Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan dan Minuman Penurun Demam Alami Pengganti Obat

List Artikel
25 April 2016 | 0 Komentar

Kamu pasti pernah mengalami demam, bukan? Tak perlu khawatir berlebihan, demam merupakan salah satu cara alami tubuh untuk melawan infeksi. Saat tubuh demam, sebagian orang biasanya segera mencari obat penurun demam. Hal ini merupakan kebiasaan yang kurang baik lho, Teman PergiKuliner. Selain obat, ternyata ada makanan dan minuman yang bisa menurunkan demam secara alami. Mau tahu makanan dan minuman apa saja? Berikut ulasan lengkapnya: 


1. Buah-buahan

Buah berry, semangka, jeruk, dan melon kuning juga bisa meredakan panas demam lho. Karena buah-buahan itu memiliki kandungan vitamin C yang dapat melawan infeksi dan juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.


2. Sop ayam

Sop ayam memiliki khasiat dalam pengobatan selain itu sop ayam juga akan memberikan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi pastikan juga menyertakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna seperti telur, tempe, dan tahu.


3. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, dan anti-peradangan sehingga kunyit dipercaya efektif untuk meredakan demam. Caranya cukup mudah, kamu perlu merebus satu ruas kunyit ke dalam air bersih dan minumlah satu sendok makan setiap satu jam hingga demam menurun.


4. Bawang merah

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bawang merah sebagai obat penurun demam. Sewaktu kecil dulu, orang tua seringkali menempelkan irisan bawang merah ketika demam. Hal ini efektif untuk menurunkan demam pada anak-anak.


5. Teh

Secangkir teh yang dicampur dengan jahe, berkhasiat menurunkan demam, hal ini karena teh dan jahe dapat membuka pori-pori pada kulit dan membuat badan menjadi berkeringat. Caranya, kamu dapat menyeduh segelas teh lalu mencampurkannya dengan satu ruas jahe.


6. Air putih

Saat demam biasanya tubuh membutuhkan banyak cairan, sehingga kamu disarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya.


Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Honey Bean

Foto Honey Bean
Foto Honey Bean

SNCTRY & Co

Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?