Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Bomboloni yang Jadi Salah Satu Inspirasi Terciptanya Cromboloni

List Artikel
19 Maret 2024 | 0 Komentar

Bomboloni adalah salah satu kuliner yang sempat viral beberapa tahun yang lalu. Bomboloni adalah camilan yang uniknya juga termasuk dalam kategori pastry. Meskipun tidak berlapis seperti jenis pastry lain pada umumnya, bomboloni tetap memenuhi kriteria umum untuk disebut pastry karena terbuat dari adonan yang serupa dengan adonan pastry lainnya, dan umumnya diisi dengan berbagai bahan manis sebelum disajikan. Di Indonesia, bomboloni dainggap sangat dikenal sebagai camilan yang pas disantap bersama kopi sehingga kamu akan lebih mudah menjumpainya di berbagai kedai kopi. Selain kedai kopi, bomboloni juga sering dijumpai di toko kue atau bakeryMeskipun sudah lama dikenal, popularitasnya kembali meningkat setelah munculnya cromboloni, perpaduan antara croissant dan bomboloni yang sedang viral saat ini. Jadi, sebelum mencicip cromboloni yang sedang viral, alangkah baiknya kalau kamu mengenal bomboloni yang menjadi salah satu inspirasi terciptanya cromboloni. Yuk, kita simak pembahasannya di bawah ini!

 

Berasal dari Italia



Sumber: pergikuliner.com


Bomboloni sebenarnya adalah donat ala Italia. Meskipun sama-sama berbentuk bulat, donat ala Italia tidak memiliki lubang di tengahnya. Konon, bomboloni sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Kuliner ini berasal dari Tuscany dan diadaptasi dari resep krapfen, yakni donat khas Austria. Jadi, jangan heran kalau kedua kuliner ini tampak serupa dari segi tampilannya. Perbedaan yang mencolok antara krapfen dan bomboloni adalah ukurannya, di mana krapfen cenderung lebih kecil daripada bomboloni. Untuk memberikan variasi rasa, bomboloni biasanya diberi berbagai macam isian. Setelah digoreng hingga matang, bomboloni harus didinginkan terlebih dahulu sebelum diisi dengan krim atau selai melalui proses penyuntikan.

 

Namanya Diambil dari Kata "Bom"



Sumber: pergikuliner.com


Ada satu fakta unik dari bomboloni yang perlu kamu ketahui, yakni penamaan bomboloni. Nama "bomboloni" diambil dari kata ‘bomba’ dalam bahasa Italia yang berarti bom. Mengapa dinamakan demikian? Karena masyarakat Italia menganggap bahwa bomboloni memiliki tampilan yang mirip seperti bom. Bagian sisi yang disuntikkan dengan isian terlihat seperti pemicu bom. Dan ketika disantap, isi yang melimpah dari bomboloni memberikan sensasi ledakan dan meleleh di dalam mulut.

 

Disajikan Saat Festival dan Karnaval



Sumber: pergikuliner.com


Jika dilihat dari sejarahnya, konon bomboloni adalah kuliner yang biasa disajikan saat festival dan karnaval. Setiap kali ada festival atau karnaval di Italia, kuliner ini selalu menjadi salah satu yang disajikan atau dijual oleh para pedagang setempat. Lalu seiring dengan perkembangan zaman, bomboloni justru lebih sering disantap sebagai menu untuk sarapan singkat di Italia sebagai pendamping susu atau kopi. Meskipun terlihat serupa, bomboloni memiliki beragam rasa dan variasi tergantung pada isian yang digunakan. Biasanya, bomboloni diisi dengan custard, tetapi ada juga yang menggunakan selai stroberi, serta pilihan lain seperti nutella atau selai cokelat. Sebelum disajikan, biasanya bomboloni ditaburi dengan gula halus terlebih dulu untuk menambah rasa manisnya, karena bomboloni pada dasarnya tidak terlalu manis. Maka dari itu, rasa manisnya berasal dari isian dan taburan gula halus.


Itulah sekilas sejarah bomboloni yang menjadi salah satu inspirasi terciptanya cromboloni. Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa menambah pengetahuan mengenai kuliner khas Italia. Buat yang suka menyantap bomboloni, cromboloni, dan croissant, di bawah ini tersedia beberapa rekomendasi tempat yang menyajikan aneka kue, roti, dan pastry lezat yang menarik untuk dicoba!

Monsieur Spoon

Foto Monsieur Spoon
Foto Monsieur Spoon
Foto Monsieur Spoon

Luna's Doughnuts

Foto Luna's Doughnuts
Foto Luna's Doughnuts
Foto Luna's Doughnuts

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Feel.Inc Donuts n Coffee

Foto Feel.Inc Donuts n Coffee
Foto Feel.Inc Donuts n Coffee
Foto Feel.Inc Donuts n Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?