Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Memilih Coklat Berkualitas yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
25 April 2016 | 0 Komentar

Coklat, dikenal sebagai penghilang rasa sedih di kalangan anak muda. Coklat yang dijual di pasaran terbagi menjadi tiga, yakni dark chocolate, white chocolate, dan milk chocolate. Coklat yang paling banyak digunakan di dunia kuliner adalah dark chocolate karena merupakan coklat asli tanpa campuran gula dan juga susu.


Bagi kamu yang sering makan coklat, tentunya kamu harus bisa membedakan mana coklat yang berkualitas tinggi dan mana coklat yang berkualitas rendah. PergiKuliner punya tips yang bisa kamu simak untuk memilih coklat yang berkualitas. Yuk simak ulasannya!


1. Meleleh dan tidak menempel di langit-langit mulut

Coklat yang berkualitas bagus bisa kamu rasakan saat coklat tersebut dapat meleleh dan tidak menempel di langit-langit mulut. Coklat yang menempel di langit-langit mulut disebabkan karena ada penggunaan lemak di dalamnya. Lemak yang digunakan bisa berasal dari lemak kakao asli atau pengganti lemak kakao. Jika menggunakan lemak kakao asli, maka harga coklat akan lebih tinggi dan kualitas coklat juga lebih premium.


Namun, jika menggunakan pengganti lemak kakao, harga coklat akan lebih murah serta kualitasnya jauh lebih rendah. Pengganti lemak kakao bisa didapat dari minyak sayur seperti minyak kelapa sawit. Penggunaan minyak sayur ini membuat titik leleh coklat sangat rendah sehingga akan menempel di langit-langit mulut.


2. Coklat berkualitas tinggi terlihat lebih berkilau

Kamu juga bisa mengetahui coklat yang berkualitas secara kasat mata, tanpa perlu mencobanya. Coba lihat coklat yang akan kamu makan, coklat berkualitas bagus akan memberikan kilau di permukaannya dan memantulkan cahaya. Coklat yang diproses dengan baik dan benar serta disimpan dengan baik, pasti akan terlihat lebih berkilau dan tidak keruh.


Jadi, meski coklat dibuat campuran lemak kakao asli tapi cara penyimpanannya tidak bagus, tentunya akan merusak kualitas coklat tersebut. Suhu ruangan sangat penting diperhatikan. Coklat bisa memiliki kualitas yang baik jika disimpan dalam suhu di bawah 18 derajat celcius dan terhindar dari sentuhan langsung tangan manusia. Coba saja kamu lihat di toko kue ternama, coklat selalu disimpan di lemari pendingin sehingga kualitasnya tetap terjaga.


Nah, setelah mengetahui coklat yang berkualitas seperti apa, yuk coba icip kuliner berbahan baku coklat di beberapa tempat oke di bawah ini!


Cacaote

Foto Cacaote
Foto Cacaote
Foto Cacaote

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Amber Chocolate Bar

Foto Amber Chocolate Bar
Foto Amber Chocolate Bar
Foto Amber Chocolate Bar

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?