Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Siomay yang Populer Untuk Camilan

List Artikel
1 Desember 2021 | 0 Komentar

Siomay merupakan salah satu kuliner khas asal Bandung yang sangat populer di Indonesia. Kuliner ini disajikan dalam keadaan masih hangat sehingga cocok dimakan ketika musim hujan tiba dan juga disantap di malam hari. Siomay aslinya dibuat dari bahan dasar protein seperti ikan, ayam, dan lain sebagainya. Lalu dicampur dengan aneka bumbu rempah dan tepung tapioka lalu dibentuk sebelum dikukus. Setelah matang, nantinya siomay akan disajikan bersama dengan saus kacang,saus sambal, kecap, dan perasan jeruk limau. Perpaduan dari rasa gurih siomay dan legitnya siraman saus kacang akan membuat kita merasa ketagihan. Setidaknya ada lima varian siomay yang populer dan cocok disantap saat hangat. Apa saja? Kita bahas satu persatu di bawah ini ya!

 

1. Siomay Ikan



Sumber: Pergikuliner.com


Varian siomay yang pertama adalah siomay ikan. Varian ini adalah varian klasik yang paling umum digunakan.  Jenis ikan yang digunakan bisa beragam, tapi kebanyakan menggunakan ikan tenggiri. Ikan tenggiri memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk dijadikan campuran dalam siomay. Supaya aroma amisnya tak terasa, selalu gunakan ikan yang masih segar. Jika menggunakan ikan yang masih segar, tak hanya aroma amisnya yang tak ada, tapi tekstur dagingnya juga akan lebih kenyal. Dengan begitu kualitas siomay juga lebih bagus.

 

2. Siomay Udang



Sumber: Grid.id


Siomay udang juga menjadi varian siomay yang banyak difavoritkan. Siomay udang dibuat dari bahan dasar udang yang sudah dikupas kulit dan dibuang kepala serta ekornya. Udang tersebut nantinya akan dihancurkan dan diberi tambahan tepung tapioka, bawang putih, sedikit jahe, dan bahan lainnya. Biasanya bahan udang ini akan ditambahkan bahan utama lainnya seperti parutan labu siam hingga wortel. Rasa dari siomay udang akan lebih gurih jika dibandingkan dengan siomay ikan. Teksturnya juga akan lebih lembut.

 

3. Siomay Ayam


Sumber: Kumparan.com


Siomay ayam menjadi varian siomay lainnya yang cocok dikonsumsi bagi orang yang alergi seafood. Kelebihan utama dari siomay ayam ini adalah tidak berbau amis. Ayam yang digunakan adalah daging ayam fillet. Bisa bagian dada maupun paha. Jika menggunakan bagian dada akan menghasilkan tekstur siomayyang lebih kesat dan padat. Tapi jika menggunakan fillet paha ayam, maka teksturnya akan menjadi lebih kenyal dan lebih berair karena kadar lemaknya lebih tinggi.

 

4. Siomay Goreng



Sumber: Grid.id


Berikutnya ada siomay goreng yang pastinya punya tekstur berbeda dari siomay pada umumnya karena siomay biasanya dikukus, bukan digoreng. Siomay goreng adalah siomay yang dibuat dengan cara digoreng. Untuk bahan adonan yang digunakan tidaklah jauh berbeda dari ketiga bahan di atas yakni bisa menggunakan daging ikan, ayam, dan udang. Perbedaannya hanya cara membuatnya. Tekstur siomay goreng akan garing dan renyah.

 

5. Siomay Aneka Sayur


Sumber: Idntimes.com


Varian siomay yang terakhir ini juga banyak disukai karena selain kita bisa mendapatkan protein hewani juga bisa mendapat protein nabati. Jadi dalam varian siomay sayur ini, adonan siomay yang dibuat dari protein hewani seperti ikan, udang, atau ayam akan dimasukkan ke dalam sayuran. Barulah kemudian dikukus hingga matang. Meski menggunakan adonan siomay yang sama, tapi jika dipadukan dengan sayuran berbeda, maka rasa dan teksturnya juga akan berbeda. Misalkan saja jika adonan siomay dipadukan dengan kentang menjadi siomay kentang maka akan ada rasa gurih asin yang bercampur dengan rasa manis. Teksturnya juga akan menjadi lembut di bagian luar, tapi kenyal di bagian dalam.

 

Itulah varian siomay yang cocok untuk disantap saat masih hangat. Nah, jadi kepingin makan siomay? Langsung mampir aja ke salah satu tempat makan siomay rekomendasi PergiKuliner di bawah ini yuk!

Siomay Cu Nyuk 19

Foto Siomay Cu Nyuk 19
Foto Siomay Cu Nyuk 19
Foto Siomay Cu Nyuk 19

Siomay Sumber Rejeki

Foto Siomay Sumber Rejeki
Foto Siomay Sumber Rejeki
Foto Siomay Sumber Rejeki

Siomay Lim

Foto Siomay Lim
Foto Siomay Lim
Foto Siomay Lim

Juragan Siomay

Foto Juragan Siomay
Foto Juragan Siomay
Foto Juragan Siomay

Siomay Prijaji

Foto Siomay Prijaji
Foto Siomay Prijaji
Foto Siomay Prijaji

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?