Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bagaimana Cara Memilih Durian Terbaik yang Benar?

List Artikel
3 Maret 2022 | 2 Komentar

Durian adalah salah satu buah tropis yang punya tampilan unik karena memiliki kulit buah yang seperti duri sehingga dinamakan sebagai durian alias buah berduri. Buah ini memang tampil berbeda dengan kulit luar yang berduri dan sangat keras. Kulitnya ini juga punya ketebalan yang bisa mencapai hingga 5 cm lebih. Tak hanya bagian luarnya saja yang menarik, aroma dari buah ini juga sangat menyengat. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang tidak suka atau belum terbiasa dengan aromanya pasti akan langsung tersengat. Buah durian banyak dijumpai di negara-negara yang ada di Asia Tenggara, seperti Indonesia. Tidak seperti buah-buah lainnya yang bisa dipilih dengan mudah, untuk memilih buah durian yang manis dan teksturnya creamy ini sangatlah sulit. Hal ini dikarenakan ketebalan dari kulitnya sehingga kita sulit menebak isi buahnya jika tidak membukanya. Jangan khawatir karena di bawah ini ada sedikit tips dan cara memilih durian terbaik yang benar, yaitu:


Sumber: halodoc.com


Pilih dari Segi Bentuk

Cara memilih durian terbaik yang benar sebenarnya bisa dilihat secara kasat mata tanpa perlu membukanya. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih bentuk dan ukuran yang benar. Pilihlah durian dengan bentuk bulat sempurna. Durian berbentuk bulat rata-rata memiliki daging yang lebih tebal dan banyak. Umumnya, porsi daging durian berbentuk bulat ini bisa antara 30-40 persen dari total keseluruhan beratnya. Hal ini dikarenakan durian berbentuk bulat sempurna memiliki ukuran tempat yang cenderung lebih besar. Jadi kalau ingin daging buah durian yang banyak, maka pilihlah durian yang berbentuk bulat sempurna.

 

Pilih dari Segi Ukuran

Kamu juga bisa melihat segi ukuran dari buah durian sebagai cara memilih durian terbaik yang benar. Durian yang berukuran besar memang selalu menggoda karena kita seringkali menganggapnya lebih mantap dari segi daging dan juga rasa manisnya. Padahal, durian yang berukuran kecil hingga sedang, punya rasa manis yang lebih konsisten. Bagusnya, durian yang memiliki berat sekitar 1-2 kg akan memiliki daging yang lebih matang dan manisnya juga merata.



Sumber: halodoc.com


Cek Bagian Durinya

Masih dengan cara memilih durian terbaik yang benar dari segi tampilan luarnya, yakni dari bagian durinya. Ternyata juga bisa memilih durian yang bagus dari segi durinya. Jadi, duri durian yang lebar dan jarang akan memiliki daging buah yang lebih kering. Berbeda dengan durian yang durinya panjang dan rapat karena biasanya memiliki daging lebih legit dan moist.

 

Cek Bagian Ujung Bawah dan Tangkainya

Untuk cara memilih durian terbaik yang benar selanjutnya adalah dari segi mengecek bagian ujung bawah dan juga tangkai dari buah durian. Jika kulit yang ada pada bagian bawah durian ini sudah merekah atau ada belahannya meski sedikit, itu tandanya sudah ada udara yang masuk dan berpengaruh pada penurunan kualitas dan rasa dari durian tersebut sehingga sebaiknya Teman Kuliner hindari. Pilih buah durian yang rapat bagian ujung bawahnya. Sedangkan untuk bagian tangkainya, pilihlah yang punya tangkai sisi tidak rata karena itu tandanya buah durian jatuh secara alami dari pohon, bukan dipetik dengan pisau.



Sumber: medkomtek.com


Pukul-pukul Kulitnya

Kamu pasti pernah melihat ada orang yang memukul-mukul kulit buah durian saat memilihnya. Ternyata hal ini ada alasannya. Buah durian yang memiliki suara gema mengarah ke dalam, itu tandanya buah durian sudah masak dan daging buahnya sudah melunak dan empuk. Jika durian masih belum matang, maka bunyi yang terdengar akan memantul keluar saat dipukul. Kamu bisa memukul-mukul kulit durian dengan bilah pisau bagian atas atau benda tumpul lainnya.

 

Cium Aromanya

Cara memilih durian terbaik yang terakhir adalah dengan mencium aromanya. Mungkin cara ini sudah banyak diketahui banyak orang. Aroma durian yang kuat dan menyengat memang bisa menjadi salah satu ciri kalau buah durian sudah masak. Jika aromanya belum kuat dan wangi, maka tandanya buah durian tersebut masih belum matang benar.

 

Itulah beberapa cara memilih durian terbaik dengan tepat. Semoga informasi di atas bisa mempermudah Teman Kuliner saat akan membeli buah durian dengan rasa yang enak. 

Sop Durian Margando

Foto Sop Durian Margando
Foto Sop Durian Margando
Foto Sop Durian Margando

Soes Durian Ny. Wong

Foto Soes Durian Ny. Wong
Foto Soes Durian Ny. Wong
Foto Soes Durian Ny. Wong

Babah Durian

Foto Babah Durian
Foto Babah Durian
Foto Babah Durian

Surabi Duren Sukasari

Foto Surabi Duren Sukasari
Foto Surabi Duren Sukasari
Foto Surabi Duren Sukasari

Es Durian Iko Gantinyo

Foto Es Durian Iko Gantinyo
Foto Es Durian Iko Gantinyo
Foto Es Durian Iko Gantinyo

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
zoJyCVgRFudmGK
descombess63@gmail.com | 04 Mar 2022 pk. 11:53 PM
Foto user umum
PmYeDAqZwBuHNTc
descombess63@gmail.com | 04 Mar 2022 pk. 11:53 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?