6 Roti Khas India yang Cita Rasanya Berbeda

27 Juli 2017 | 0 Komentar

Tak hanya terkenal akan industri perfilman Bollywood-nya yang mendunia, tapi India juga terkenal di dunia akan kuliner khasnya yang memiliki cita rasa berbeda dengan kuliner dari negara lainnya. Nasi memang merupakan panganan pokok di India, tapi ketenaran roti khas India tampaknya lebih menjadi sorotan di dunia kuliner. Roti di India tak hanya dijadikan camilan, tapi juga disantap sebagai menu pengganti nasi yang menjadi sumber karbohidrat utama. Ingin tahu ada roti khas India apa saja? Yuk, lihat!

 

1. Chapati



Sumber: pergikuliner.com


Chapati adalah roti yang paling sering kamu jumpai di restoran India karena roti ini sangat sering dikonsumsi orang India. Bentuknya cukup tipis sehingga mirip dengan tortilla. Hanya saja warna chapati lebih cokelat dibanding dengan tortilla. Chapati terbuat dari tepung terigu atta yang diadon kemudian dipanggang di atas api sehingga kamu bisa melihat beberapa sisinya ada yang agak berwarna cokelat tua.

 

2. Naan



Sumber: hebbarskitchen. com


Selain chapati, ada naan yang tak kalah terkenalnya. Naan sering dijuluki sebagai flat bread karena bentuknya yang cukup tipis. Teksturnya empuk agak sedikit kenyal. Naan terbuat dari tepung yang dicampur dengan susu, gula, garam, bawang putih, dan ragi yang diaduk hingga rata menjadi adonan roti lalu dimasak menggunakan clay oven khas India yang dinamakan tandoor.

 

3. Dosa



Sumber: hebbarskitchen.com


Dosa terkenal karena bentuknya yang cukup unik yakni menyerupai pipa tipis. Dosa sangat popular di India Selatan dan sering dijuluki sebagai crepe tipis yang garing. Dosa terbuat dari beras yang dicampur dengan kacang hitam, garam, dan air. Dosa biasa disajikan dengan kentang tumbuk pedas atau paneer dan chutney.

 

4. Paratha



Sumber: bombaywallafoods.com


Dari segi bentuknya, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan paratha. Paratha di Malaysia sering disebut dengan roti canai atau cane, sementara di Singapura disebut dengan roti prata, sementara di Indonesia dijuluki dengan nama roti maryam. Paratha terbuat dari tepung terigu, susu hangat, mentega, minyak sanin, gula, dan garam. Adonan roti yang sudah jadi kemudian di pan fry hingga berwarna kecoklatan.

 

5. Bhature



Sumber: recipetreasure.com


Bhature memiliki tampilan yang cukup menarik karena roti ini terlihat seperti balon yang tidak ada isiannya karena kulitnya terlihat sangat tipis. Bhature memiliki tekstur yang kenyal dan mudah dirobek. Kamu bisa menyantap bhature dengan sup kacang dan buncis pedas yang diberi irisan bawang dan kucuran jeruk nipis. Perpaduan cita rasanya tentu terasa sangat unik bukan?  

 

6. Pav Bhaji



Sumber: sailusfood.com


Terakhir ada pav bhaji yang sering dijadikan sebagai salah satu makanan siang favorit di India jika sedang tidak ingin makan nasi. Pav bhaji merupakan roti mentega yang disantap dengan sup kacang yang bercita rasa pedas dengan acar bawang dan jeruk limau. Perpaduan kuliner ini sangat disukai pada abad ke-19.

 

Nah itu dia kelima roti khas India dengan cita rasa yang khas. Kamu bisa menyantap aneka roti India tersebut dan juga beberapa masakan India enak lainnya di Jakarta lho. Dimana aja restoran India rekomendasi PergiKuliner? Langsung aja lihat di bawah ini!

Little India Restaurant

Queen's Tandoor

Taj Mahal

Gurjari Restaurant


Topik artikel ini: