Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Ikan Mujair Khas Indonesia Paling Favorit

List Artikel
25 Desember 2022 | 0 Komentar

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini memiliki ciri khas bentuk yang memanjang dan agak pipih dengan warna ekor yang jingga kemerahan saat sudah dewasa. Ikan mujair banyak dijadikan olahan kuliner tradisional karena memang ikan ini bisa dengan mudah dijumpai dan bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau. Masyarakat Indonesia sangat suka mengolah ikan mujair ini dengan cara digoreng hingga garing dan disantap dengan sambal dan nasi putih hangat. Tapi selain digoreng, ternyata ada banyak olahan ikan mujair khas Indonesia yang pastinya juga enak jika disantap dengan nasi. Yuk, kita cek apa saja olahan ikan mujairnya!


1. Pecak Mujair



Sumber: Herstory.co.id


Olahan ikan mujair khas Indonesia yang pertama adalah pecak mujair. Pecak mujair merupakan makanan khas Betawi yang memiliki rasa pedas gurih. Kuliner ini dibuat dengan cara menggoreng ikan mujair terlebih dahulu, baru kemudian dimasak dengan bumbu pecak. Bumbu pecak ini dibuat dari bahan dasar bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kencur, jahe, kunyit, kemiri, terasi, tomat, kemangi, garam, dan gula. Semua bumbu tersebut dihaluskan lalu ditumis hingga wangi. Baru setelahnya masukkan ikan mujair dan tambahkan sedikit air.


2. Pindang Mujair



Sumber: Ytimg.com


Pindang mujair merupakan salah satu olahan ikan mujair yang juga sangat populer. Kuliner yang berasal dari Jawa Barat ini dibuat dengan cara merebus ikan mujair dalam bumbu rempah. Untuk bumbunya, pindang mujair menggunakan bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, kunyit, kemiri, ketumbar, pala, dan lada. Supaya tidak amis, ikan harus dilumuri air jeruk lemon atau jeruk nipis terlebih dahulu dan didiamkan selama beberapa menit sebelum dicuci dan dimasak.


3. Mujair Bumbu Bali



Sumber: Cobaresep.com


Sesuai dengan namanya, mujair bumbu Bali merupakan olahan ikan mujair yang berasal dari Bali. Mujair bumbu Bali memiliki ciri khas rasa yang pedas dengan perpaduan gurih dan segar serta aroma rempah yang kuat. Hal ini dikarenakan dalam olahan ikan mujair ini terdapat daun jeruk, lengkuas, sereh yang membuatnya semakin wangi. Mujair bumbu Bali sangat enak jika disantap dengan nasi putih hangat.


4. Pepes Mujair



Sumber: Grid.id


Pepes mujair merupakan salah satu olahan ikan mujair yang dibuat dengan menggunakan metode kukus. Pepes mujair bisa dibuat dengan dua versi, yakni yang pedas dan tidak pedas. Untuk pepes mujair yang pedas biasanya berwarna agak kemerahan karena diberi campuran cabai merah. Sementara untuk pepes mujair yang tak pedas berwarna kekuningan. Untuk membuat pepes mujair, ikan mujair akan dilumuri dengan bumbu dan juga daun kemangi serta tomat supaya aroma dan rasanya wangi. Setelah itu, ikan akan dibungkus daun pisang dan dikukus sebelum akhirnya dibakar.

 

5. Mujair Bakar Kecap



Sumber: Resepkoki.id


Olahan ikan mujair khas Indonesia yang terakhir adalah mujair bakar kecap. Olahan ikan mujair ini berbeda dengan ikan bakar kebanyakan karena dibuat dengan olesan bumbu kecap sehingga memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Mujair bakar kecap dibuat dengan membumbui ikan terlebih dahulu selama beberapa menit, baru kemudian dibakar bersama dengan bumbu kecap hingga matang. Aroma dari mujair bakar kecap ini sangat wangi dan lezat.

 

Itulah olahan ikan mujair khas Indonesia yang punya rasa dan aromatik yang sangat khas. Dari kelimanya, Teman Kuliner sering menyantap yang mana? Buat Teman Kuliner yang ingin menyantap aneka olahan ikan tradisional khas Indonesia, langsung saja datang ke salah satu rumah makan di bawah ini!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

RM Bumi Aki

Foto RM Bumi Aki
Foto RM Bumi Aki
Foto RM Bumi Aki

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Ikan Pesmol Cianjur

Foto Ikan Pesmol Cianjur
Foto Ikan Pesmol Cianjur
Foto Ikan Pesmol Cianjur

Lembur Kuring

Foto Lembur Kuring
Foto Lembur Kuring
Foto Lembur Kuring

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?