Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kreasi Lezat dari Kulit Lumpia yang Cocok Untuk Cemilan

List Artikel
2 Juni 2020 | 0 Komentar

Siapa yang tak kenal lumpia, cemilan asal Tionghoa ini memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya lumpia adalah salah satu olahan yang digoreng. Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia sangat suka sesuatu yang digoreng. Tekstur makanan yang digoreng memang sangat renyah dan garing sehingga bunyi kriuknya bisa membangkitkan selera makanmu. Lumpia dibuat dari kulit lumpia yang diisi dengan berbagai macam jenis isian. Untuk kulitnya, biasanya dibuat dari bahan dasar tepung gandum. Tapi kamu juga bisa membuatnya dari bahan tepung terigu biasa. Nah, untuk jenis isian asli lumpia ada rebung, sayur, dan seafood. Agar tak bosan dengan lumpia original, ada beberapa kreasi lumpia lainnya yang cocok untuk cemilan, yaitu :


1. Piscok



Sumber: Resepkoki.id


Salah satu kreasi kulit lumpia yang populeradalah piscok alias pisang cokelat keju. Sesuai dengan namanya, isian piscokterdiri dari pisang, keju, dan cokelat. Jenis pisang yang digunakan bisa pisang uli, kepok, hingga tanduk. Sedangkan untuk kejunya bisa keju cheddar parut, parmesan, hingga mozarella. Lalu untuk cokelatnya bisa menggunakan cokelat meises atau cokelat blok. Piscok punya sensasi unik yakni cokelat yang lumer atau meleleh saat kamu santap. Cita rasanya manis gurih sehingga cocok untuk kamu yang suka makanan manis.


2. Martabak Telur



Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada martabak telur yang tak kalah populernya dibanding piscok. Martabak telur ini lebih banyak dijumpai dijual oleh pedagang kaki lima gerobak karena memang merupakan salah satu street food khas Indonesia. Martabak telur dibuat dari kulit lumpia yang diisi dengan telur, daging cincang, dan irisan daun bawang. Jenis telur yang digunakan bisa telur bebek atau telur ayam. Kebanyakan orang lebih suka menggunakan telur bebek karena lebih creamy.


3. Martabak Tahu



Sumber: Resepkoki.id


Selain martabak telur, ada martabak tahu yang kaya akan nutrisi. Martabak tahu dibuat dari isian tahu yang dihancurkan lalu dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, lada, dan merica lalu diberi irisan daun bawang dan telur yang dikocok lepas untuk menyatukan tahunya. Jenis tahu yang digunakan biasanya adalah tahu kacang hijau, tahu kuning, atau tahu sutera yang teksturnya lembut. Cita rasa dari martabak tahu ini sangat gurih. Kamu bisa menyantapnya begitu saja atau dengan cabai rawit hijau maupun saus untuk menambah cita rasa pedasnya.


4.Risol Bihun



Sumber: Resepkoki.id


Buat yang suka banget nyemil gorengan, kamu pasti sering menyantap risol bihun. Risol ini bisa dengan mudah kita jumpai di tukang gorengan. Risol bihun dibuat dari kulit lumpia yang di dalamnya diisi dengan bihun. Sebelum dijadikan isian, bihun harus direbus dan ditumis dengan bumbu terlebih dahulu. Selain bihun, biasanya ada sayuran juga di dalamnya seperti wortel dan daun bawang. Risol bihun biasanya disantap bersama dengan saus sambal atau saus kacang.


5. Lumpia Mie



Sumber: Doyanresep.com


Terakhir ada lumpia mie yang banyak dibuat oleh anak kosan karena memang membuatnya gampang dan tidak ribet karena kamu tak perlu membumbui isian. Cukup gunakan mie instan goreng lalu isikan dalam kulit risol. Agar lebih wangi, tambahkan irisan daun bawang di dalamnya. Lumpia mietak hanya cocok dijadikan menu berbuka, tapi juga cocok dijadikan sebagai cemilan yang mengenyangkan.


Itulah beberapa kreasi kulit lumpia yang cocok untuk menu berbuka puasa. Dari kelimanya ini, mana yang paling kamu suka untuk dijadikan cemilan, yang manis atau yang asin?

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Verina Risoles

Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles

H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?