Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan yang Hanya Didapat oleh Pecinta Kuliner Pedas

List Artikel
7 Oktober 2015 | 0 Komentar
Orang Indonesia pasti tak pernah bisa terlepas dari sambal. Saking candunya orang Indonesia terhadap sambal, hal ini melatarbelakangi munculnya beragam jenis sambal di Indonesia. Ada sambal tomat, bajak, terasi,  dabu-dabu, dan masih banyak lagi. Selain memberikan rasa nikmat yang lebih saat makan, tahukah kamu bahwa cabai yang terkandung dalam sambal mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan? Cabai mempunyai manfaat asal dikonsumsi dalam kadar sewajarnya ya.

Dalam setiap cabai yang ada di dalam sambal terdapat sebuah kandungan bernama capsaicin yang merupakan bahan aktif dalam cabai yang dapat membuat mulut berasa terbakar. Namun bagi manusia, ketika capsaicin dikonsumsi dalam bentuk yang agak encer, seperti dalam sambal, ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat cabai bagi kesehatan yang hanya bisa didapat oleh kamu pecinta kuliner pedas:


1. Memperbaiki Mood

Lagi bad mood? Emosi naik turun? PMS? Kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pedas. Lalu, apa sih hubungannya makanan pedas dengan memperbaiki mood? Manfaat cabai yang pertama adalah meningkatkan hormon endorfin dan serotonin yang dapat memberi rasa nyaman serta membuat suasana hatimu menjadi lebih damai. Buat kamu yang sedang stres, bisa nih dicoba!


2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat capsaicin yang terkandung dalam cabai yaitu bisa menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan memperbaiki sistem kerja jantung dan pembuluh darah. Jadi buat kamu yang punya tekanan darah tinggi, banyak-banyakin deh makan makanan pedas!


3. Menurunkan Berat Badan

Nah buat kamu yang punya masalah dengan barat badan, makan makanan pedas bisa menurunkan berat badan loh! Hal ini disebabkan karena kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai berfungsi untuk mempercepat proses metabolisme dan membantu tubuh untuk membakar kalori dan lemak secara lebih cepat.

Setelah mengonsumsi makanan pedas, metabolisme tubuh kamu akan meningkat hingga 8%! Bukan cuma itu, capsaicin pada cabai juga mampu menekan keinginan kamu untuk mengonsumsi makanan berlemak, manis dan asin berlebih.


4. Menyehatkan Jantung

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society, capsaicin pada cabai mampu mengurangi penumpukan Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang biasa disebut dengan kolesterol jahat. Selain itu, capsaicin juga mampu melawan inflamasi yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung.


5. Memperbaiki Fungsi Organ Pencernaan

Selama ini pasti kamu beranggapan bahwa makanan pedas tidak baik untuk pencernaan, karena dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Akan tetapi, kalau dikonsumsi secara cukup, makanan pedas justru bagus untuk kesehatan organ pencernaan kamu, loh! Capsaicin pada cabai mampu melancarkan sirkulasi darah di perut, dan juga membantu membunuh bakteri Helicobacter Pylori yang menjadi penyebab sakit maag.


6. Mencegah Kanker

Untuk kamu yang suka sekali dengan makanan yang dibakar, kamu bisa mencampurnya dengan cabai atau rempah-rempah pedas, karena makanan yang dibakar mengandung zat karsinogen yang merupakan salah satu zat pemicu kanker. Capsaicin terbukti dapat mengurangi hingga 70% kandungan zat karsinogen. Selain itu, capsaicin juga dipercaya mampu memperlambat pertumbuhan bahkan membunuh sel kanker.

Nah ternyata banyak kan manfaat dari cabai? Mulai sekarang jangan remehkan cabai lagi ya! Asalkan dikonsumsi dengan sewajarnya, kamu akan mendapatkan manfaat-manfaat kebaikan dari cabai.


Super Penyet

Foto Super Penyet
Foto Super Penyet

Atjeh Rayeuk

Foto Atjeh Rayeuk

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Nasi Pedas Gili - Gili

Foto Nasi Pedas Gili - Gili
Foto Nasi Pedas Gili - Gili
Foto Nasi Pedas Gili - Gili

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?