Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Enaknya, 7 Dessert Manis Terpopular Saat Perayaan Imlek

List Artikel
10 Februari 2021 | 0 Komentar

Perayaan Imlek tinggal menghitung hari. Biasanya saat perayaan Imlek tak hanya makanan utama yang tersaji di atas meja makan, tapi juga ada dessert manis yang tak boleh ketinggalan untuk melengkapi manisnya perayaan Imlek kamu. Dessert manis yang disajikan tentunya tak sembarang dessert karena pastinya harus memiliki makna spesial dari bahan-bahan pembuatnya. Pergi Kuliner merangkum tujuh dessert manis terpopular yang tak pernah absen saat perayaan Imlek. Ingin tahu ada dessert apa saja? Yuk lihat!

 

1. Fa Gao



Sumber: Vivianpangkitchen.com


Fa gao merupakan bolu kukus khas China yang terbuat dari tepung beras, ragi, dan gula. Fa gao yang dikukus haruslah merekah menjadi empat bagian untuk melambangkan kemakmuran, keberkahan, kedudukan yang lebih tinggi, serta harapan. Umumnya fa gao biasanya berwarna cerah seperti kuning. Fao gao yang berwarna kuning melambangkan emas dan rezeki.


2. Eight Treasure Pudding



Sumber: Yireservation.com


Sesuai dengan namanya, eight treasure pudding merupakan puding yang terbuat dari delapan bahan baku utama seperti jujube merah, biji teratai, serta aneka macam manisan buah. Penggunaan delapan bahan baku ini sesuai dengan kepercayaan China yang menganggap kalau angka delapan akan membawa keberuntungan. Kedelapan bahan yang digunakan dalam eight treasure pudding ini membuat tampilannya jadi lebih cantik dan menarik.  


3. Tang Yuan


Sumber: Rasamalaysia.com


Tang yuan alias rice dumpling merupakan dessert asal China paling populer saat perayaan Imlek. Dari segi visual dan citarasa, tang yuan ini memang mirip sekali dengan wedang ronde asal Indonesia. Bola-bola yang ada pada tang yuan ini terbuat dari tepung beras yang diisi dengan biji wijen dan kacang tanah tumbuk. Sedangkan kuahnya terbuat dari sirup jahe yang segar dan manis. Bola-bola manis yang ada pada tang yuan menyimbolkan kerukunan satu keluarga yang berada dalam satu mangkok.


4. Zhimaqiu


Sumber: Id.openrice.com


Zhimaqiu alias bola wijen ini lebih dikenal di Indonesia dengan nama kue onde. Zhimaqiu terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan pasta kacang merah lalu dibentuk bulat-bulat kemudian dibaluri dengan biji wijen putih lalu digoreng hingga matang. Biji wijen dalam budaya China melambangkan rezeki atau bisnis yang akan terus berkembang banyak.

 

5. Tang Huan


Sumber: Lifeofguangzhuo.com


Tang huan alias cincin gula ini memiliki bentuk yang sangat cantik karena berbentuk seperti bunga. Tang huan dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula. Teksturnya sangat renyah dan citarasanya sangat manis sehingga banyak disukai oleh anak-anak. Tang huan melambangkan keberkahan yang terus melingkari seluruh keluarga.

 

6. Hua Sheng Tang



Sumber: Postimg.org


Hua sheng tang merupakan permen kacang yang sangat popular untuk dijadikan salah satu isian nampan kebersamaan. Hua sheng tang terbuat dari kacang tanah kupas yang dicampur dengan gula malt menjadi satu. Citarasanya manis dengan tekstur renyah dan aroma yang wangi. Jika kamu tak ingin repot, hua sheng tang dijual dalam bentuk kemasan cantik atau meteran.

 

7. Shaqima


Sumber: Laviezine.com


Satu lagi dessert khas Imlek yang sering dijadilan cemilan selain hua sheng tang. Shaqima merupakan dessert karamel yang terbuat dari adonan tepung goreng yang dicampur dengan sirup lalu dibekukan dan dipotong berbentuk dadu kotak-kotak sebelum dikemas dalam plastik. Cita rasanya manis dengan tekstur garing dan renyah. Shaqima melambangkan kebersamaan keluarga dalam perayaan Imlek.


Itu dia 7 dessert terpopuler saat perayaan Imlek. Nah, buat teman kuliner yang ingin merayakan Imlek bareng keluarga di restoran, PergiKuliner punya nih rekomendasi restorannya. Cek di bawah ini ya!

Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao

Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao
Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao
Foto Imperial Shanghai La Mian Xiao Long Bao

Liyen Restaurant

Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant

Angke Restaurant

Foto Angke Restaurant
Foto Angke Restaurant
Foto Angke Restaurant

Soup Restaurant

Foto Soup Restaurant
Foto Soup Restaurant
Foto Soup Restaurant

Din Tai Fung

Foto Din Tai Fung
Foto Din Tai Fung
Foto Din Tai Fung

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?