Kematangan ketannya bagus, masih lengket dan lembut. Isian ayamnya bercitarasa gurih, sedikit manis dan beraroma kelapa mirip serundeng. Tapi sepertinya ini bukan buatan Eny Bakery sendiri. Pastel, berisi bihun, telur, kentang dan wortel. Kulit pastelnya tipis, bentuk lipatan bagian atasnya rapi, teksturnya renyah, rasanya gurih. Rasa isiannya cukup gurih, olahan kentang serta wortel yang ditumis jadi satu dengan bihunnya enak, beraroma bawang putih, slightly salty dan yang terpenting engga oily.

    Puas dengan cemilan asin, saya pun nyobain beberapa cemilan manis. Pertama ada pie mini. Jadi lapisan atas pie nya diisi olahan ager dengan bagian tengah diisi potongan sukade. Manisnya pas, teksturnya lembut. Untuk adonan pie-nya sendiri renyah, cukup buttery dan crumbly. Kue soes mereka ukurannya engga begitu besar. Tekstur adonan luarnya lembut, vlanya creamy. Rasa manis, susu dan buttery-nya enak engga meninggalkan after taste di langit-langit mulut…

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.