Review Pelanggan untuk Plataran

Masakan Indonesia Versi Kreasi Baru

oleh Handi Suyadi, 11 Juni 2023 (1 tahun yang lalu)

1 pembaca berterima kasih

4.6
Foto Makanan di Plataran
Foto Makanan di Plataran

Setelah sukses di tempat lain, sekarang Plataran hadir di Bandung. Lokasinya berada di komplek hotel Pullman dan Ibis Style. Jika ingin mendatangi lokasi restoran, bisa masuk dari lobby yang terpisah dari hotel atau masuk dari Gastro Market (kebetulan 1 lantai).

Plataran menawarkan masakan Indonesia dengan penampilan yang berkelas. Menunya cukup beragam dan masakan yang ditawarkan tidak Jawa sentris. Beberapa diantaranya tergolong menu original kreasi baru. Ada pula menu Chinese Food dan Western, namun pilihannya lebih minim dibandingkan masakan Indonesia.

Nasi Goreng Tiga Dewi (9.5/10)
Menu ini terdiri dari tiga menu nasi goreng yang berbeda, yaitu Nasi Goreng Kecombrang, Nasi Goreng Keling Mete, dan Nasi Goreng Lautan Api.
Nasi Goreng Kecombrang memiliki penampilan mirip Nasi Goreng ala Cina meski ada kecombrang. Rasanya cenderung gurih, sedikit pedas, dan wangi kecombrang. Warna nasi goreng adalah putih.
Nasi Goreng Keling Mete berwarna hitam. Rasanya cenderung manis. Pada bagian atas diberikan topping mede.
Nasi Goreng Lautan Api berwarna pink tua karena dicampur dengan jus buah naga. Menariknya, rasanya cenderung asin, mungkin karena keberadaan ikan cakalang.
Menurut pelayan, saran penyajian Nasi Goreng Tiga Dewi adalah campurkan semua nasi goreng menjadi satu. Cara makan seperti ini tampaknya belum tentu cocok bagi semua kalangan. Ada yang merasa akan sulit mengenali rasa setiap menu jika dicampur.
Walaupun tidak disebutkan dalam buku menu, terdapat kerupuk disajikan bersama nasi goreng dalam wadah yang terpisah. Salah satunya adalah rempeyek.

Mie Panjang Umur (9/10)
Meski menu Chinese Food bukan tergolong keahlian Plataran, menu ini bisa dieksekusi dengan baik. Terasa aroma smokey saat dimakan. Rasanya sedang antara manis dan asin.
Porsi menu tergolong besar. Cocok untuk dimakan rame-rame.

Ayam Dharmawangsa (9/10)
Ayam disiram dengan saus asam, manis, dan pedas. Rasanya cukup menyegarkan  ditambah dengan irisan sayuran yang menggunung.
Walaupun sekilas potongan ayam terlihat keras, nyatanya sama sekali tidak keras.

Dendeng Batokok (9/10)
Dendeng Batokok versi Plataran disajikan dalam rupa seperti keripik yang tipis. Sungguh renyah.
Menu dihidangkan dengan sambal. Rasa sambalnya tidak begitu pedas.

Cumi Bakar Sambal Plataran (8/10)
Di luar dugaan, ukuran cumi yang disajikan tergolong mungil. Kekecewaan terobati dengan elemen yang lain.
Ciri khas Cumi Bakar Sambal Plataran adalah keberadaan kriuk yang disajikan terpisah. Rasanya gurih dan sedikit pedas. Konsumsi bersama dengan cumi bakar. Penting karena rasa cumi bakarnya sendiri biasa saja, malah terkesan agak hambar. 
Menu dihidangkan dengan sambal yang tidak begitu pedas. Rasanya lebih enak disantap dengan kriuk.

Jamur Istana (8.5/10)
Jamur Istana bukan sekadar tumis jamur saja. Ada brokoli juga. Sayang, brokoli yang digunakan sedikit keras. Agak disayangkan, karena bumbu tumis jamurnya sendiri termasuk enak.

Vanilla Penicilin (9/10)
Teh hangat ini memiliki beragam bahan yang digunakan, antara lain jahe, madu, secang dan teh rasa vanila. Sayangnya rasa vanila sama sekali tidak terasa, cenderung tenggelam oleh keberadaan bahan yang lain. Kendati tanpa rasa vanila, rasanya cukup menghangatkan. Nikmat diminum saat cuaca sedang dingin.

Penyuka pedas belum tentu cocok, karena tingkat kepedasan pada menu yang pedas termasuk rendah.

Foto lainnya:

Foto Makanan di Plataran
Foto Makanan di Plataran
Foto Makanan di Plataran
Foto Makanan di Plataran
Foto Makanan di Plataran
Foto Makanan di Plataran
Foto Makanan di Plataran

Harga per orang: Rp. 100.000 - Rp. 200.000

Makasih Infonya!
1 pembaca berterima kasih.

Informasi

Plataran

(Indonesia)

Jl. Diponegoro No. 27, Gedung Sate, Bandung


Rata-rata: 4.5
Rasa:4.2
Suasana:5.0
Harga:3.4
Pelayanan:5.0
Kebersihan:4.8

Reviewer:

Foto Profil Handi Suyadi

290 Review

110 Makasih