Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makan Rawon Akan Lebih Enak dengan 5 Pendamping Ini

List Artikel
16 Maret 2023 | 0 Komentar

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang memiliki tampilan sangat unik. Tidak seperti kebanyakan kuliner Indonesia yang didominasi warna merah dan kuning, rawon justru memiliki tampilan warna yang kehitaman sehingga saat dilihat dari luar mungkin tidak terlalu menarik untuk disantap. Namun saat aromanya tercium, maka akan terasa aroma wangi rempah yang khas. Rawon dibuat dari bahan dasar daging sapi yang dimasak dengan aneka bumbu rempah, mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, sereh, lengkuas, salam, daun jeruk, asam jawa, dan pastinya kluwek. Kluwek inilah yang membuat warna rawon menjadi kehitaman. Sebagai kuliner berkuah, rawon pastinya akan disantap dengan nasi putih hangat. Tapi selain dengan nasi, tentu saja kuliner tradisional ini bisa disantap dengan aneka pendamping lainnya seperti:

 

1. Empal Goreng



Sumber: yummy.co.id


Pendamping rawon yang pertama adalah empal goreng. Empal merupakan kuliner khas Jawa Timur yang dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan cara direbus dengan aneka bumbu rempah, lalu ditiriskan dan diiris tipis-tipis. Setelah itu, daging iris akan dibumbui dengan rempah lagi dan digoreng hingga bagian luarnya kering. Dulunya, empal ini dibuat sebagai salah satu cara untuk mengawetkan daging. Meski di dalam rawon sudah ada potongan dagingnya, tapi biasanya empal goreng akan disajikan sebagai pendamping.

 

2. Telur Asin



Sumber: fimela.com


Pendamping rawon yang kedua adalah telur asin. Selain empal goreng, telur asin memang menjadi lauk wajib yang mendampingi sajian rawon. Telur asin adalah telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Jenis telur yang digunakan adalah telur bebek karena memiliki tekstur yang lebih creamy jika dibandingkan dengan telur ayam. Biasanya, telur asin yang diberikan bisa berupa telur asin utuh atau hanya setengahnya saja.

 

3. Kecambah



Sumber: grid.id


Rawon merupakan sajian daging berkuah yang di dalamnya memang tidak terdapat sayur-sayuran sama sekali. Oleh karena itu, untuk mengimbanginya, masyarakat setempat biasanya memberikan tambahan kecambah saat menyajikan rawon. Kecambah yang digunakan adalah kecambah kecil yang terbuat dari kacang hijau. Kecambah ini juga disajikan dalam keadaan mentah sehingga teksturnya masih sangat renyah ketika dikunyah.

 

4. Kerupuk Udang



Sumber: indozone.news


Bagi masyarakat Indonesia, rasanya tidak akan lengkap jika makan tanpa adanya kerupuk yang menemani. Kerupuk memiliki tekstur yang garing dan renyah sehingga bisa membangkitkan nafsu makan seseorang. Dari sekian banyak jenis kerupuk yang ada di Indonesia, kerupuk udang paling cocok dijadikan sebagai pendamping rawon. Pasalnya, kerupuk udang memiliki rasa gurih yang bisa mengimbangi sajian rawon.

 

5. Sambal Terasi



Sumber: fimela.com


Tidak hanya kerupuk, sambal juga menjadi pendamping wajib yang harus disajikan bersama dengan rawon. Rawon memiliki rasa asli yang gurih asin alias tidak ada campuran rasa pedasnya karena memang tidak menggunakan campuran cabai. Oleh karena itu, untuk menambah rasa pedas maka kita harus menambahkan sambal ke dalamnya. Jenis sambal yang cocok digunakan sebagai pendamping rawon adalah sambal terasi. Sambal ini memiliki aroma wangi yang kuat dan khas sehingga cocok mendampingi rawon yang disantap dengan keempat bahan pendamping di atas.

 

Kamu bisa menyantap satu atau semua pendamping makan rawon yang ada di atas sekaligus. Dengan begitu, rasa dari rawon akan semakin nikmat saat disantap. Gimana? Rasanya jadi ingin menyantap rawon bukan? Langsung aja yuk ke rekomendasi tempat makan rawon berikut ini!

Kedai Seroja

Foto Kedai Seroja
Foto Kedai Seroja
Foto Kedai Seroja

Java Dancer Coffee

Foto Java Dancer Coffee
Foto Java Dancer Coffee
Foto Java Dancer Coffee

Sumber Asli

Foto Sumber Asli
Foto Sumber Asli
Foto Sumber Asli

Soto H. Nandar Asli

Foto Soto H. Nandar Asli
Foto Soto H. Nandar Asli
Foto Soto H. Nandar Asli

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?