Aneka Rujak Asli Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

19 Agustus 2016 | 0 Komentar
Siapa yang tak suka rujak? Makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin ini mendapat julukan salad khas Indonesia. Rujak biasanya terdiri dari buah-buahan segar seperti mangga muda, pepaya, bengkuang, kedondong, jambu, mentimun, hingga nanas yang kemudian dicocol dengan sambal kacang yang rasa pedas. Tapi tahukah kamu kalau rujak yang ada di Indonesia tak hanya rujak yang sering kamu jumpai di kaki lima saja? Masih ada lima jenis rujak asli Indonesia lain, yang pastinya akan membuat kamu ketagihan, seperti aneka rujak di bawah ini!


1. Rujak Cingur


Sumber: www.thedelicaciesjournal.com

Rujak cingur khas Jawa Timur, khususnya Surabaya ini memang bisa membuat kamu kenyang karena banyaknya bahan yang digunakan. Cingur dalam bahasa Jawa memiliki arti mulut yang dijadikan bahan utama rujak. Cingur yang digunakan adalah mulut atau moncong sapi yang direbus hingga empuk lalu dicampurkan ke dalam rujak yang juga berisi potongan buah nanas, mangga muda, bengkoang, kedondong, serta sayuran seperti kangkung, kecambah, kacang panjang, dan mentimun. Semua bahan tersebut lalu disiram dengan bumbu petis dan kacang. 


2. Rujak Terasi


Sumber: lendangsasak.wordpress.com

Kalau melihat dari bentuknya, rujak yang satu ini memang tak berbeda dari rujak pada umumnya. Namun saat kamu sudah mencocol sambal kacangnya, kamu baru bisa menemukan perbedaan rasa yang sesuai namanya. Rujak ini menggunakan campuran terasi dan cabai merah. Rujak terasi yang berasal dari Lombok ini memiliki rasa yang lebih pedas dari rujak biasanya. 


3. Rujak Kuah Pindang


Sumber: id.wikipedia.org

Rujak yang hanya bisa kamu temukan di Bali ini memiliki cara penyajian yang berbeda karena buah yang digunakan seperti kedondong, jeruk bali, pepaya muda, dan mangga muda diiris sangat tipis lalu disiram kuah encer yang pedas. Kuah siramnya juga unik, karena terbuat dari rebusan kepala ikan pindang yang dipadu dengan aneka bumbu yang membuat rasanya lebih segar.


4. Rujak Gobet


Sumber: widhiaanugrah.com

Tak hanya rujak kuah pindang saja yang punya tampilan unik, rujak gobet pun juga punya tampilan yang unik karena semua buah yang digunakan diserut terlebih dahulu. Rujak yang berasal dari Malang ini terdiri dari berbagai macam buah seperti nanas, mangga muda, pepaya muda, bengkoang, belimbing, asam, dan mentimun. Rujak gobet paling sering muncul saat acara tujuh bulanan wanita yang sedang mengandung sehingga sering dijuluki dengan nama ‘rujak nujuh bulan’.


5. Rujak Es Krim


Sumber: theartofthinkingrandomly.blogspot.com

Mendengar namanya saja kamu pasti langsung terbayang kesegaran rujak yang satu ini. Sesuai namanya, rujak es krim adalah rujak yang dipadu dengan es krim. Es krim yang digunakan juga bukan sembarang es krim karena menggunakan es krim yang terbuat dari santan dan daging kelapa. Rujak es krim bisa dengan mudah kamu jumpai di daerah Yogyakarta.

Rujak Kolam Medan

Rujak Jangkung

Rujak Dom Dom


Topik artikel ini: