Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Alasan Kuliner India Bisa Bikin Tubuh Lebih Sehat

List Artikel
28 April 2016 | 0 Komentar

Kuliner India merupakan salah satu kuliner yang populer di dunia termasuk di Amerika Utara dan Eropa. Di Inggris tercatat lebih dari 10.000 restoran India, sementara di Amerika ada lebih dari 1200 jenis produk India yang diimpor. Di Indonesia sendiri, restoran India juga bisa dengan mudah kamu temui, terutama di Jakarta. Namun tahukah kamu, bahwa kuliner India dikenal sebagai kuliner yang menyehatkan? Berikut alasan kuliner India memberikan efek sehat pada tubuh:


1. Penggunaan Rempah-rempah

Rasa serta aroma kuliner India selalu kuat karena penggunaan rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, fenugreek, mustard, jintan, kapulaga, kayu manis, dan masih banyak lagi. Rempah-rempah tersebut juga sangat bermanfaat sebagai antiseptik, antibiotik, mengontrol kolesterol, tekanan darah, detoksifikasi, hingga menurunkan berat badan secara alami.


2. Tersaji dalam Kondisi Segar

Ada kepercayaan Ayurveda di India yang menganjurkan masyarakatnya untuk menghindari mengonsumsi makanan yang diawetkan atau disimpan dalam waktu yang lama. Itulah sebabnya kenapa orang India memilih menyajikan makanannya dalam kondisi segar. Tidak makan makanan yang diawetkan membuat mereka terlindungi dari kanker, serangan jantung, diabetes, dan penyakit degeneratif lainnya.


3. Chutney yang Menyehatkan

Kuliner India tak lengkap tanpa kehadiran chutney atau chatni. Saus berbumbu rempah khas India ini dibuat dari sayuran segar atau buah-buahan yang dilumatkan. Chutney bisa dibuat dari yoghurt, mint, mentimun, kelapa, kenari, kacang tanah, dan bahan-bahan lain.


4. Makanan Pokok Chapatti

Chapatti yang hampir sama dengan roti cane adalah makanan pokok di India. Roti khas India ini sangat mudah dicerna, penuh protein dan karbohidrat serta memiliki banyak manfaat gizi. Chapatti biasa disantap dengan chutney.


5. Minuman yang Menyehatkan

Lassi, nimbu pani, masala doodh, chai, merupakan sebagian dari daftar minuman segar di India. Minuman dengan aneka rempah itu sangat menyehatkan secara mental dan fisik serta tentu saja bebas alkohol sehingga terhindar dari risiko stroke, gagal hati, dan penyakit mematikan lainnya.


Queen's Tandoor

Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?