Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perbedaan Kwetiaw dengan Pantiaw yang Kerap Bikin Bingung

List Artikel
8 Maret 2023 | 0 Komentar

Kwetiau dan pantiaw merupakan dua kuliner yang seringkali salah dikenali. Kwetiau diketahui sebagai kuliner yang sering dijumpai di pinggir jalan karena memang dijual oleh pedagang kaki lima. Biasanya pedagang nasi goreng akan menyajikan menu kwetiau bersama dengan mie goreng. Meski kwetiau lebih populer dibanding pantiaw, tapi orang sering salah mengenalinya. 



Sumber: PergiKuliner.com (Kwetiaw)


Keduanya ini memiliki tampilan yang sekilas terlihat sangat mirip karena sama-sama menggunakan mie gepeng berwarna putih. Tak heran kalau keduanya sering salah untuk dikenali. Tapi sebenarnya keduanya ini berbeda satu sama lain, mulai dari asal usul, bahan yang digunakan, hingga tekstur dan rasanya. Yuk, coba kita cek bersama-sama perbedaan dari dua kuliner ini!


Dari Asal Usulnya



Sumber: Liburdulu.com (Pantiaw)


Jika dilihat dari asal usulnya, kwetiau dengan pantiaw ini berbeda asal usulnya. Diketahui kalau kwetiau berasal dari China, sedangkan pantiaw berasal dari Bangka Belitung. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kalau kuliner pantiaw juga merupakan hasil adaptasi dari kwetiau yang asalnya dari China. Hal ini dikarenakan penggunaan kata pantiaw yang konon berasal dari bahasa Tiongkok yakni "pan" yang artinya setengah dan "tiau" yang artinya berat sehingga secara keseluruhan kata pantiaw memiliki arti makanan setengah berat.

 

Dari Segi Tampilan



Sumber: Pergikuliner.com (Kwetiaw)


Dari segi tampilannya, kwetiau dan pantiaw ini berbeda satu sama lain. Kwetiau memiliki ciri khas tampilan yang agak kecoklatan, baik itu kwetiau goreng hingga kwetiau rebus.  Sedangkan pantiaw memiliki tampulan yang terlihat agak lebih pucat karena disajikan dengan siraman kuah kaldu ikan. Perbedaan tampilan dari keduanya dikarenakan bahan-bahan tambahan yang digunakan dan pastinya bumbu rempahnya. Berhubung kwetiau memiliki warna agak kecoklatan, maka saat melihatnya orang akan lebih tergiur jika dibandingkan dengan pantiaw. Tapi bukan berarti pantiaw kalah enak dari kwetiau, keduanya sama-sama enak dan memiliki ciri khas rasa yang berbeda satu sama lain.


Dari Segi Bahan yang Digunakan



Sumber: Bangka.tribunnews.com (Pantiaw)


Perbedaan kwetiau dengan pantiau ini berbeda dari sehi bahan-bahan yang digunakan. Kwetiau menggunakan bahan dasar mie yang terbuat dari tepung beras, sementara mie pada pantiaw dibuat dari bahan dasar tepung sagu. Sedangkan untuk bahan tambahan lainnya yang digunakan juga berbeda. Kwetiau cenderung menggunakan udang, ayam, irisan daun bawang, dan tauge untuk bahan tambahannya. Sedangkan untuk pantiaw menggunakan bahan tambahan daging cincang atau daging giling yang ditumis dengan bumbu, irisan daun bawang dan seledri, bawang goreng, dan perasan jeruk limau.

 

Dari Segi Tekstur dan Rasa



Sumber: PergiKuliner.com (Kwetiaw)


Untuk perbedaan kwetiau dengan pantiaw juga bisa dilihat dari tekstur dan rasa. Kwetiau memiliki tekstur yang lebih lembut karena dibuat dari tepung beras. Berbeda dengan pantiaw yang dibuat dari tepung sagu sehingga teksturnya lebih kenyal. Untuk rasanya, keduanya juga sangat berbeda. Rasa dari kwetiau cenderung manis, gurih, dan asin dengan tambahan sedikit pedas jika ditambahkan cabai. Lain halnya dengan pantiaw yang cenderung memiliki rasa cenderung gurih menyegarkan karena memang disajikan dengan perasan jeruk limau.

 

Bagaimana menurut kamu? Apakah sekarang kamu sudah bisa membedakan keduanya dengan mudah? Jika ingin mencicip kwetiau enak, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempatnya yang bisa didatangi, yuk cek!

Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Foto Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78
Foto Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78
Foto Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Kwetiau 28 Aho

Foto Kwetiau 28 Aho
Foto Kwetiau 28 Aho
Foto Kwetiau 28 Aho

Kwetiaw Sapi Seafood Akhiang 79

Foto Kwetiaw Sapi Seafood Akhiang 79
Foto Kwetiaw Sapi Seafood Akhiang 79
Foto Kwetiaw Sapi Seafood Akhiang 79

Kwetiau Aciap

Foto Kwetiau Aciap
Foto Kwetiau Aciap
Foto Kwetiau Aciap

Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61

Foto Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61
Foto Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61
Foto Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?